IMG-20240112-WA0007
TARIAN ADAT YANG BERASAL DARI JAWA BARAT

Tari Jaipong

Haii Sobat SMEPPASSA👋🏻

Disini saya akan menyapaikan sesuatu tentang tari jaipong yang berasal dari jawa barat.

Mari kita simak artikel dibawah inii👇🏻👇🏻

Tari yang berasal dari Jawa Barat adalah salah satunya tari Jaipong. Mengutip laman Kemlu.goid, tari jaipong adalah kesenian tradisional dari Jawa Barat. Pertama kali dikenalkan Gugum Gumbira dengan sebutan ketuk tilu, rupanya tarian ini memiliki dua versi sejarah.

Sejarah yang pertama yaitu masyarakat Bandung meyakini bahwa tari jaipong merupakan gerakan berirama murni yang diciptakan Gugum Gumbira dengan memodifikasi gerakan tari ketuk tilu. Ketuk tilu merupakan tarian Sunda yang pada waktu itu mengalami kemunduran dan sedikit tertelan perkembangan zaman. Cerita versi kedua, tari jaipong merupakan kesenian tradisional Jawa Barat yang berasal dari Kabupaten Karawang. Pendapat ini diungkap dengan bukti rekaman gerakan tari yang dikeluarkan Suanda Group pada 1976.

Rekaman yang menunjukkan adanya gabungan gerakan dari beberapa unsur kesenian daerah Karawang ini dimainkan dengan alat musik berupa gendang, gong, kecrek, dan alat musik pendukung lain. Keunikan gerakan yang mengolaborasikan berbagai jenis kesenian tersebut perlahan semakin dikenal masyarakat luas, termasuk Gugum Gumbira, yang kemudian memperkenalkannya di daerah kelahirannya. Jadi, tari yang berasal dari Jawa Barat adalah Jaipongan.

Sumber :https://www.liputan6.com/hot/read/5278737/tari-yang-berasal-dari-jawa-barat-adalah-tari-jaipong-kenali-tarian-lainnya?page=2

sumber gambar :https://buku.kompas.com/read/2123/3-properti-tari-jaipong-khas-budaya-jawa-barat-yang-perlu-kamu-ketahui

Penulis : Vera Yantin Alfiah/9a

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

FotoJet13-234612985

Tips Gaul dan Banyak Teman

Haiii Sahabat Smeppassa!!  Gimanaa kabar kalian? baik baik aja dong pastinya.  Okee jadi pada artikel ini kalian akan mendapatkan tips gaul dan banyak teman dari Maudy Ayunda. Sebelum nya siapa sih disini yang ngga kenal Maudy Ayunda? yap betul sekali dia adalah artis yang mendapatkan gelar dari Stanford University dan Oxford University hebat sekali kan

Baca selengkapnya...
Unduh-pramuka-png-Gratis-Wallpaper-100-kumpulan-yel-yel-pramuka-dengan-lagu-yang-lagi-thumb

Kepramukaan

Assalamu’alaikum Wr. Wb Hai teman-teman SMEPPASSA    Setiap hari sabtu siswa siswi SMP negeri 1 Pasirian terutama kelas 7 dan 8 di wajibkan untuk mengikuti ekstrakurikuler Pramuka  Ada yang tau apa arti kepramukaan sendiri?     Kepramukaan adalah bentuk kegiatan proses pendidikan kepanduan itu untuk diri kita sendiri. Pendidikan pramuka untuk di lakukan kegiatan yang

Baca selengkapnya...
IMG_20230620_183121

CLASSMEETING DAY 2

Haii SMEPPASSA   Bagaimana nih kabarnya, sudah dua hari melakukan kegiatan classmeeting ya, capek tidak? Semoga tetap sehat selalu dan semangat yah  Pada tanggal 20 Juni 2023 smeppassa mengadakan kegiatan classmeeting hari ke-2 lhoo. Hari ini adalah hari penyisihan-semifinal-final. Sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa hari ini ada lomba baru yaitu lomba tebak gambar yang di

Baca selengkapnya...
IMG-20230703-WA0001

PENGERTIAN HEPATITIS

Halo semuanya gimana nih kabarnya? semoga selalu baik ya. Hari ini kita akan membahas seputar kesehatan, kesehatan itu sangat penting loh bagi tubuh kita. Karena jika kesehatan itu hilang kita akan merasa bahwa kesehatan itu sangatlah berharga. Hepatitis merupakan kondisi peradangan hati. Beberapa jenis hepatitis dapat tergolong ringan, tapi jenis lainnya dapat membuat kondisi hati

Baca selengkapnya...
IMG-20230906-WA0014(1)

TIPS MENCEGAH NYERI DADA

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh⛑️Interarma Caritas⛑️ Nyeri dada adalah kondisi ketika dada terasa seperti tertusuk, perih, atau tertekan. Nyeri ini bisa terjadi di dada sebelah kanan, sebelah kiri, atau dada tengah. Nyeri dada tidak boleh diabaikan, karena bisa jadi merupakan gejala dari serangan jantung. Agar mendapat penanganan yang tepat, segera periksakan diri ke dokter, terutama bila nyeri

Baca selengkapnya...