Patung-Sura-dan-Baya-ikon-kota-Surabaya-min
TEMPAT WISATA DI SURABAYA – SMP NEGERI 1 PASIRIAN

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Hallo sobat Smeppassa!!, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata yang ada di surabaya kan!! 

 

Ayo!! mari kita simak bersama – sama

 

> Kota Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur yang menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian dari Provinsi Jawa Timur sekaligus kota terbesar di provinsi tersebut. Surabaya juga merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. 

 

> Surabaya mempunyai beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi saat kita pergi ke sana, antara lain:

 

 1. Kampung Arab

   Keberagaman Indonesia tercermin dari banyaknya suku dan budaya yang dimiliki. Terdapat beberapa kampung di Surabaya yang dibagi berdasarkan etnisnya, salah satunya adalah Kampung Arab.

Kampung ini dihuni oleh penduduknya yang mayoritas berasal dari Arab. Kampung Arab menjadi salah satu kampung yang dijadikan tempat wisata di Surabaya dan mendapat perhatian dari banyak wisatawan. Salah satu alasan utamanya adalah karena bisa dijadikan tujuan wisata religi.

Selain bisa mengenal budaya Arab yang masih kental, kamu juga bisa berburu suvenir mulai dari pakaian, minyak wangi, hingga peralatan ibadah yang dijual di kampung yang terletak di kawasan Ampel tersebut.

 

2. Kelenteng Sanggar Agung

   Berlokasi di kawasan Pantai Ria Kenjeran menjadikan Kelenteng Sanggar Agung memiliki daya tarik tersendiri. Di sini berdiri banyak patung-patung seperti Dewi Kwan Im yang merupakan ikon dari kelenteng ini, patung Sha Nan dan Tong Nu serta patung naga yang meliuk.

Kelenteng ini cocok dijadikan tempat wisata religi di Surabaya. Jika ingin lebih mendapatkan suasana sakral, kamu bisa datang saat perayaan Imlek karena kelenteng ini rama dikunjungi orang untuk beribadah maupun wisatawan lokal maupun asing.

 

3. Museum House of Sampoerna

   Surabaya juga dikenal memiliki tempat wisata berupa museum. Salah satunya yang wajib dikunjungi adalah Museum House of Sampoerna. Museum kretek yang beralamat di Taman Sampoerna 6 ini awalnya merupakan tempat pertama produksi rokok Sampoerna.

Di sini kamu bisa mengenal sejarah kretek di Indonesia. Mulai dari mengenal jenis-jenis cengkeh, pemantik rokok, dan tentu saja bisa melihat proses pembuatan rokok. Museum ini juga menawarkan kepada pengunjung keliling Surabaya gratis dengan menggunakan sebuah bus.

Museum ini juga memiliki kafe dan tempat penjualan suvenir di lantai dua. Tentu saja museum ini juga cukup Instagramable untuk dijadikan spot foto. Siapkan kamera, ya!

 

4. Tugu Pahlawan

   Tempat wisata di Surabaya yang gak boleh terlewat tentu saja Tugu Pahlawan. Monumen ini merupakan ikon dari Surabaya yang sangat populer. Tugu Pahlawan dikelilingi oleh tanaman hijau yang rindang, cocok untuk tempat bersantai setelah keliling Kota Surabaya.

Tugu yang menjulang tinggi ini sudah berdiri sejak masa penjajahan. Jangan khawatir, kamu tidak akan dikenakan biaya jika mengunjungi tempat ini dikarenakan Tugu Pahlawan gratis untuk umum.

 

5. Museum 10 November

   Kalau kamu ingin mengetahui secara detail cerita tentang perjuangan masyarakat Surabaya saat melawan penjajah pada peristiwa 10 November 1945, museum ini adalah tempat yang tepat. Sebab, museum ini merupakan gudangnya dari cerita dan bukti sejarah perjuangan para pahlawan tersebut.

Lokasi Museum 10 November ini tak jauh dari Tugu Pahlawan, masih sama-sama di Jalan Pahlawan. Di sini kamu bisa melihat-lihat foto dan lukisan dari situasi zaman perang. Ada juga benda koleksi dari bukti perjuangan Bung Tomo dan peralatan perang arek-arek Suroboyo. Lumayan, berwisata tapi edukasinya juga dapat.

 

6. Patung Suro dan Boyo

   Selain Tugu Pahlawan, Surabaya juga memiliki patung yang jadi ikon kota yakni Patung Suro dan Boyo. Patung ini memiliki cerita bagaimana Kota Pahlawan bisa dinamakan menjadi Surabaya.

Tak afdol rasanya kalau ke Surabaya tapi enggak foto-foto berlatar patung hiu dan buaya ini. Ada beberapa titik untuk mengabadikan foto berlatar patung Suro dan Boyo. Salah satu spot yang terbaik adalah dari Taman Skateboard.

 

 

Nah, itulah dia beberapa Tempat wisata di Surabaya yang populer dan terkenal bagi orang-orang di sekitarnya.

 

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, semoga kalian bisa memahami begitu beragamnya budaya yang ada di negeri kita. Kurang lebihnya saya minta maaf Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Sumber: klook. com

Penulis: Ardilla Juniarischa/8I

 

 

 

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

30064eea6ef540cd41901cfc793f388e

Keutamaan Sholat Dhuha

Hii-!! Teman-teman SMEPPASSA Gimana kabarnya hari ini? Semoga baik ya Pada hari jumat ini di sekolah tercinta kita yaitu SMPN 1 PASIRIAN memulai kebiasaan baik yaitu dengan mengadakan sholat dhuha berjamaah dan istigosah gimana menurut kalian? Pasti senang dan bersemangat kan? Mengenai sholat dhuha ada yang tau keistimewaan sholat dhuha? Dilansir dari detik.comSholat dhuha adalah

Baca selengkapnya...
IMG_20231120_210801

JADILAH PRIBADI YANG SELALU MENJAGA KEBERSIHAN

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Haii SMEPPASSA JAWARA Bagaimana nih kabarnya? Semoga sehat selalu ya. Pada pembahasan kali ini mari kita sedikit membahas pentingnya menjaga kebersihan bagi umat Islam menurut Gus iqdam.  Pendakwah muda yang bernama Agus Muhammad Iqdam Kholid atau sering disebut Gus Iqdam menerangkan pentingnya menjaga kebersihan bagi umat muslim. Kebersihan ternyata berkesenambungan dengan yang

Baca selengkapnya...
20231217_140915_0000

MENGENAL RUMAH ADAT DI MALUKU

Hallo sobat SMEPPASSA JAWARA,Yuk kita belajar atau memahami tentang RUMAH ADAT DI MALUKU Rumah Adat Maluku – Indonesia terkenal dengan kekayaan suku dan budayanya, dimana satu daerah saja bisa memiliki banyak bahasa, makanan khas, juga lebih dari satu jenis rumah adat. Dengan perbedaan jenis rumah di satu daerah ini kemudian memiliki fungsi berbeda-beda sehingga arsitektur

Baca selengkapnya...
unnamed-6-3

PAKAIAN ADAT BALI-SMPN 1 PASIRIAN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh HALLO SOBAT SEMPPASSA JAWARA!!   Bagaimana nih kabarnya disaat liburan sekolah? Pastinya baik baik saja kan apalagi kita bisa berlibur dengan keluarga   Oh iya kali ini kita akan mempelajari suatu hal tentang “BALI” pasti kalian inginkan liburan kesana, karena Bali dikenal dengan ciri khasnya salah satu yaitu pakaian adatnya, yuk kita

Baca selengkapnya...
IMG-20231224-WA0011

MOTIVASI PAGI PMR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh   ⛑️ Interarma Caritas ⛑️   29 Desember 2023   “Kenikmatan hidup paling nikmat di dunia ini adalah sehat karena apapun yang kamu miliki di dunia ini tak akan kamu nikmati, jika kamu sakit “   Kita dapat menikmati kenikmatan di dunia apabila dalam keadaan sehat. Dan dengan tubuh yang sehat kita

Baca selengkapnya...