tari-gending-sriwijaya-min
TARI GENDING SRIWIJAYA SUMATERA SELATAN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hallo sobat SMEPPASSA JAWARA 👋🏻👋🏻

Kali ini kita akan membahas tentang tarian bernama “Gending Sriwijaya” yang berasal dari SUMATERA SELATAN.
Teman-teman tau tidak bahwa tarian “Gending Sriwijaya” adalah tarian yang khas di Sumatera Selatan loh!!!

Yuk simak penjelasan dibawah ini!!!

Sejarah Tari Gending Sriwijaya

Dikutip dari buku Ensiklopedia: Seni, Budaya, dan Pariwisata Kota Palembang karya Syarifuddin, dkk, sejarah Tari Gending Sriwijaya muncul dari gagasan dan keinginan menciptakan sebuah tarian dan lagu dari keinginan untuk penyambutan tamu di Sumatra Selatan.

Tari ini tercipta dengan diawali penciptaan lagu/melodi oleh Ahmad Dahlan Mahibat. Lalu, pembuatan syair Gending Sriwijaya dilanjutkan oleh Nungcik AR.

Setelah syair lagu selesai diciptakan, pembuatan gerak Tari Gending Sriwijaya diciptakan oleh Sukaenah A. Rozak dan Tina Haji Gung.

Dikutip dari Buku Panduan Guru Seni Tari Kemdikbud oleh Hani Amalia Hendrajatin dan Ratna Aryani, makna Tari Gending Sriwijaya adalah menggambarkan keagungan dan kejayaan dari kerajaan Sriwijaya. Dulunya, tarian hanya dipentaskan untuk penyambutan bagi tamu kerajaan.

Menurut situs Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatra Selatan, Tari Gending Sriwijaya merupakan tari yang menggambarkan kegembiraan gadis-gadis Palembang saat menerima tamu yang agung atau yang diagungkan, diikuti dengan sikap ramah, terbuka, dan tulus dari tuan rumah.

Kemudian, Tari Gending Sriwijaya pertama kali dipentaskan ke publik pada tanggal 2 Agustus 1945, di halaman Masjid Agung Palembang.

Pementasan tersebut dalam rangka pelaksanaan upacara penyambutan kedatangan M. Syafei Ketua Sumatora Tyuo In (Dewan Perwakilan Rakyat Sumatra) dan Djamaluddin Adinegoro (Ketua Dewan Harian Sumatra) pada saat itu.

Dengan demikian, saat ini bisa disebut kalau fungsi Tari Gending Sriwijaya adalah sebagai tari penyambutan tamu agung yang datang ke Palembang. Misalnya presiden, menteri, gubernur, duta besar, maupun anggota kerajaan, dan sebagainya.

Gerakan Tari Gending Sriwijaya

Gending Sriwijaya sendiri termasuk lagu daerah dan tarian tradisional dari Palembang yang biasanya dibawakan oleh 9 orang wanita.

Disebutkan dalam Buku Siswa Seni Budaya SMP Kelas IX oleh Sri Sudaryati dan Boiman, berikut adalah ciri-ciri dari gerakan Tari Gending Sriwijaya:

Menggunakan gerakan yang diikuti dengan lentikan jari-jari tangan penari
Gerakan tangannya kuat
Gerakannya bisa terkadang mengalun, bisa juga patah-patah.

Pola Lantai Tari Gending Sriwijaya

Tari Gending Sriwijaya menggunakan pola lantai lurus garis vertikal berbentuk V. Pola lantai tari sendiri digunakan untuk memperindah pertunjukan sebuah tari yang dilalui oleh penari di atas panggung.

Properti Tari Gending Sriwijaya:

– Pakaian adat Aesan Gede.
-Selendang Mantri.
-Gelang Paksangkong
-Tepak (isinya kapur sirih, pinang, dan ramuan)
-Peridon
-Payung Kebesaran dari Tari -Gending Sriwijaya
-Tombak (untuk mengawal penari Gending Sriwijaya
-Gamelan dan Gong (untuk pengisi suara).

Sumber: https://www-detik-com.cdn.ampproject.org

Nama: Muhammad RAAFI Anas Ab’ror/7B

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Screenshot_20240125-203740_Google

TRADISI GREBEG PANCASILA

Gerebeg Pancasila adalah salah satu tradisi yang dilakukan di Istana Negara Indonesia. Tradisi ini dilakukan sebagai ungkapan syukur dan penghormatan terhadap Pancasila, dasar negara Indonesia, yang secara historis diumumkan pada tanggal 1 Juni 1945 oleh Bung Karno, pendiri negara Indonesia. Setiap tahun, tradisi Gerebeg Pancasila dilakukan untuk memperingati hari lahir Pancasila. Pada saat Gerebeg Pancasila,

Baca selengkapnya...
Wisata Pulau Bali_2023-12-22-22-02-59-297_com.canva.editor

Tempat Wisata Yang Berada di Pulau Bali

Hallo sobat Smeppassa!!! Bagaimana kabarnya? Semoga tetap baik yaaa!! Disini kita akan mempelajari tentang “Tempat Wisata Yang Berada di Bali”Yuk baca selengkapnya dibawah inii 👇🏻👇🏻 Bali telah menjadi destinasi wisata favorit para pelancong. Tak hanya dari dalam negeri turis mancanegara pun menjadikan Bali sebagai tujuan melepas stres setelah bekerja. Pulau Dewata sangat terkenal dengan pantai

Baca selengkapnya...
IMG_20240205_184822

MASJID SYAIKHONA KHOLIL

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haii SMEPPASSA JAWARA Bagaimana nih kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu ya. Pada pembahasan kali ini mari kita melihat kemegahan dan keindahan arsitektur Masjid Syaikhona Kholil yuk Sebelum itu mari kita mengerti Syekh Kholil beliau adalah ulama yang sangat masyhur di Madura. Syaikhona Muhammad Kholil adalah seorang ulama besar asal Bangkalan,

Baca selengkapnya...
IMG_20240202_163134

KAMPUNG COKLAT BLITAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haii SMEPPASSA JAWARA Mari kita membahas yang manis-manis yuk. Apa ya kira-kira? Coklat? Heii tetapi bukan sembarang coklat lho, karena ini adalah kampung coklat. Kampung Coklat merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer hingga selalu ramai diserbu oleh pengunjung ketika musim liburan tiba seperti halnya pada masa liburan tahun baru

Baca selengkapnya...
IMG_20230408_155742

KHATAMAN AL-QUR’AN DAN BUKA BERSAMA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Saat hari Sabtu 08 April 2023 OSIS Smeppassa periode 2022/2023 mengadakan acara Khataman Al-Qur’an dan buka bersama. Para OSIS mengundang guru, anggota OSIS periode 2021/2022, remas dan para ketua ekskul Smeppassa, seperti PMR, DP, dan EVO. Acaranya sangat seru sekali.Pembawa acara untuk kali ini adalah Fatima Az – Zahra dan Kirana Salsa.Pada

Baca selengkapnya...