n0tuaih9ywav_KZKrafNeAEeqCUMM4mUCY_soto-banjar_landscapeThumbnailClean_id
Soto banjar

Hallo Teman – teman Smeppassa 👋, gimana hari ini? tetap semangat kan meskipun hari libur.

 

Semoga selalu di berikan kesehatan selalu yaa..

 

Oh yaa.. membahas tentang budaya dari kalimantan selatan apakah kalian tahu dengan salah satu makanan khas “kalimantan selatan” ini?    

belum kan, pasti penasaran mari kita simak bersama-sama!!

Banjar adalah satu daerah yang juga banyak didatangi oleh para pedagang yang masuk ke Indonesia melalui jalur laut.
Hadirnya orang China di di Tanah Banjar, membuat kuliner ini mulai dikenal oleh masyarakat Banjar. Soto yang dibawa oleh orang China kemudian ditiru, dicocokkan, dan dimodifikasi agar sesuai dengan lidah orang Indonesia.
Perkumpulan bangsa asing ini kebanyakan menetap di daerah bernama Tatas. Dari sanalah pertemuan berbagai budaya mulai memengaruhi aspek-aspek yang ada di Tanah Banjar, salah satunya kuliner soto.

Soto Banjar salah satunya, soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama daging ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Soto ini berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, perkedel kentang, rebusan telur, dan disajikan dengan potongan ketupat.

bumbu soto Banjar yang dominan digunakan adalah bawang merah, bawang putih dan merica. Soto Banjar tidak memakai kunyit seperti pada Soto Lamongan dari Jawa Timur. Bumbu ditumis lebih dulu dengan sedikit minyak goreng atau minyak samin hingga harum sebelum dimasukkan ke dalam kuah rebusan ayam. Rempah-rempah nantinya diangkat agar tidak ikut masuk ke dalam mangkuk sewaktu dihidangkan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Penulis: Achmad Faeza Hafy ariansyah/7d

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

2

MENGENAL BAJU ADAT PAPUA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh halo teman-teman smeppassa kali ini saya akan mengajak kalian untuk mengenal kebudayaan papua mengenai baju adat mereka, yuk kita simak bersama.  Baju adat papua sendiri mempunyai makna yaitu lebih dekat dengan kedekatan suatu suku pada alam sekitar. Baju adat papua juga mempunyai beragam jenis, baju adat papua ini di bedakan menjadi 2

Baca selengkapnya...
IMG_20240122_185722

INDAHNYA SENJA DI RUMAH JAWA KEDIRI

INDAHNYA SENJA DI RUMAH JAWA KEDIRI   Hallo sahabat SMEPPASSA👋👋👋 Kalian udah pada tau belum? belum kan?Ayukk! simak artikel di bawah ini! -dilansir oleh _www.detik.com_Kediri – Menikmati senja di Rumah Jawa Kediri bisa jadi pilihan menarik untuk anda menghabiskan akhir pekan. Suasana desa yang syahdu, dipadu dengan gaya klasik rumah Jawa akan menciptakan pengalaman liburan

Baca selengkapnya...
pakej-pelancongan-padang-air-terjun-lembah-anai-600x400

WISATA AIR TERJUN LEMBAH ANAI DI SUMATERA BARAT

Assalamualaikum warahmatullahi wabrokatuh   Hallo sobat SMEPPASSA JAWARAA👋🏼👋🏼👋🏼   Kalian ada yang tau belum dengan tempat wisata ini? Belum? Yuk kita baca!!!     Air terjun lembah anai terletak di padangpanjang, tanah datar Sumatera Barat. Wisata tersebut adalah salah satu wisata alam yang menakjubkan dan mempesona di Indonesia. Dengan keindahan alamnya yang memukau, air terjun

Baca selengkapnya...
IMG_20231226_205725

MASJID JENDRAL SOEDIRMAN

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haiii SMEPPASSA JAWARA Masjid Jendral Besar Soedirman berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Bogor berdiri ditanah areal milik TNI AD yang diresmikan langsung oleh KASAD pada hari Kamis, 8 November 2018. Masjid ini memiliki 3 lantai yang berukuran 400 m. Masjid tersebut dibangun oleh Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dan juga

Baca selengkapnya...