1000079476
SEJARAH ALAT MUSIK GAMELAN JAWA TENGAH

Hallo sobat Smeppassa!!

 

Kalian tahu sejarah alat musik gamelan gak sih?

 

Sejarah alat musik gamelan dapat ditelusuri hingga lebih dari seribu tahun yang lalu. Asal mula alat musik ini masih menjadi tema diskusi di antara para sejarawan musik, tetapi alar ini diyakini telah berkembang dan terbentuk di kepulauan Indonesia, terutama di Jawa, sejak zaman kuno.

 

Gamelan tidak hanya berfungsi sebagai sarana hiburan, tetapi juga memiliki peran keagamaan dan kebudayaan. Beberapa teori menyebutkan bahwa alat musik ini awalnya digunakan dalam upacara keagamaan Hindu-Buddha di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, gamelan menjadi semakin terintegrasi dengan budaya setempat dan mengalami perkembangan yang mencerminkan identitas lokal.

 

Pada masa pemerintahan kerajaan di Jawa, gamelan menjadi bagian penting dalam kehidupan istana dan dipelihara dengan cermat. Penggunaan gamelan meluas ke masyarakat umum dan berbagai lapisan masyarakat seiring berjalannya waktu.

 

Gamelan juga mendapat pengaruh dari kerajaan-kerajaan tetangga, termasuk pengaruh dari budaya Tionghoa dan India. Namun, gamelan tetap mempertahankan ciri khasnya sendiri yang unik dan mendalam.

 

Penting untuk diingat bahwa sejarah alat iniingg bersifat dinamis, dan instrumen serta gaya musiknya terus mengalami evolusi seiring perjalanan waktu, mencerminkan keanekaragaman budaya dan sejarah Indonesia.

 

Sumber: m.kumparan.com

Sumber: JawaPos.com

 

Penulis: Fesgi Destian Ananta/9G

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG_20231230_134718

RUMAH ADAT KALIMANTAN TENGAH

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo teman-teman SMEPPASSA JAWARA 👋🏻👋🏻 Apakah kalian tahu tentang Rumah Adat yang berada di Kalimantan Tengah?? Pasti semua belum pada tahu kan??? Jika kalian ingin mengetahui lebih dalam tentang Rumah Adat tersebut, Ayoo kita simak artikel di bawah ini!! Rumah adat Kalimantan Tengah yang berada di Desa Tumbang Anoi adalah rumah Betang

Baca selengkapnya...
IMG_20230408_155742

KHATAMAN AL-QUR’AN DAN BUKA BERSAMA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Saat hari Sabtu 08 April 2023 OSIS Smeppassa periode 2022/2023 mengadakan acara Khataman Al-Qur’an dan buka bersama. Para OSIS mengundang guru, anggota OSIS periode 2021/2022, remas dan para ketua ekskul Smeppassa, seperti PMR, DP, dan EVO. Acaranya sangat seru sekali.Pembawa acara untuk kali ini adalah Fatima Az – Zahra dan Kirana Salsa.Pada

Baca selengkapnya...
WhatsApp Image 2023-11-16 at 5.02.29 AM

just don’t be afraid about mistakes!!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Good morning, everyone! ☀️ Thursday, 16th of November 2023#EnglishVolunteersofSmeppassa#185_evosquote#don’t_afraid_to_fail Never be afraidto fall, don’t be afraid to fail, don’t be afraid of being wrong, because our moments scare a lotthing, we will never get anything, we will never learn, and will never get anything. Jangan pernah takutuntuk jatuh, jangan takut gagal, jangan

Baca selengkapnya...
IMG-20230321-WA0021

GLADI KOTOR PAGELARAN PENTAS SENI SWETA ANTASENA

𝗚𝗹𝗮𝗱𝗶 𝗞𝗼𝘁𝗼𝗿 𝗣𝗮𝗴𝗲𝗹𝗮𝗿𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗻𝘁𝗮𝘀 𝗦𝗲𝗻𝗶 𝗦𝘄𝗲𝘁𝗮 𝗔𝗻𝘁𝗮𝘀𝗲𝗻𝗮 Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh, Pada hari Selasa, 21 Maret 2023, anak-anak kelas 9 melakukan latihan pementasan terakhir sebelum latihan diliburkan pada bulan puasa, yang disebut ‘gladi kotor’. Mengapa disebut ‘gladi kotor’? Karena latihan terakhir ini masih belum bisa dianggap sempurna, selain itu tidak cocok juga disebut ‘gladi bersih’ karena

Baca selengkapnya...
Tiket Masuk Candi Borobudur Yogyakarta

SEJARAH SINGKAT CANDI BOROBUDUR – SMPN 1 PASIRIAN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu Haloo sobat Smeppassa kali ini kita akan mengetahui sejarah tentang Borobudur di Yogyakarta.   Dinasti Saliendra meninggalkan peninggalan Budha berupa bangunan yang terbesar di dunia sekitaran abad ke 780-840 Masehi. Tujuan dari pembangunan ini adalah sebagai tempat ibadah orang agama Budha. Bangunan ini ditemukan oleh seorang Pasukan Inggris pada tahun ke 1814

Baca selengkapnya...