IMG_20240112_181829
SISINGAAN

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Haii SMEPPASSA JAWARA

Sisingaan atau Gotong Singa merupakan salah satu jenis seni pertunjukan rakyat khas Sunda dan berasal dari wilayah Kabupaten Subang yang menggunakan media tandu yang dingkat oleh 4 orang dan diatasnya ditunggangi 1 orang. 

Sisingaan sering disebut sebagt Gotong Singa atau Odong-odong. fungsi Sisingaan yaitu sebagai alat perjuangan untuk mengusir penjajah dan upacara ritual khitanan anak sunat. Tak hanya itu manfaat yang didapat dengan adanya pembelajaran tari Sisingaan yang diberikan kepada anak-anak, dapat membantu anak-anak menjadi lebih aktif dan positif dalam melakukan kegiatan yang dapat melestarikan dan menjaga eksistensi tari Sisingaan.

Penyebaran Sisingaan sangat cepat, dibeberapa daerah di luar Subang, seperti Sumedang, Kabupaten Bandung, Purwakarta, dll. Sisingaan menjadi salah satu jenis pertunjukan rakyat yang disukai, terutama dalam acara-acara khitanan dan perkawinan.

Musik pengiring Sisingaan pada awalnya cukup sederhana antara lain: Kendang Indung (2 buah), Kulanter, Bonang (ketuk), Tarompet, Goong, Kempul, Kecrek. Karena Helaran, memainkannya sambil berdiri, digotong dan diikatkan ke tubuh. 

Ada beberapa makna yang terkandung dalam seni pertunjukan Sisingaan, diantaranya:

1. Makna sosial

2. Makna teatrikal

3. Makna komersial

4. Makna universal

5. Makna Spiritual

Itulah beberapa informasi tentang tradisi sisingaan yang semoga dapat menambah wawasan pengetahuan kita semua

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Penulis: Novi Arini

Sumber: Wikipedia

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

b68c42e96902fd42b529acdd271d72eb

KIRAB PUSAKA MALAM SATU SURO

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh   Halo sobat smeppassa, sudah siap atau belum nih untuk mengenal budaya dan juga adat yang ada di provinsi Jawa Tengah?? Kita akan mempelajari salah satu budaya yang berada Jawa Tengah loh! Jawa Tengah adalah sebuah wilayah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Ibu kota dari Provinsi Jawa

Baca selengkapnya...
Tari_Kebagh,_2017

TARI KEBAGH – SMP NEGERI 1 PASIRIAN

Hallo SMEPPASSA!  Tari Kebagh atau dulunya dikenal sebagai Tari Semban Bidodari adalah tari tradisi yang dikenal di daerah Besemah, Pagaralam yang bercirikan gerakan membuka lebar kedua tangan seperti mengebarkan sayap. Tari ini biasanya dipertunjukkan untuk penyambutan tamu terhormat dalam upacara adat. Tari ini merupakan jenis tarian tunggal sehingga dapat ditarikan secara massal maupun jumlah yang

Baca selengkapnya...
IMG-20231217-WA0021

BANDA NEIRA

Halo SMEPPASSA!!    Di antara keindahan nusantara Indonesia, terdapat sebuah destinasi yang mampu memikat hati dengan pesona sejarah dan keindahan alamnya. Maka dari itu, disini saya akan mengajak kalian merenung sejenak tentang keajaiban Banda Neira.   Banda Neira adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Kepulauan Banda, Maluku, Indonesia. Pulau ini terkenal karena sejarahnya yang

Baca selengkapnya...
Tari-Kinyah-Uut-Danum

TARIAN TRADISIONAL KALIMANTAN BARAT

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo semuanya! Apa kabar hari ini? Semoga sehat selalu ya Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Tari Monong yang berasal dari Suku Dayak, Kalimantan Barat. Tari Monong merupakan tari penolak penyakit supaya penderita dapat sembuh kembali. Tarian tersebut dihadirkan saat tetua atau dukun tengah dalam keadaan trance (di bawah alam sadar).

Baca selengkapnya...
tari-gending-sriwijaya-min

TARI GENDING SRIWIJAYA SUMATERA SELATAN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo sobat SMEPPASSA JAWARA 👋🏻👋🏻 Kali ini kita akan membahas tentang tarian bernama “Gending Sriwijaya” yang berasal dari SUMATERA SELATAN.Teman-teman tau tidak bahwa tarian “Gending Sriwijaya” adalah tarian yang khas di Sumatera Selatan loh!!! Yuk simak penjelasan dibawah ini!!! Sejarah Tari Gending Sriwijaya Dikutip dari buku Ensiklopedia: Seni, Budaya, dan Pariwisata Kota

Baca selengkapnya...