PESANTREN RAMADHAN SMEPPASSA JAWARA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh

 

Hallo SMEPPASSA

Tentunya kalian tahu kegiatan yang baru saja diadakan di SMEPPASSA, yaitu kegiatan Pesantren Ramadhan. SMP Negeri 1 Pasirian mangadakan kegiatan ini secara bertahap, dimulai dari kelas 9 yang dilaksanakan pada tanggal 18 April, kelas 7 pada tanggal 25 April, dan dilanjut dengan kelas 8 pada tanggal 26 April.

 

Pesantren Ramadhan sendiri merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan hanya pada bulan Ramadhan. Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari sholat berjamaah, pemberian materi, tadarus Al-Qur’an, berbuka bersama, dan diakhiri dengan sholat tarawih berjamaah. 

 

Kegiatan ini hampir sama seperti kegiatan di pesantren biasanya, bedanya acara ini hanya dilaksanakan satu kali pada bulan Ramadhan. 

 

Mungkin dari teman teman ada yang bertanya kenapa sih diadakan kegiatan pesantren ramadhan?. Jadi kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah ilmu agama kalian agar dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari, selain itu kegiatan ini juga dapat memupuk tali persaudaraan teman teman sekalian loh.

 

Pesantren Ramadhan dilaksanakan diberbagai tempat yang ada disekolah dengan tetap menggunakan fasilitas yang ada.

 

Para siswa yang mengikuti kegiatan ini datang ke sekolah pada pukul 10.30 dan langsung masuk ke kelas masing-masing yang sudah disediakan. Sebelum para siswa melakukan persiapan untuk sholat, masing masing siswa wajib mengikuti pemeriksaan tas yang dilakukan oleh anggota OSIS untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

 

Sholat jamaah dipimpin oleh kepala sekolah SEMEPPASSA, yaitu Bapak Waniran yang menjadi imam mulai dari sholat Dzuhur hingga sholat tarawih.

 

Oh iya SMP Negeri 1 pasirian juga berkerja sama dengan “DAMAR” loh. DAMAR adalah singkatan dari Dunia Aktivitas Mahasiswa dan Pelajar. DAMAR berperan dalam penyampaian materi selama pesantren ramadhan. Materi disampaikan oleh para ustadzah yang cantik cantik loh. Para ustadzah juga menyampaikan materi dengan sangat menarik sehingga membuat para siswa tidak bosan apa lagi pada bulan puasa. Ditengah materi juga terdapat ice breaking yang dapat memcahkan suasana.

Menjelang berbuka puasa, beberapa siswa dan ditemani oleh Pak Soleh mengisi waktu dengan melakukan tadarus Al-Qur’an.

Sebelum berbuka seluruh siswa yang mengikuti pesantren romadhon menuju ke musholla untuk melaksanakan sholat magrib. Para siswa juga dianjurkan untuk membawa minuman yang nantinya digunakan untuk membatalkan puasa apabila sudah waktunya berbuka.

 

Setelah sholat seluruh siswa menuju ke aula untuk melaksanakan buka bersama. Dapat dilihat saat berbuka dimana terdapat kebersamaan yang hakiki. Tanpa membedakan satu sama lain seluruh siswa makan bersama sama.

Sampainya dipenghubung acara, kegiatan ini diakhiri dengan sholat tarawih berjamaah.

 

Begitu banyak hal positif yang dapat kita ambil. Seperti ilmu yang bermanfaat selain itu ditambah lagi dengan memperkuat tali silaturahim antar siswa. Saya berharap kegiatan seperti ini dapat terus terlaksana di ramadhan ramadhan berikutnya. Semoga kita semua mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari kegiatan ini.

 

Sekian dari saya

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

1000040579

PROYEK SALAMAN

Hallo wargaa Smeppassa Jawara👋🏻👋🏻   Bagaimana kabarnya hari ini? semoga sehat selalu yaa   Kalian semua tahu ga sih? ternyata pada tanggal 19 Oktober 2023 kelas 7 dan 8 melakukan kegiatan proyek yang bertema “BHINNEKA TUNGGAL IKA” atau bisa disebut juga dengan “Salaman” yaitu ‘satu dalam perbedaan’.   Pada hari Kamis tanggal 19 Oktober 2023

Baca selengkapnya...
tempat-ibadah-agama-hindu-1_169

TEMPAT IBADAH YANG ADA DI BALI

HAII TEMAN TEMAN SMEPPASSA 👋🏻👋🏻, kalian sudah tau belum tempat ibadah yang ada di Bali?? kalau belum tau yukk simak artikel dibawah ini!!     Tempat ibadah agama Hindu dikenal dengan nama pura. Di Indonesia, Bali dikenal dengan daerah yang banyak pura sekaligus masyarakatnya yang mayoritas beragama Hindu. Setiap keluarga Hindu memiliki pura keluarga untuk

Baca selengkapnya...
IMG_20231110_203645_531

DEBAT PILKETOS

HALLOO!!! TEMAN TEMAN SMEPPASSA gimana nih kabar kalian? baik atau sangat baik? tentunya harus baik deh yaa. Oh iya kalian inget ngga hari Kamis kemaren itu ada acara apa? inget ngga? Nah hari Kamis kemaren tanggal 9 November 2023 di sekolah kita ada acara “DEBAT PILKETOS” kira kira acara nya kaya gimana ya?  yuk simak

Baca selengkapnya...
Wisata Pulau Bali_2023-12-22-22-02-59-297_com.canva.editor

Tempat Wisata Yang Berada di Pulau Bali

Hallo sobat Smeppassa!!! Bagaimana kabarnya? Semoga tetap baik yaaa!! Disini kita akan mempelajari tentang “Tempat Wisata Yang Berada di Bali”Yuk baca selengkapnya dibawah inii 👇🏻👇🏻 Bali telah menjadi destinasi wisata favorit para pelancong. Tak hanya dari dalam negeri turis mancanegara pun menjadikan Bali sebagai tujuan melepas stres setelah bekerja. Pulau Dewata sangat terkenal dengan pantai

Baca selengkapnya...
IMG_20231225_131825

Mengenal Tempat Wisata Di Jawa Timur

  Assalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh Hai sabahat SMEPPASSA👋👋👋 Kita akan belajar mengenai tempat wisata yang berada di Jawa Timur Kalian udah tau belum? belum kan? Ayukk,simak artikel di bawah ini! – Pengertian tempat wisata dilansir oleh um-Palembang.ic.id Tempat wisata merupakan tempat yangmenjadi kunjungan karena mempunyai sumberdaya, baik alami maupun buatanmanusia. – Manfaat tempat wisatadilansir oleh travelingmalang.id a)

Baca selengkapnya...