STUDI BANDING LITERASI

Studi banding adalah suatu program yang diadakan dengan tujuan untuk menambah dan saling bertukar wawasan antara instansi satu dengan yang lainnya.

Seperti yang terjadi pada Senin, 20 Desember 2021, SMPN 1 PASIRIAN kedatangan tamu dari SMPN 1 TEMPEH. Kedatangan mereka bermaksud untuk mengadakan studi banding tentang gerakan literasi.

Acara berlangsung di lab IPA, tepat pukul 10.30 dan dibuka terlebih dahulu oleh sambutan bapak Waniran selaku kepala sekolah SMPN 1 PASIRIAN dan dilanjutkan dengan kepala SMPN 1 TEMPEH.

Setelah selesai dengan acara pembukaan, baru lah disitu sang pembina literasi kita, yaitu ibu Sifreni Mira Yusiana mulai menjabarkan struktur tim literasi, visi misi dan jargon literasi SMPN 1 PASIRIAN. Tak lupa, sekolah pembanding juga memberikan informasi terkait tim dan jargon literasi SMPN 1 TEMPEH.

Setelah semua acara penjelasan mengenai struktur literasi, ada kala nya siswa penggerak literasi masing-masing instansi saling melalukan tanya jawab tentang kegiatan literasi di sekolah dan memberikan solusi mengenai siswa pasif literasi.

Di penghujung acara, ada momen yang sangat terkesan saat siswa-siswi masing-masing sekolah saling bertukar karya literasi. Seperti SMPN 1 TEMPEH yang memberi majalah bulanan dengan judul “KIRANA” dan SMPN 1 PASIRIAN memberi buku yang berisi kumpulan cerpen siswa-siswi peserta GSMN dengan judul “BANGKIT”. Untuk mengenang acara siang hari itu, kita juga melakukan foto bersama.

Literasi bukan hanya mengenai membaca dan menulis, tapi mengungkapan dan menjelaskan hal-hal yang telah kita baca untuk saling berbagi dengan sesama manusia.

Salam hangat, Ilaika Dwi Ningrum

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG-20240212-WA0001

“JANGAN MALU UNTUK MEMPELAJARI SENI,KARENA SENI ADALAH SUMBER IMAJINASI “

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 💞selamat menunaikan ibadah subuh💞1 Sya’ban Senin, 12 Februari 202429 hari menuju Ramadhan “Jangan malu untuk mempelajari seni,karena seni adalah sumber imajinasi” Seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu.Seni merupakan karya yang diciptakan dengan keahlian luar biasa, seperti tarian, lukisan, dan ukiran.Seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul, dari perasaannya yang hidup dan

Baca selengkapnya...
IMG-20231114-WA0014

PEMILIHAN KETUA OSIS DAN WAKIL KETUA OSIS PERIODE 2023/2024

HALLOO!!! TEMAN TEMAN SMEPPASSA   Gimana nih kabar kalian semuanya ? baik atau sangat baik? tentunya harus baik yaa. Oh iya kalian sudah pada tahu belum ? Tepatnya pada hari Senin, tanggal 13 November 2023 di sekolah kita ada acara  ” PEMILIHAN KETUA OSIS DAN WAKIL KETUA OSIS “   Yuk simak ceritanya !  

Baca selengkapnya...
63072e6009aaa

MENGNAL TARI JAIPONG JAWA BARAT

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Haii sobat SMEPPASSA JAWARA!!! Di sini kita akan membahas tentang tari jaipong. Tari jaipong merupakan tarian Jawa Barat paling populer. Tarian ini sudah ada sejak tahun 1976 dan diciptakan oleh H.Suwanda asal Karawang, Jawa Barat. Tari Jaipong sendiri merupakan gabungan dari berbagai elemen seni tradisi masyarakat Karawang seperti wayang golek, ketuk tilu,

Baca selengkapnya...
IMG_20240104_153110

UPACARA PEUSIJUEK

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haii SMEPPASSA JAWARA Peusijuek merupakan upacara adat Aceh yang bertujuan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Upacara Peusijuek ini dilakukan oleh masyarakat Aceh karena harapannya telah tercapai. Peusijuek sendiri bisa mendinginkan atau menenangkan hati. Peusijuek dilakukan saat seseorang mendapat kebahagian atau rahmat serta seseorang yang terlepas dari suatu

Baca selengkapnya...
OSP07224

ESHOM 2023 WITH ENGLISH VOLUNTEERS OF SMEPPASSA

Halo sahabat smeppassa! Perkenalkan saya Fathimah Az Zahra, saya adalah salah satu anggota dari English Volunteers of Smeppassa atau yang lebih dikenal dengan EVO. Disini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya sebagai salah satu peserta English Short Movie 2023 yang diadakan oleh guru guru MGMP Bahasa Inggris se Kabupaten Lumajang. ESHOM atau English Short Movie

Baca selengkapnya...