SMPN 1 PASIRIAN TERCINTA

SMPN 1 PASIRIAN TERCINTA

Oleh  Enyk Lestariwati

 

Pagi ini cerah sekali semilir angin berhembus sepoi –sepoi menambah syadunya alam ini. Kulangkahkan kakiku dengan pasti menuju SMPku tercinta. 40 tahun yang lalu saya datang ke SMP 1 PASIRIAN sebagai siswa sekarang saya datang kesini sebagai Pendidik. Tanggal 10 Desember entah mengapa pagi ini mentari tak segan-segan menyinari , mungkin ini pertanda hari kebahagiaan kita kebahagiaan masyarakat Pasirian dan sekitarnya. Hembusan angin menggoyang bunga-bunga yang bermekaran di SMPku. Burung-burung bercanda riang hinggap di pepohonan. SMPku memang asri dan rindang  dari pintu gerbang sudah menampakkan kenyamanan, karena kerimbunan pepohonan. Teduh dan sejuk memberi rasa nyaman bagi penghuninya.

Penataan tamannya begitu indah mempesona ditangani guru-guru pembimbing dan siswa yang kreatif dan kompeten sungguh perpaduan yang serasi. Tidak heran kalau SMPN I PASIRIAN sebagai sekolah ADI WIYATA. Sekolah ini dipimpin oleh Bapak  Drs.Waniran, M.Pd  serta guru –guru  pembimbing yang kompeten dibidangnya masing-masing. Di  setiap ada perlombaan siswa SMPI PASIRIAN selalu menjadi juara. Keberhasilan mereka tak luput dari bimbingan pembina OSIS Ibu Sifreni S.Pd dan guru-guru lainnya. Saya amati pembina OSIS ini selalu bergerak cepat menangani segala sesuatu yang diembannya, mungkin jiwa mudanya yang selalu menggelora tak kenal lelah demi anak didiknya.

Mereka semua mumpuni di bidangnya masing-masing guru-guru muda yang kreatif dan tangkas.   Ini sesuai dengan Visi Sekolah SMPI PASIRIAN yakni Mewujudkan insan yang berkarakter, cerdas, berprestasi, berdaya saing, berwawasan lingkungan dan  berimtaq. SMP 1 PASIRIAN juga mempunyai Misi yaitu

1. Melaksanakan pembelajaran efektif dan efisien, sehingga dapat mengembangkan potensi siswa secara optimal.

2. Mewujudkan Kurikulum K13.

3. Mendorong  tumbuh dan berkembangnya bakat,minat,dan kreatifitas siswa secara maksimal dalam bidang olahraga,kesenian,kepramukaan dan keagamaan sebagai wujud  pembangunan karakter bangsa dan lain-lain masih banyak  lagi misi-misi yang lain.

Untuk pembelajaran yang efektif dan efisien SMP 1 PASIRIAN sudah menerapkan lebih dulu untuk tatap muka mulai 50%,75% sekarang 100%,padahal sekolah lain masih masuk 2 kali seminggunya.

KBM memang efektif dilakukan dengan tatapmuka peserta didik maksimal menyerap materi pembelajaran. Pembelajaran daring yang diterapkan selama ini kurang efektif bagi siswa dan guru. Bagi siswa  untuk mengerti rumus matematika perlu penjelasan yang mendetail, sedangkan selama daring guru hanya memberi materi tanpa penjelasan langsung siswa diberi tugas sepertinya tidak masuk akal,karena siswa kesulitan mengerjakan.

 

Dalam pembelajaran selain materi yang kita berikan pada peserta didik kita juga harus menyisipkan  pendidikan karakter. Pendidikan karakter harus secara langsung kita terapkan pada peserta didik. Contoh sederhana dimulai dari pagi dimana siswa berdatangan ke sekolah pendidikan kita mulai dari sini  . Kita ajari siswa bersikap santun dengan menyapa Guru Piket dan mengucap salam bentuk apresiasi yang kita berikan kita wajib membalas sapaan siswa kepada kita. Kita ajari siswa untuk menghormati orang yang lebih tua yaitu kita sebagai pendidik. Di kelas juga masih diterapkan pendidikan karakter dengan berdoa kita mengasah mereka dari segi spiritual. Menyanyikan lagu Indonesia Raya itu juga termasuk pendidikan karakter pada generasi penerus bangsa untuk mencintai bangsanya sendiri. Peserta didik kita jadwalkan piket itu juga penerapan   pendidikan karakter ,agar peserta didik bergotong royong dalam hal sekecil-kecilnya.  Penerapan  pendidikan karakter di SMPN I PASIRIAN hampir 100% berhasil yang sekian persen terkecil masih bisa dibenahi.  Berbicara mengenai pendidikan berkarakter kita bahas pada artikel berikutnya.

Kita harus mencintai lembaga yang memberi kita peluang untuk bisa menyekolahkan anak,mencari nafkah dan tercukupi kebutuhan lain.

Kenapa saya memberi judul SMPKU tercinta saya mengajak teman-teman seprofesi sebagai pendidik untuk mencintai lembaga kita bernaung selama bertahun-tahun sebagai rumah sendiri. Disini kita bisa menangis, tertawa, susah, senang dapat kita wujudkan . Kita bisa menangis karena bahagia melihat peserta didik yang berhasil. Kita bisa merasakan kesusahan,apabila kita kehilangan teman ,mungkin pensiun atau anak didik kita lulus dan meninggalkan kita.

Saya bersyukur  bertemu dengan teman-teman yang baik-baik di SMPI ini mereka tidak ada yang berkarakter egois,arogan.

Masyaallah di ambang pensiunku aku diberi hadiah istimewa oleh yang Kuasa.

Mulai jaman dulu jaman saya sekolah disini SMPN 1 PASIRIAN terkenal sekolah terbaik di lingkungan Pasirian dan sekitarnya dan itu bertahan sampai sekarang. Orang tua murid akan berlomba-lomba menyekolahkan anaknya disini. Pemerintah sempat memberi peraturan sistem zonasi untuk pemerataan siswa. Pemerintah juga memberi peluang peserta didik berkebutuhan khusus  untuk bisa masuk lembaga pendidikan tanpa perbedaan. Ada rancangan pembelajaran sendiri untuk menangani siswa berkebutuhan khusus.

Pendidik harus peka menghadapi situasi ini. Bukannya  saya mengajari saya yakin Bapak Ibu lebih tahu ,karena pernah belajar spikologi pendidikan.

Di SMPN 1 PASIRIAN ada musholla besar tempat kita berinteraksi dengan Tuhan juga punya tempat pertemuan, koperasi, dan lab.Biologi, perpustakaan lengkap dengan fungsi masing-masing. Termasuk ruang Bimbingan Konseling kita memberi bimbingan lebih bagi anak yang masih keluar jalur lewat pembinaan dari guru BK. Agar nanti peserta didik yang lulus siap terjun ke masyarakat dengan karakter yang baik.   

Pasirian, 10 Desember 2021.

 

Penulis adalah Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Pasirian

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG-20230814-WA0003

HARI JADI PRAMUKA YANG KE 62

Awal terbentuknya pramuka di Indonesia ditandai dengan berdirinya organisasi milik Belanda bernama Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung pada 1912. Empat tahun setelahnya, Mangkunegara VII juga membentuk organisasi kepanduan pertama yang bernama Javaansche Padvinder Organisatie (JPO). Sedangkan secara Internasional, pramuka di perkenalkan di dunia oleh Baden Powell atau yang lebih dikenal dengan Bapak Pandu Dunia.

Baca selengkapnya...
CERPEN

CERPEN_RONA JINGGA DI LANGIT SENJA

RONA JINGGA DI LANGIT SENJA SIFRENI MIRA YUSIANA “Sudah mendekati 500 like,” Faurenzo mendesis. Dengan penuh kebanggaan matanya menatap lekat poster miliknya yang diunggah di Instagram sekolah. Di antara 58 poster bertemakan lingkungan yang diunggah, miliknya yang paling banyak mendapatkan like.  Tiba-tiba muncul notifikasi merah di gambar pesawat pojok kanan atas.  “Hai, selamat ya!  Poster

Baca selengkapnya...
IMG_20230620_183121

CLASSMEETING DAY 2

Haii SMEPPASSA   Bagaimana nih kabarnya, sudah dua hari melakukan kegiatan classmeeting ya, capek tidak? Semoga tetap sehat selalu dan semangat yah  Pada tanggal 20 Juni 2023 smeppassa mengadakan kegiatan classmeeting hari ke-2 lhoo. Hari ini adalah hari penyisihan-semifinal-final. Sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa hari ini ada lomba baru yaitu lomba tebak gambar yang di

Baca selengkapnya...
IMG-20230322-WA0030

*Pelantikan remaja masjid SMP Negeri 01 PASIRIAN 2022/2023*

*Artikel* ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABAROKATUH    Halo teman teman smeppasa!! Kalian tahu hari ini ada kegiatan apa di organisasi remas smeppasa?!   Bagi yang tidak tahu hari ini REMAS (Remaja masjid) SMP NEGERI 1 PASIRIAN , telah melaksanakan atau melakukan pelantikan!  Wah , kelihatan sangat menarik yahh?!  Kalian pasti penasaran apa saja kegiatan tadi yang telah

Baca selengkapnya...
IMG-20230409-WA0003

KHATAMAN AL-QUR’AN DAN BUKBER ( EDISI RAMADHAN )

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh      Hallo sobat smeppassa jawara , penasaran nggak sih ada kegiatan apa aja ya yang diadakan pada bulan ramadhan  oleh SMPN 1 PASIRIAN ???…      Pada kegiatan kali ini SMPN 1 PASIRIAN mengadakan kegiatan khataman qur’an pada bulan RAMADHAN , yang dilaksanakan pada hari sabtu , tanggal 8 april 2023

Baca selengkapnya...