PRA-MPLS SMP NEGERI 1 PASIRIAN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Gimana nih kabarnya setelah melewati masa liburan sekolah tahun ajaran baru, pasti seru dan senang kan.

Oh iya, udah nggak kerasa ya, sudah tahun ajaran baru aja nih. Ngomong-ngomong soal ajaran baru, pastinya tidak luput dengan siswa baru, teman baru, kelas baru, pengalaman baru, dan MPLS.

Apasih MPLS itu?
MPLS yaitu singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Tentunya di perlukan dalam rangka penerimaan siswa-siswi baru di sekolah untuk mendukung proses pembelajaran dan mengenalkan sekolah. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah kegiatan yang pertama kali dilakukan di sekolah.

Sebelum melakukan MPLS, pastinya akan diadakan yang namanya PRA-MPLS. Apa itu PRA-MPLS?
PRA-MPLS adalah persiapan bagi peserta didik baru dalam melaksanakan kegiatan MPLS yang akan segera dilaksanakan dan mereka ikuti.
PRA-MPLS dilaksanakan pada Sabtu, 15 Juli 2023 dan MPLS dilaksanakan pada tanggal 17,18, sampai dengan tanggal 20 Juli 2023, kegiatan ini dimulai dari pagi sampai siang hari.

PRA-MPLS dimulai jam 07.00 dimana semua siswa-siswi baru diharapkan datang pagi dan tidak sampai terlambat. Hal ini dapat membiasakan mereka untuk selalu disiplin dalam perihal waktu.
Susunan acara sebagai berikut :

1. Presensi


Atau kehadiran peserta MPLS.
Peserta MPLS diharapkan datang sebelum jam 07.00 dan tidak sampai terlambat.

2. Salam, sapa perkenalan dari kakak pendamping
Salam sapa ini pastinya juga bertujuan agar adik-adik bisa mengenal kakak pendamping.

3. Latihan Upacara dan menyanyikan lagu Mars SMPN 1 Pasirian


Latihan Upacara pembukaan MPLS agar Upacara pembukaan MPLS berjalan dengan lancar. Dimana petugas Upacara dari kakak pendamping dan perwakilan peserta sebagai penyematan.

4. Ice breaking
Ice breaking diadakan untuk mencairkan suasana tegang ataupun bosan. Pastinya peserta akan bosan jika terlalu serius, dan ice breaking sangat mampu membuat mereka kembali semangat.

5. Penjelasan kegiatan MPLS dan tata tertib MPLS

a. Peserta diwajibkan membawa bekal, serta air putih minimal satu botol (¼ liter).
b. Peserta dilarang membawa Handphone.
c. Peserta diwajibkan menggunakan atribut lengkap. Atribut meliputi, ID CARD, PIN, dll.
d. Peserta diwajibkan memotong rambut dengan potongan 3-2-1. Dan masih banyak lagi, yang pastinya sangat bermanfaat bagi kebiasaan peserta MPLS.

6. Koordinasi Kelompok (membuat ID Card, yel-yel, mading dan penampilan)


Koordinasi kelompok yaitu membuat ID Card, mading, pin, dan juga yel-yel. Dimana kakak pendamping hanya memberikan konsep dan yang mengerjakan adalah adik-adiknya.

Gimana serukan?? Pastinya seru, karena ini adalah Smeppassa. Jangan merasa dibebankan dengan segala peraturan, karena ini juga melatih kedisiplinan kita.

Hmm, segini dulu ya, semoga kalian suka dan bermanfaat.

Terimakasih
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

 

Marshaila Verendita / 9C

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG-20240106-WA0000

JEMBATAN AMPERA PALEMBANG

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo sobat smeppassa yang pastinya kalian selalu haus ilmu kan. Nah kali ini kita kan membahas salah satu provinsi Indonesia yang menarik nih, kalian bisa nebak ga apa yang akan kita bahas?. Yup benar sekali kali ini kita akan membahas provinsi Sumatera Selatan.    Sumatera Selatan adalah slah satu provinsi di Indonesia

Baca selengkapnya...

BUKIT BATU DAYA KALIMANTAN BARAT

HII SAHABAT SMEPPASA!! Kali ini saya akan mengulas tentang salah satu bukit yang ada di Kalimantan Barat yaitu Bukit Batu Daya.  Bukit batu daya berada di Ketapang, Kalimantan Barat tepatnya di perbatasan Kecamatan Laor dan Kecamatan Sukadana, Simpang Hillir, Kayong Utara. Bukit batu daya juga termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Gunung Palung (TNGP).  Bukit

Baca selengkapnya...
IMG-20230903-WA0001

3 KEUTAMAAN SEDEKAH DALAM ISLAM

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Salam sejahtera bagi kita semua…Dipagi yang penuh rahmat ini, marilah kita mulai hari dengan bacaan “Basmallah”. Kali ini kita akan berbagi ilmu tentang “3 Keutamaan Sedekah Dalam Islam”. Sebelum nya, apakah para jama’ah tau apa itu sedekah dalam islam??? Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah SWT. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ayat

Baca selengkapnya...
IMG-20240109-WA0035

MENGENAL TRADISI SIPAHA LIMA SUMATERA UTARA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Hai sobat SMEPPASSA 👋🏻👋🏻👋🏻Bagaimana nih kabarnya? Baik-baik aja kan Jadi pada pembahasan kali Ini kita akan membahas Budaya di Sumatera Utara yaitu Tradisi Sipaha Lima (Ugamo Malim) Tradisi Sipaha Lima merupakan warisan budaya yang dibawa oleh seorang tokoh nasional dari Sumatera Utara, Raja Sisingamangaraja XII. Masyarakat Batak Parmalim biasa menyebut upacara ini

Baca selengkapnya...
IMG_20231209_153348

JANGAN BERKECIL HATI

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.   Haii SMEPPASSA JAWARA.  Bagaimana nih kabar kalian? Semoga sehat selalu ya.  Sebelumnya apa kalian pernah merasakan berkecil hati? Atau bahkan mungkin sering? Ternyata itu semua tidak baik lho. Kenapa begitu? Mari kita bahas bersama. Mungkin selama ini tidak kita sadari bahwa perasaan berkecil hati dapat kita rasakan dalam keadaan tertentu. Contohnya

Baca selengkapnya...