Selamat Harjalu yang ke-_20231217_064601_0000
WAYANG KULIT BUDAYA JAWA

Assalamualaikum warahmatulalhi wabarakatuh

Masih semangat sobat Smeppassa? Semoga selalu semangat ya. Di hari ini Smeppassa mengambil tema Kebudayaan Jawa yang tentunya banyak sekali yang harus kita ulas sebagai anak muda bangsa. Saya mengambil satu kesenian Jawa yang unik yaitu ” Wayang Kulit “. Tentunya sudah tidak asing lagi kan bagi kita khususnya orang Jawa. Untuk lebih lanjut simak penjelasan berikut.

Wayang Kulit adalah bentuk tradisional dari kesenian wayang yang aslinya ditemukan dalam budaya Jawa dan Bali di Indonesia. Narasi wayang kulit seringkali berkaitan dengan tema utama kebaikan melawan kejahatan.

Dalam kepercayaan dan sastra Jawa, wayang kulit diciptakan oleh Kanjeng Sunan Kalijaga yang merupakan salah satu Wali Songo dan merupakan keturunan Bangsawan Ponorogo yaitu Arya Wiraraja. Wayang Kulit ini adalah salah satu cara syiar Agama Islam pada jalur budaya tradisonal. Kanjeng Sunan Kalijaga melihat masyarakat Indonesia terutama masyarakat suku Jawa yang menggemari pertunjukan Wayang Beber, dalam Islam melukis diatas kertas dianggap Haram (dilarang), maka dari itu beliau memodifikasi bahan material dari karakter Wayang yang semula-mula terbuat dari Dluang (kertas Ponoragan) dan diganti menggunakan bahan dasar Kulit sapi, atau kerbau.

Wayang berasal dari kata “Ma Hyang” yang artinya menuju kepada roh spiritual, dewa, atau Tuhan Yang Maha Esa. Ada juga yang mengartikan wayang adalah istilah bahasa Jawa yang bermakna “bayangan”, hal ini disebabkan karena penonton juga bisa menonton wayang dari belakang kelir atau hanya bayangannya saja. Wayang kulit dimainkan oleh seseorang yang biasa kita sebut dalang yang juga menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang, dengan diiringi oleh musik gamelan yang dimainkan sekelompok nayaga dan tembang yang dinyanyikan oleh para pesinden. Dalang memainkan wayang kulit di balik kelir, yaitu layar yang terbuat dari kain putih, sementara di belakangnya disorotkan lampu listrik atau lampu minyak sehingga para penonton yang berada di sisi lain dari layar dapat melihat bayangan wayang yang jatuh ke kelir yang nampak indah. Untuk dapat memahami cerita wayang atau lakon penonton harus memiliki pengetahuan akan tokoh-tokoh wayang yang bayangannya tampil di layar.

 

Secara umum wayang mengambil cerita dari naskah Mahabharata dan Ramayana, tetapi tak dibatasi hanya dengan pakem (standard) tersebut, ki dalang bisa juga memainkan lakon carangan. Beberapa cerita diambil dari cerita Panji, maupun kisah Rohani dari agama Islam, Kristen, Hindu, Budha.

Itulah penjelasan asal-muasal Wayang Kulit Jawa dengan berbagai keunikannya. Sekian sampai jumpa di karya selanjutnya ya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Penulis: Jordy Satria Kencana Ardi

id.m.wikipedia.org

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG_20231218_171716_130

Quote motivasi Islami

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 💕Selamat menunaikan ibadah sholat subuh 💕7 Jumadil Awal 1445 H21 November 2023 “Seorang mukmin itu sungguh menakjubkan, karena setiap perkaranya itu baik. Namun tidak akan terjadi demikian kecuali pada seorang mukmin sejati. Jika ia mendapat kesenangan, ia bersyukur, dan itu baik baginya”.Bagi seorang Mukmin, tertimpa musibah dan mendapatkan kesenangan adalah sama-sama baik

Baca selengkapnya...
IMG20230517081742

HUT SMEPPASSA yang ke-45

Pada hari senin 15 Mei 2023, SMEPPASSA mengadakan suatu acara yang luar biasa, dimana acara tersebut diadakan untuk merayakan Hari Ulang Tahun SMEPPASSA ke-45, acara ini digelar dalam 3 hari yaitu mulai hari Senin (15 Mei) hingga hari Rabu (17 Mei).   Dalam acara perayaan tersebut ada beberapa kegiatan yang dipertunjukkan, kegiatan tersebut antara lain

Baca selengkapnya...
644e2dda7be76

WISATA TIRTOSARI LUMAJANG – SMP NEGERI 1 PASIRIAN

Hallo warga Smeppasa 👋🏻👋🏻Ada berita baru nih tentang Kabupaten Lumajang     “TIRTOSARI VIEW” Saat libur lebaran, sebagian orang memilih menikmati keindahan alam dengan berwisata. Di Lumajang, ada Wisata Alam Tirtosari yang direkomendasikan untuk para pecinta alam. Tempat ini berlokasi di kaki Gunung Semeru, Desa Penanggal, Candipuro, Lumajang atau sekitar 20 km dari pusat kota.

Baca selengkapnya...
HUT SMEPASSA KE-45 Dan penampilan Sweta Antasena

Gemilang HUT SMPN 1 Pasirian bersama Sweta Antasena

Dalam rangka memeriahkan HUT SMPN 1 Pasirian yang dirangkap dengan pertunjukan Sweta Antasena, dilaksanakan dengan meriah pada tanggal 15 Mei 2023 hingga 17 Mei 2023 sebagai puncak acara. Dalam perayaan ini diisi oleh banyak pertunjukan dari anggota Sweta Antasena, ekstrakurikuler dan dari para guru-guru yang ikut memeriahkan acara.  Acara luar biasa ini berlangsung di lapangan

Baca selengkapnya...
26052018084522_0

Tarian tradisional yang ada Ki Kalimantan Tengah

Assalamualaikum wr.wb Haii semua sahabat sahabat smeppassa !! 👋👋 Apa kah masih semangat? Pastinya masih semangat dongg Nah disini apakah kalian sudah pada mengenal tentang tarian tradisional yang ada di Kalimantan Tengah? Pastinya ada yang tau dong,nah kali ini kita akan belajar lebih dalam lagi nih tentang tarian tradisional yang ada di Kalimantan Tengah, langsung

Baca selengkapnya...