TERIMAKASIH, GURUKU

Hari Guru Nasional Indonesia jatuh pada tanggal 25 November, hari ini. 

 

Tahun 2021 telah diperingati Hari Guru yang ke 76 tahun. 

 

Diketahui juga bahwa alasan diperingatinya hari Guru adalah karena pentingnya peran guru, yang telah berjasa membimbing para generasi muda Indonesia menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi bangsa dan negara, dan sebagai bentuk penghormatan atas jasa para guru. 

 

Hari Guru Nasional sendiri telah secara resmi ditetapkan melalui keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, tentang Hari Guru Nasional, pada tahun yang sama. 

 

Menjelang peringatan Hari Guru pertama kali, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu, Wardiman Djojonegoro, menyebut segala prestasi dalam pendidikan tak lepas dari seorang guru. 

 

Mengutip pemberitaan Harian Kompas, 25 November 1994, Wardiman mengatakan, guru merupakan kunci utama pembangunan sumber daya manusia dan menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat sekitar. 

 

Hari Guru Nasional bertepatan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia atau lebih dikenal dengan sebutan PGRI. 

 

Sebelum berganti nama, organisasi guru tersebut dinamakan Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). 

 

PGHB sendiri merupakan organisasi yang mewadahi perjuangan para guru pribumi di zaman Belanda dengan beranggotakan Guru Bantu, Guru Desa, Kepala Sekolah, dan Penilik Sekolah. 

 

Tujuan berdirinya organisasi tersebut untuk mendorong para guru pribumi memperjuangkan persamaan hak dan posisi dengan pihak Belanda. 

 

Pada 1932, nama PGHB diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). 

 

Saat zaman pendudukan Jepang, PGI dilarang melakukan berbagai aktiivtas karena adanya larangan segala jenis organisasi. 

 

Setelah Indonesia merdeka, diadakan Kongres Guru Indonesia pada 24-25 November 1945 di Surakarta. Dalam kongres tersebut, dibentuklah organisasi PGRI untuk mewadahi semua guru di Indonesia. 

 

Sebagai siswa, kita harus senantiasa menghargai para bapak serta ibu guru yang telah berjasa membimbing kita semua. 

 

Kita bisa melakukan kegiatan seperti mengirim video ucapan hari guru, mengirim hadiah spesial, ataupun mengadakan acara virtual dan lain lain untuk memperingati Hari Guru ini. 

 

Teruntuk semua guru, saya mewakili para murid mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas segala hal baik yang telah diberikan. 

 

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG-20230518-WA0030

SEBUAH PENGALAMAN SELAMA HUT

HALLO!!!  HUT smeppassa udah kelar nihh tentu ada pengalaman selama HUT smeppassa kemarin, kalau ngomong pengalaman tentu sangat berharga bagi saya.   Tau ndak pengalaman itu sebelumnya apa? Dari eprints.umm.ac.id mengatakan bahwa, Pengalaman adalah pengamatan yang merupakan kombinasi pengelihatan, penciuman, pendengaran serta pengalaman masa lalu (Saparwati, 2012). Dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa pengalaman

Baca selengkapnya...
Jadikan angklung sebagai warisan yang harus dijaga selamanya_20231215_204952_0000

WISATA CANDI BOROBUDUR

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh   Halo!! sobat SMEPPASSA JAWARA 👋🏼👋🏼   Kalian pengen ga sih jalan jalan bareng teman teman ke jogja lalu ke candi borobur? Pastinya pingin sihh sebelum itu kalian harus tau sejarah candi borobudurnyaa     Candi perambanan adalah bangunan candi bercorak agama Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi.

Baca selengkapnya...
1000087129

TARI MONONG KALIMANTAN BARAT

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhHallo sobat Smeppassa!! Jadi kita akan membahas tentang Tari Monong Kalimantan Barat. Tari Monong adalah tari penolak penyakit supaya penderita dapat sembuh kembali. Tarian tradisional dari Kalimantan Barat yang memiliki keunikan dalam gerakan dan kostumnya. Biasanya, tarian ini menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat, kegiatan pertanian, atau kegiatan seputar alam. Kostum para penari sering

Baca selengkapnya...
IMG-20240111-WA0001

TIDAK ADA ISTILAH GAGAL DALAM HIDUP, YANG ADA HANYA SUKSES DAN BELUM BERHASIL.JANGAN MENYERAH!

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh 💕Selamat menunaikan ibadah sholat shubuh💕 Jurnalistik Smeppassa Jawara 📚 1 Rajab 1445 H 13 Januari 2024 58 hari menuju ramadhan Di kehidupan hanya ada kata belum berhasil, bukan gagal. Gagal jangan jadikan halangan untuk meraih mimpi.kegagalan bukan hal yang buruk tetapi hal yang baik, karna dari kegagalan kita bisa belajar banyak hal. 

Baca selengkapnya...
image_750x_60c766b232cec

TARI SIGALE-GALE SUMATERA UTARA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Hallo sobat Smeppassa!!   Jadi kali ini kita akan membahas tentang Tari Sigale – gale   Tari Sigale-gale adalah tarian patung kayu yang digerakkan oleh manusia dengan diiringi alunan musik khas Batak. Tarian ini merupakan salah satu budaya di Sumatera Utara yang menceritakan tradisi mengenai suku Batak Toba pada zaman dahulu. Pada

Baca selengkapnya...