php_2algb_resized
Upacara Adat Ngaruwat Bumi Jawa Barat

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh hai sobat smeppassa apa kabar nih? lama kita tak jumpa akan liburan akhir semester semoga kalian mengisi liburan dengan kegiatan hal positif ya. Dikesempatan kali ini kita akan membahas keunikan dari Jawa Barat.

 

Seperti yang kita tahu Jawa Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian barat pulau Jawa, dengan ibukotanya yaitu Bandung. Banyak hal menarik yang belum kita jarah akan keragaman pada Jawa Barat sebagai mana aspek mengenai adat istiadatnya. 

 

Sebelum memasuki topik pembicaraan adat istiadat adalah tata kelakuan yang kekal dan turun temurun dari generasi satu ke generasi lain sebagai warisan. Sebagai diantara nya upacara adat istiadat dalam budaya Jawa Barat yang diberlakukan akan adanya tujuan tertentu yaitu sebagai sarana prosesi perkawinan, perayaan panen, maupun sembahyang. Dengan setiap kegiatan upacara tergantung akan apa yang akan dilakukan berbeda sesuai dengan jenis yang dilaksanakan. Simak berikut upacara adat Jawa Barat meliputi nama, tujuan, dan tata caranya :

 

 

1. Upacara Adat Ngaruwat Bumi

 

Upacara adat ngaruwat bumi yang berasal dari bahasa Sunda dengan arti ngerawat dengan penuh makna sebagaimana memelihara.

Dengan adanya tujuan sebagai ucapan syukur nikmat atas Tuhan YME sebagai bentuk tolak bencana beserta adanya betuk penghormatan kepada leluhur. 

Upacara ini merupakan tradisi tahunan masyarakat Jawa Barat, yang diberlakukan sekitar tanggal 4 hingga 5 September diberlakukan secara dua hari berturut-turut.

Sebagai hal yang dilakukan saat upacara ngaruwat bumi yaitu, dadahun, ngadiuken, meuncit munding, ngalawar, sholawatan, numbal, Ngarak Dewi Sri, nyawer Dewi Sri, dan pergelaran wayang golek.

Apapun cara dalam mengungkapkan rasa syukur atas nikmat Tuhan YME harus selalu kita realisasikan yang tak lupa akan pemberiannya seperti dengan cara melestarikan Adat Istiadat yang telah dilakukan dalam berbagai daerah sebagaimana halnya pada wilayah Jawa Barat ini. Sepertinya cukup sampai disini pembahasan kita kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua.

 

Sumber:

 

KOMPAS.com

Wikipedia

Gramedia

 

Penulis : Aulia safira/9h

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG-20231230-WA0014

MENGENAL RUMAH BETANG ( RUMAH ADAT KALIMANTAN TENGAH)

Seperti yang kita tahu, Indonesia terdiri dari banyak provinsi dengan budaya dan adat istiadatnya masing-masing. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi traveler dari dalam negeri hingga luar negeri. Salah satu yang banyak menarik perhatian adalah rumah adat. Dari ratusan rumah adat di Indonesia, Rumah Betang khas Kalimantan Tengah memiliki keunikan tersendiri. Nah, biar kita

Baca selengkapnya...
3717931935

PEMPEK SUMATRA SELATAN -SMP NEGRI 1 PASIRIAN

Hallo warga Smeppasa 👋🏻👋🏻Ada berita baru nih tentang Kabupaten Lumajang    “Pempek” Pempek merupakan makanan tradisional yang berasal dari Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Pempek tidak hanya menjadi makanan favorit masyarakat Pelembang, melainkan makanan yang terbuat dari tepung sagu dan ikan ini telah menjadi kegemaran masyarakat di luar Palembang. Pempek disajikan bersama mie telur, irisan timun

Baca selengkapnya...
FB_IMG_1686643358922

SELASA BERSIH

Haii SMEPPASSA Mari kita ketahui lingkungan yang bersih merupakan dambaan semua orang. Tentu saja lingkungan dalam kondisi bersih serta sehat akan membuat para penghuninya nyaman dan kesehatan tubuhnya terjaga dengan baik. Lingkungan yang bersih akan menjauhkan sumber-sumber penyakit untuk berkembang di sekitar kita. Hal itu tentu berkaitan dengan kesehatan. Selain itu, dengan lingkungan yang bersih

Baca selengkapnya...
IMG-20230831-WA0010

CARA MEJAGA KESEHATAN TELINGA

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh ⛑️Interarma Caritas⛑️   Merawat kebersihan dan kesehatan telinga penting dilakukan untuk mencegah berbagai masalah pada telinga, seperti infeksi telinga, telinga berdenging, hingga gangguan pendengaran.   Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan telinga: 1. Hentikan kebiasaan mengorek telinga dengan cotton bud karena kebiasaan ini justru bisa melukai telinga dan membuat kotoran telinga

Baca selengkapnya...
a8ba0c020e65c8fa9a6cd29800d3b7e0

MENGENAL PAKAIAN ADAT SUMATERA SELATAN

tahukah tentang pakaian adat Sumatera Selatan? Sumatera Selatan memiliki beberapa busana tradisional, di antaranya adalah aesan gede Aesan berarti hiasan dan gede berarti pembesar. Jadi, aesan gede adalah pakaian hiasan pembesar Palembang. Pakaian adat Sumatera Selatan aesan gede didominasi warna merah dengan benang emas dari tenunan kain songket. Unsur keemasan dan gemerlap ini sesuai dengan

Baca selengkapnya...