IMG-20240204-WA0063
WISATA SUMBER MARON KOTA MALANG JAWA TIMUR.

Sumber Maron Malang bisa menjadi alternatif wisata alam yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Malang. Aliran air sungai yang segar dan jernih mampu menghilangkan penat dan stres Anda setelah seminggu bekerja dan beraktivitas.

 

Kegiatan seru mulai dari berenang, terapi ikan, hingga river tubing bisa Anda lakukan di tempat wisata Malang yang terkenal satu ini. Piknik santai bersama keluarga pun semakin sempurna sambil menikmati keindahan alam yang ada di Sumber Maron.

 

Anda bisa dengan mudah mengunjungi objek wisata ini menggunakan paket study tour Malang dari Biro Perjalanan. Namun sebelum itu, mari simak apa saja hal menarik yang sudah menunggu Anda di Wisata Sumber Maron Malang berikut ini

 

Sekilas Tentang Sumber Maron Malang

Sumber Maron Malang merupakan sumber mata air yang berada di kawasan persawahan daerah Karangsuko. Aliran sumber mata air ini sering dimanfaatkan penduduk sekitar untuk mengairi sawah dan juga budidaya kangkung.

 

Namun berkat potensi keindahan yang dimiliki tempat wisata ini, perlahan-lahan aliran sumber air ini diubah menjadi tempat wisata. Banyak wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata ini ingin melihat langsung keindahan dari air terjunnya yang memiliki tinggi sekitar 6 meter.

 

Air terjun tersebut memiliki kemiringan kurang lebih 60 derajat dan sangat lebar. Air yang mengalir terlihat seperti seluncuran yang indah dengan dengan bebatuan hitam sebagai alas.

 

Pepohonan dan area sawah di sekitar aliran sungai semakin menambah suasana sejuk Sumber Maron. Aliran air yang tidak terlalu deras membuatnya nyaman untuk berbagai aktivitas dan kegiatan air.

 

Asal Usul Sumber Maron

Banyak cerita rakyat yang beredar terkait asal usul dari tempat wisata ini. Ada yang menyebutkan nama Maron diambil karena sumber mata air ini berbentuk seperti Maron sejenis alat memasak nasi tradisional.

 

Sumber lain menyebutkan mata air ini berasal dari maron yang dibuang di daerah tersebut sehingga memunculkan sumber mata air. Namun cerita seorang puteri sakti menjadi salah satu cerita yang cukup populer tentang Sumber Maron.

 

Puteri tersebut bertapa di bawah pohon beringin dekat dengan aliran sungai untuk mencapai kesempurnaan hidup. Ia pun berhasil menahan nafsu duniawinya untuk menjadi cantik dan juga jatuh cinta.

 

Dari hasil pertapaan tersebut muncul sebuah pusaka keris kecil yang kemudian ditanam di lokasi ia bertapa dan menjadi sumber air. Cerita ini membuat beberapa pengunjung datang bukan dengan niat berlibur dan sedikit memberikan kesan mistis di Sumber Maron.

 

Penulis: Irham Nafidad Aulana Muhammadin/9B.

 

Sumber informasi:salsawisata.com

 

Sumber gambar:salsawisata.com

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG-20240104-WA0002

TIPS MEMILIH TEMAN YANG TEPAT AGAR TIDAK SALAH PERGAULAN

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh 💕Selamat menunaikan ibadah sholat shubuh💕 Jurnalistik Smeppassa Jawara 📚 Rabu, 6 Januari 2024 24 Jumadil Akhir 65 hari menuju ramadhan  Kamu perlu selektif dalam memilih teman yang berkualitas demi kebaikan dimu sendiri. Jika kamu salah memilih, maka hanya akan menjerumuskanmu menjadi pribadi yang tidak baik. Sedangkan pergaulan berkualitas akan menciptakan hubungan pertemanan

Baca selengkapnya...
026064500_1556022692-festival-banyuwangi-kuliner-005-hery-h-winarno

Beberapa kuliner yang ada di “Madiun”

  Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhHAII SOBAT SMEPPASSA 👋👋👋👋 Apa kabar nih?Sudah tau belum? pasti belumkan?Nah, jadi disini saya akan menjelaskan apa saja kuliner yang ada di Madiun! Dilansir https://www.liputan6.com/hot/read/5307721/6-kuliner-khas-madiun-paling-populer-ada-sego-jotos?page=6Mengunjungi suatu kota tak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Tiap daerah pasti memiliki kuliner khas dengan cita rasa kebanggaan. Tak terkecuali saat berkunjung ke Madiun. Wilayah yang berada

Baca selengkapnya...
IMG-20231222-WA0003

NASI BALAP ASAL LOMBOK-SMPN 1 PASIRIAN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.Haloo para sobat Smeppassa kali ini kita akan mengenal makanan asal Lombok, Nusa Tenggara Timur yaitu nasi balap. Dari namanya saja sudah menarik bukan? Nasi balap atau seringkali dikenal dengan nasi puyung, nama puyung berasal dari kampung nya Puyung yang terletak di dusun Lingkung Daye, Jonggat, Lombok Tengah. Nasi balap disajikan secar simpel,

Baca selengkapnya...
IMG-20231230-WA0003

Mengenal Makanan Khas Kalimantan Tengah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh   Halo sobat Smeppassa!!    Disini kita akan membahas tentang beberapa makanan khas yang berada di Kalimantan Tengah.    Ada banyak sekali makanan khas Kalimantan Tengah, mulai dari yang dapat dengan mudah diterima oleh lidah umum hingga yang memiliki cita rasa unik. Setiap menu makanan khas Kalimantan Tengah memiliki ciri khasnya masing-masing. 

Baca selengkapnya...
6332f83a2c9c1

UNIKNYA TOPI TI’I LANGGA KHAS NTT

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Haii sobat Smeppassa. Gimana nih masih semangat? Pastinya yaa Kali ini kita akan membahas tentang topi Ti’i Langga khas Nusa Tenggara Timur. Yuk baca bersama-sama. Latar Belakang Ti’i LanggaSecara etimologis, Ti’i Langga berasal dari bahasa Rote (dialek Termanu) yang berarti “topi”. Kemudian, istilah tersebut digunakan untuk menyebut jenis topi yang dianyam dari

Baca selengkapnya...