IMG-20231001-WA0029
PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD

Halo SMEPPASSA!

 

Setiap tahun, umat Islam merayakan Maulid Nabi untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW pada tanggal 12 bulan Rabiul Awal. Memperingati Maulid Nabi Muhammad merupakan salah satu momen penting bagi sebagian besar umat Muslim. Tak hanya di tingkat masyarakat umum, perayaan Maulid Nabi juga sering diselenggarakan di berbagai institusi pendidikan, termasuk Sekolah Menengah Pertama atau SMP. Nah kali ini, pada hari Jum’at tanggal 29 September 2023, SMEPPASSA ikut memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan antusias. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menghormati dan mengenang kehidupan serta ajaran-ajaran Nabi Muhammad sebagai teladan dalam kehidupan umat muslim.

Pada awal acara yaitu di pagi hari, seluruh siswa-siswi mengumpulkan nasi kotak terlebih dahulu, agar nantinya dapat ditukar dengan temannya dan membawa 10 kotak makanan yang nantinya akan dibagikan ke bapak/ibu guru dan dibagikan ke masyarakat di sekitar sekolah. Acara kedua yakni melaksanakan kegiatan khotmil Qur’an yang dilaksanakan oleh para pengurus remas yang bertugas dan para pengurus OSIS yang bertempat di masjid Roudlotuth Tholibin. Setelah usai melaksanakan kegiatan khotmil Qur’an, para siswa-siswi dan para bapak/ibu guru menuju ke masjid Roudlotuth Tholibin melaksanakan sholat Dhuha berjamaah. Setelah usai sholat berjamaah seluruh siswa-siswi dan para guru membaca surah Yaasin dan istighosah yang dipimpin oleh Pak Ahmad Sholeh dan pak Hudan. Setelah usai pembacaan surah Yaasin dan istighosah, kami para siswa-siswi melihat penampilan Al-Banjari murid murid SMEPPASSA. Penampilan Al-Banjari sangat meriah sekali, dan membuat para siswa-siswi bersemangat saat ikut bersholawat. Dan acara yang terakhir, acara paling ditunggu-tunggu pun tiba. Setelah usai melihat penampilan Al-Banjari, semua siswa-siswi meninggalkan masjid Roudlotuth Tholibin dan kembali ke kelas masing-masing untuk memakan nasi kotak yang didampingi oleh para wali kelasnya masing-masing. Setelah usai makan, para siswa-siswi istirahat sejenak untuk persiapan sholat Jum’at berjamaah dan kegiatan keputrian. Setelah usai istirahat, para siswa menuju ke masjid Roudlotuth Tholibin untuk melaksanakan sholat Jum’at berjamaah, sedangkan bagi para siswi menuju ke aula untuk melaksanakan kegiatan keputrian.

Nah, itulah rangkaian acara hari ini dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di SMEPPASSA. Melalui kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad, diharapkan para siswa-siswi dapat mengikuti jejak dan teladan hidup Nabi Muhammad serta menjadikan ajaran beliau sebagai panduan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Penulis: Samantha Reva Aurielia/9A

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

WhatsApp Image 2023-10-18 at 8.14.52 PM

THE TREAT~

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Good morning, everyone! ☀️ Thursday, 19th of October ber 2023#EnglishVolunteersofSmeppassa#181_evosquote#treat _others It is one of the things that can be held or relied on when we relate to other people, whether in the realm of family, friendship, work or everyday life. For example, saying hello, saying thank you, or just giving a

Baca selengkapnya...
bhk

MUSIK DANGLUNG

Halo SMEPPASSA!!   Di tengah keragaman musik tradisional di Indonesia, terdapat sebuah aliran musik yang khas dan unik yaitu musik Danglung dari Lumajang, Jawa Timur.   Sejarah Dikutip dari utamidenikusumaiar.blogspot.com, Musik Danglung berasal dari kata Pandhalungan. Makna kata “Pandhalungan” diberikan oleh Prawiroatmodjo (1985) dalam Bausastra Jawa-Indonesia II. Menurutnya, secara etimologis Pandhalungan berasal dari dasar bahasa

Baca selengkapnya...
images

Mandau

Mandau merupakan senjata tradisional yang berasal dari Kalimantan. Mandau juga merupakan senjata khas yang biasa di gunakan oleh suku Dayak Kalimantan. Mandau juga identik dengan Mandau terbang. di karenakan Mandau ini sering kali di kasih ilmu-ilmu oleh pengguna.Selain di pergunakan sebagai senjata mandau juga di pergunakan pada upacara adat. Seperti upacara pemanggilan arwah leluhur.

Baca selengkapnya...
2

MENGENAL BAJU ADAT PAPUA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh halo teman-teman smeppassa kali ini saya akan mengajak kalian untuk mengenal kebudayaan papua mengenai baju adat mereka, yuk kita simak bersama.  Baju adat papua sendiri mempunyai makna yaitu lebih dekat dengan kedekatan suatu suku pada alam sekitar. Baju adat papua juga mempunyai beragam jenis, baju adat papua ini di bedakan menjadi 2

Baca selengkapnya...
IMG-20230224-WA0012

Buku ilmu pengetahuan

• Identitas karya Judul : Kita Harus Berubah!Penulis : Faisal Basri Penerbit : Buku Kompas atau PT Kompas Media Nusantara Jakarta, Maret 2005Editor : Andi SurujiDesain sampul : RiantoPenata Letak : Chris VerdiansyahHalaman : 14 cm × 15 cm • Orientasi Tidak mudah melakukan pengelompokan 41 tulisan Faisal Basri yang terbit dwimingguan di halaman pertama

Baca selengkapnya...