WUJUDKAN NILAI PANCASILA DI HARI KESAKTIAN PANCASILA

30 September 1965, 56 tahun lalu. Indonesia dipenuhi rasa duka, amarah, dan ketakutan atas terjadinya pemberontakan PKI yang disebut dengan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia atau disingkat G30SPKI. Terculik dan terbunuhnya para pahlawan revolusi menjadi kenangan buruk atas pemberontakan tersebut.

Hal ini didasari oleh keinginan PKI untuk menggulingkan pemerintahan Soekarno dan mengganti dasar negara yakni Pancasila menjadi Komunisme.

Begitu berat perjuangan para pahlawan revolusi hari itu dalam memperjuangkan Pancasila agar tetap menjadi dasar negara Indonesia. Keluarga mereka tinggalkan dengan rasa takut dan tak rela, namun tekad mereka dalam mempertahankan Pancasila sangat besar, nyawa pun menjadi taruhan.

Atas seluruh pengorbanan itu, sudah sepatutnya kita sebagai penerus bangsa melanjutkan perjuangan mereka. Menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam diri menjadi kewajiban kita.

Tepat pada 1 Oktober 1965, ditetapkanlah hari itu menjadi Hari Kesaktian Pancasila. Hingga kini, setiap tanggal 1 Oktober bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila tersebut dengan penuh rasa hormat, syukur, dan bangga.

Nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan haruslah terus tertanam di jiwa bangsa Indonesia sebagai sumber norma dan juga fungsi lainnya. Tentunya hal ini membutuhkan partisipasi dari penerus bangsa seperti kita. Bersama bergenggam tangan dalam menjaga dan menghargai dasar negara, Pancasila.

Selamat Memperingati Hari Kesaktian Pancasila!

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Selamat Harjalu yang ke-_20231227_092039_0000

TARI MERAK JAWA BARAT

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Haii sobat Smeppassa, kali ini saya akan mengulik sedikit sejarah yang ada pada tari merak berasal dari Jawa Barat ini. Tari Merak adalah salah satu tari kreasi yang populer di Jawa, terutama Jawa Barat. Tarian ini ditampilkan untuk menghibur para delegasi Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1995. Tari merak memiliki

Baca selengkapnya...
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh ⛑️Interarma Caritas⛑️  Anemia adalah suatu kondisi dimana sel darah merah atau konsentrasi hemoglobin di dalamnya lebih rendah dari biasanya. Anemia merupakan salah satu penyakit yang harus mendapatkan perhatian khusus, karena apabila sampai terjadi dalam jangka panjang dengan tingkat keparahan yang berat, maka akan menimbulkan berbagai gangguan atau dampak yang mempengaruhi kehidupan.  Pada remaja, anemia dapat menyebabkan berbagai dampak seperti berikut: 1. Penurunan imunitas 2. Gangguan konsentrasi 3. Penurunan prestasi belajar 4. Mengganggu kebugaran dan produktivitas.  Dengan mengetahui berbagai dampak di atas, diharapkan para remaja Indonesia yang saat ini memasuki masa produktif untuk mau menjaga kesehatan, sehingga terhindar dari berbagai penyakit, khususnya anemia. Tetap terapkan perilaku hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan tinggi zat besi, asam folat, vitamin A, C, Zinc dan pemberian tablet tambah darah, serta bersegera dalam melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala anemia.  Terima kasih #pmr_smeppassa #didyouknow_pmr

DAMPAK ANEMIA PADA REMAJA

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh ⛑️Interarma Caritas⛑️ Anemia adalah suatu kondisi dimana sel darah merah atau konsentrasi hemoglobin di dalamnya lebih rendah dari biasanya. Anemia merupakan salah satu penyakit yang harus mendapatkan perhatian khusus, karena apabila sampai terjadi dalam jangka panjang dengan tingkat keparahan yang berat, maka akan menimbulkan berbagai gangguan atau dampak yang mempengaruhi kehidupan. Pada

Baca selengkapnya...
IMG_20231022_104709_912

Hari Santri Smeppassa

Hallo!! teman teman Smeppassa Kira kira tanggal 20 sampai dengan tanggal 22 Oktober memperingati hari apa ya?? Yaa betul sekali tanggal 20 sampai tanggal 22 Oktober adalah memperingati Hari Santri Nasional 2023. Dimana semua siswa dan siswi di harapkan memakai baju putih baik pria maupun wanita dengan syarat yang di tentukan oleh sekolah masing masing.

Baca selengkapnya...
a8ba0c020e65c8fa9a6cd29800d3b7e0

MENGENAL PAKAIAN ADAT SUMATERA SELATAN

tahukah tentang pakaian adat Sumatera Selatan? Sumatera Selatan memiliki beberapa busana tradisional, di antaranya adalah aesan gede Aesan berarti hiasan dan gede berarti pembesar. Jadi, aesan gede adalah pakaian hiasan pembesar Palembang. Pakaian adat Sumatera Selatan aesan gede didominasi warna merah dengan benang emas dari tenunan kain songket. Unsur keemasan dan gemerlap ini sesuai dengan

Baca selengkapnya...
IMG-20230628-WA0005

TIPS MENJAGA KESEHATAN MENTAL

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh⛑️Interarma Caritas⛑️ Kesehatan mental adalah kondisi dimana seseorang memiliki kesejahteraan yang terlihat dari dirinya yang mampu menyadari potensinya sendiri, memiliki kemampuan untuk mengatasi tekanan hidup dan normal di setiap situasi dalam kehidupan, mampu bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya. Menurut Federasi Kesehatan Mental Dunia (World Federation for Mental

Baca selengkapnya...