IMG-20240113-WA0084
RITUAL ADAT KALIMANTAN TENGAH
  • Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Halooo!! Sobat smepassa

 

Hari ini kita akan membahas Ritual Tiwah (Ritual adat) yang ada di Kalimantan Tengah. Kalian pasti sudah tidak sabar kann, yukk langsung saja kita masuk ke materi nya. 

 

Ritual Tiwah merupakan salah satu ritual adat yang ada di Kalimantan yang masih di selenggarakan hingga saat ini.

 

Ritual Tiwah berasal dari masyarakat suku Dayak Ngaju di Kalimantan Tengah. Ritual ini merupakan upacara kematian adat sekaligus ritual sakral di Suku Dayak Ngaju. 

 

*Pengertian Ritual Tiwah*

 

Ritual Tiwah merupakan upacara kematian yang digelar untuk seseorang yang sudah meninggal dan di masukkan dalam Runi atau peti mati. Tujuan Ritual ini adalah untuk meluruskan perjalanan salumpuk liau menuju lewu tatau dalam konsep kematian Dayak Ngaju. Selain itu, Ritual Tiwah juga di selenggarakan sebagai prosesi buang sial bagi keluarga yang ditinggalkan.

 

*Makna Ritual Tiwah*

 

Ritual Tiwah memiliki makna mendalam bagi masyarakat Suku Dayak Ngaju. Mereka mempersiapkan Tiwah berbulan-bulan sebelum pelaksanaan. Adapun makna dari Ritual yang besar ini adalah agar keluarga yang ditinggalkan dapat tenang. Ketenangan itu muncul karena keyakinan keluarga mereka yang telah meninggal sudah diantarkan ke alam arwah melalui Tiwah.

 

*Tahapan Ritual Tiwah*

 

Ritual Tiwah diselenggarakan ketika seorang Dayak Ngaju masih beragama Kaharingan. Tahap pra upacara Tiwah ini dilakukan dengan mengumpulkan tulang belulang orang yang akan ditiwahkan. Setelah itu upacara puncak Ritual Tiwah diselenggarakan. Upacara puncak ini yang diadakan 3 hari hingga 1 bulan. Upacara puncak diawali dgn pembuatan Balai Pangun Jandau dan Sangkaraya Sandung Rahung. Kemudian hewan kerbau diikat di Sangkaraya lalu dilakukan mangajan/tarian sakral. Selanjutnya, hewan kurban akan diikat di sapundu dan dikelilingi oleh tamu yang hadir.

Acara kemudian dilanjutkan dengan puncak upacara Tiwah, dimana para tamu menaiki rakit berisi sesaji. Di hari terakhir, arwah yang ditiwahkan akan melakukan perjalanan menuju Lewu Liaw. Perjalanan mereka diiringi dengan prosesi pengurbanan hewan dengan cara di tombak. Upacara di akhiri dengan di masukkannya tulang belulang dalam kain merah dan disimpan di sandung

 

*Peralatan dan Biaya Ritual Tiwah

 

Alat yang digunakan Ritual Tiwah ini antara lain gong, rotan, bambu, daun kelapa, gandang kalenang, mandau, kain 3 warna. Lali hewan kurban meliputi ayam dan bab 13 ekor, kerbau 1 ekor, botol tempat tulang, dan masih banyak yang lain. Upacara ini sedikitnya memerlukan dana mulai dari Rp 50 juta sampai Rp 100 juta. Dengan besarnya biaya itu, maka Ritual Tiwah juga menjadi simbol kesejahteraan dan status sosial keluarga. Semakin lama dan meriah Tiwah, maka keluarga yang menyelenggarakan memiliki status sosial yang tinggi. Namun demikian, Tiwah juga bisa diselenggarakan secara gotong royong oleh beberapa keluarga. Sehingga biaya yang dikeluarkan bisa ditanggung secara bersamaan.

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Penulis: Nazwa Hallah Virzana Ghazwani Bashori / 7E

Sumber: regional.kompas.com

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG_20231031_165606

SMEPPASSA KAREEM KELOMPOK 3 KELAS 9

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Haii SMEPPASSA JAWARA Bagaimana nih kabarnya? Semoga sehat selalu ya..   Apa kalian sudah tahu SMEPPASSA JAWARA mengadakan kegiatan SMEPPASSA KAREEM lho.. yang dilaksanakan oleh seluruh peserta didik kelas 9 kelompok 3. Dimana pada hari ini, Selasa 31 Oktober 2023 kegiatan SMEPPASSA KAREEM tersebut dilaksanakan dengan tema “Adab terhadap orang tua dan

Baca selengkapnya...
IMG-20231217-WA0001

ISTIGHFAR ADALAH PINTU PERTOLONGAN ALLAH SWT

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh    💕 Selamat menunaikan ibadah sholat subuh 💕 4 Jumadil Akhir 1445 H 17 Desember 2023   Istighfar adalah pintu pertolongan ALLAH SWT yang pertama, istighfar di artikan sebagai permintaan atau permohonan ampun kepada allah swt. Yang di wujudkan dalam perkataan maupun perbuatan, istighfar sebagai penghapus dosa, istighfar memang di tunjukkan untuk

Baca selengkapnya...

ASAL USUL TARI REMO

Hallo teman teman smeppassa👋🏻, gimana ni kabar kalian?? Baik dong yaa?? Ohh iya kalian tau ga sih asal usul dari tari Remo??Kalau belum tau yuk simak artikel dibawah ini!! Tari remo merupakan tari tradisional yang berasal dari Jawa Timur dan oleh masyarakat setempat disebut sebagai tari ngremo. Tepatnya tari ini berasal dari kecamatan Diwek, desa

Baca selengkapnya...

MAKANAN KHAS DARI PAPUA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh Halo teman-teman SMEPASSA!!!!!Kali ini kita akan membahas tentang makanan khas dari Papua. Ohh iya, apa kalian sudah tau makanan khas dari Papua? Pasti sudah banyak yang tau ya makanan khas apa saja yang ada di Papua. Terutama makanan tradisional yang terbuat dari sagu, yaitu Papeda. Pasti dari kalian banyak yang sudah tau

Baca selengkapnya...
IMG-20230321-WA0021

GLADI KOTOR PAGELARAN PENTAS SENI SWETA ANTASENA

𝗚𝗹𝗮𝗱𝗶 𝗞𝗼𝘁𝗼𝗿 𝗣𝗮𝗴𝗲𝗹𝗮𝗿𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗻𝘁𝗮𝘀 𝗦𝗲𝗻𝗶 𝗦𝘄𝗲𝘁𝗮 𝗔𝗻𝘁𝗮𝘀𝗲𝗻𝗮 Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh, Pada hari Selasa, 21 Maret 2023, anak-anak kelas 9 melakukan latihan pementasan terakhir sebelum latihan diliburkan pada bulan puasa, yang disebut ‘gladi kotor’. Mengapa disebut ‘gladi kotor’? Karena latihan terakhir ini masih belum bisa dianggap sempurna, selain itu tidak cocok juga disebut ‘gladi bersih’ karena

Baca selengkapnya...