IMG-20231231-WA0004
TRADISI PENANAMAN KEPALA SAPI DI SUMBERMUJUR , CANDIPURO LUMAJANG

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,hai sobat Smeppassa jawara!!!👋 bagaimana kabar kalian? pastinya tetap semangat ya?😁.Pada kali ini penulis akan memberikan artikel sekilas tentang tradisi yang rutin dilakukan setiap tahunnya oleh masyarakat desa Sumbermujur,kec.Candipuro-Lumajang yaitu penanaman kepala sapi di sumber mata air pemandian Hutan Bambu.Yukk kepoin🤩

Peringatan tahun baru hijriyyah bagi masyarakat Jawa identik dengan peringatan malam 1 Syuro.

Biasanya masyarakat Jawa menyambut bulan Syuro dengan perayaan yang disertai prosesi adat karena dianggap sakral.

Sampai saat ini beberapa tradisi dilakukan untuk memperingati pergantian tahun hijriyyah.Salah satunya seperti tradisi rutin yang dilakukan oleh masyarakat desa Sumbermujur,kec.Candipuro-Lumajang.Tradisi suro ini dengan adanya penanaman kepala sapi.

Kegiatan ini sendiri diadakan setiap tahunnya pada tanggal 1 syuro sebagai bentuk rasa syukur masyarakat setempat atas hasil bumi dan sumber mata air yang melimpah.

Tradisi ini sudah dilakukan turun – temurun.Dahulu para sesepuh desa setempat meyakini bahwa setiap tanggal 1 syuro penunggu sumber mata air keluar dengan syarat menumbalkan 1 kepala sapi dan ditanam.

Penunggu mata air tersebut berupa jelmaan belut besar (moa), sehingga tiap tahun ia menampakkan diri di area sekitar sumber mata air.

Maka dari itu, diadakannya tradisi seperti ini untuk melestarikan budaya yang dilakukan secara turun-temurun oleh nenek moyang (sesepuh),juga sebagai penghormatan pada penunggu sumber mata air.

Nah itu dia sobat,sudah tahu kan? mengenai tradisi penanaman kepala sapi oleh masyarakat desa Sumbermujur.Sampai jumpa di lain waktu ya😉. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Penulis: Irham Nafidad Aulana Muhammadin/9B.

Ide narasi: Irham Nafidad Aulana Muhammadin/9B.

Sumber gambar: Lumajangsatu.com

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG-20230901-WA0224

PERAYAAN LOMBA MEMPERINGATI HUT RI SMPN 1 PASIRIAN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh   Hallo SMEPPASSA!   Bagaimana nih kabarnya kalian semuanya? Semoga sehat selalu ya kalian tau tidak, smeppassa jawara mengadakan kegiatan perayaan yang memperingati HUT RI 17 Agustus 2023 tanggal 1 September 2023 di SMP NEGERI 1 PASIRIAN yang akan di Ikuti oleh kelas 7-9.Dengan memakai baju olahraga sekolah atau baju kaos kelas

Baca selengkapnya...

TARIAN KHAS YANG ADA DI BALI

Assalamu’alaikum warohmatulohi wabarakatuh Haii sobat SMEPPASSA👋🏻Kita akan belajar dan mengenal Tarian khas yang ada di Bali. 1. Tari KecakTari Kecak merupakan salah satu seni tari nusantara terkenal yang berasal dari Bali. Seni tari ini biasanya dipertunjukkan secara massal oleh puluhan, bahkan ratusan penari laki-laki yang duduk secara melingkar. Dinamakan tari Kecak, karena pada saat irama

Baca selengkapnya...

MENGENAI TARI JAIPONG DARI JAWA BARAT

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh HALLO KAWAN – KAWAN SMEPPASSA !! Kali ini saya akan membahas sedikit tentang Tari jaipong ini.Tari Jaipong ini adalah suatu tarian yang berasal dari Karawang, Jawa Barat. Tari Jaipong ini didirikan oleh H.Suanda dan Gugum Gumbira pada tahun 1975.Tari Jaipong sejenis tarian pergaulan tradisional yg sangat terkenal diindonesia. Tari Jaipong ini merupakan

Baca selengkapnya...
images

SENJATA TRADISIONAL KALIMANTAN TENGAH by Salwa Aulia P.A

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu Halo sobat smeppassa!! Disini kita akan membasah tentang beberapa senjata tradisional khas dari daerah kalimantan tengah. Ada beberapa senjata khas yang berasal dari kalimantan tengah, mulai dari yang beracun, apa bila senjata yang beracun ditangan orang yang salah maka itu akan berdampak buruk bagi kita, dan ada juga yang tidak beracun, tetapi

Baca selengkapnya...
IMG_1357

BAJU ADAT JAWI JANGKEP – SMP NEGERI 1 PASIRIAN

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Hallo teman teman Smeppassa, Kali ini kita akan membahas tentang Jawi Jangkep, yaitu pakaian yang biasa digunakan dalam Adat pernikahan Jawa Tengah, langsung saja kita bahas dilansir dari : orami.co.id Jawi Jangkep merupakan pakaian yang dipakai oleh pria dalam upacara resmi adat Jawa Tengah. Terdiri dari baju beskap bermotif bunga atau polos

Baca selengkapnya...