TENTANG SANTRI DAN HARI SANTRI

Setiap tahun, Hari Santri Nasional diperingati pada tanggal 22 Oktober. Mengutip dari suara.com,  Hari Santri diperingati dengan tujuan untuk memperingati peran kaum kiai dan kaum santri dalam melawan penjajah yang bertepatan dengan resolusi jihad dari KH Hasyim Asyari tanggal 22 Oktober 2021.

Kementerian Agama Republik Indonesia menetapkan “Santri Siaga Jiwa Raga” sebagai tema Hari Santri Nasional 2021. Tema ini berarti santri harus selalu siaga jiwa dan raga dalam menjaga persatuan Indonesia. Terlebih di kondisi pandemi seperti sekarang ini, santri tentunya wajib untuk menaati segala peraturan dan protokol kesehatan sehingga kesiagaan jiwa dan raga tetap terjaga.

Ketika santri harus berangkat meninggalkan rumah masing-masing untuk pergi ke pesantren, di situlah mereka diuji. Menahan kerinduan akan keluarga dan kampung halaman kerap kali menjadi permasalahan mereka. Namun demi memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam yang lebih kompleks mereka harus menahan rindu tersebut.

Memenuhi diri mereka dengan watak Islam yang kuat, para santri adalah mereka yang kelak akan menjadi manusia hebat dengan jalan yang diridhoi Allah SWT. Meninggalkan tempat tinggal untuk menjadi lebih dekat ke pada Sang Pencipta dengan harapan ketika pulang akan membawa banyak manfaat dan kelak mampu mengantarkan kedua orang tuanya menuju pintu surga-Nya.

“Belajar itu memang melelahkan namun lebih lelah nanti jikalau kamu saat ini tidak belajar.”

Bangkitkan kebangsaan dan ke-Islaman bersama santri, Selamat Hari Santri Nasional 2021.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

847e5663c781c689da14c14dbe253b73

PENGERTIAN BERJILBAB

Haloo sobat smeppassa!! apa kabar niee semuaaa?? masih semangat semua yaa!!   Kalau yang dibahas kemarin adalah cara belajar dengan efektif dan efisien, nahh sekarang kita akan membahas tentang materi keputrian yang kemarin yaaaa….   Oke yang pertama kita akan membahas materi “BERJILBAB”.   Imajinasi pertama apa yang kamu ketahui saat mendengar kata “jilbab”? Mungkin

Baca selengkapnya...
IMG_20231226_205725

MASJID JENDRAL SOEDIRMAN

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haiii SMEPPASSA JAWARA Masjid Jendral Besar Soedirman berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Bogor berdiri ditanah areal milik TNI AD yang diresmikan langsung oleh KASAD pada hari Kamis, 8 November 2018. Masjid ini memiliki 3 lantai yang berukuran 400 m. Masjid tersebut dibangun oleh Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dan juga

Baca selengkapnya...
IMG-20230418-WA0007

PELATIHAN QIRO’A BERSAMA PESERTA DIDIK SMPN1PASRIRIAN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh   HALLO !! SMEPPASSA Kalian tahu tidak ? pasti belum pada tahukan ? Yaudah yuk mari baca bersama-sama      Jadi pada hari Senin tanggal 17 April 2023 mengadakan kegiatan pelatihan Qiro’ah.   Kegiatan pelatihan bertempat di Lab.IPA SMPN 1 PASIRIAN sekitar pada jam 08.35 – 11.00. Kegiatan ini diikuti oleh peserta

Baca selengkapnya...
n0tuaih9ywav_KZKrafNeAEeqCUMM4mUCY_soto-banjar_landscapeThumbnailClean_id

Soto banjar

Hallo Teman – teman Smeppassa 👋, gimana hari ini? tetap semangat kan meskipun hari libur.   Semoga selalu di berikan kesehatan selalu yaa..   Oh yaa.. membahas tentang budaya dari kalimantan selatan apakah kalian tahu dengan salah satu makanan khas “kalimantan selatan” ini?     belum kan, pasti penasaran mari kita simak bersama-sama!! Banjar adalah satu

Baca selengkapnya...
IMG_20231225_131242

DI BALIK INDAHNYA PAPUMA

Hallo sobat SMEPPASSA!! Kali ini kita akan membahas destinasi wisata bahari yang tepatnya berada di desa Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember. Kira-kira apasih tempat yang akan dibahas kali ini?. Yuk baca bersama!. Pantai Papuma salah satu tempat wisata yang kerap dikunjungi oleh banyaknya wisatawan lokal bahkan sampai mancanegara karena keunikan dan keindahannya yang membuat orang-orang penasaran.

Baca selengkapnya...