IMG-20230318-WA0058
Peringatan Isra’ Miraj SMPN 1 PASIRIAN

SMPN 1 PASIRIAN mengadakan peringatan Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW 1444 H pada jum’at (17/3). Peringatan yang penuh hikmad tersebut dihadiri oleh seluruh siswa, guru, dan staf TU.

Acara pertama adalah pembukaan dan sambutan yang dibawa oleh wakil kepala sekolah Sifreni Mira Yusiana S.Pd. Acara Isra’ Miraj ini diselenggarakan di Aula SMPN 1 PASIRIAN.

Tampil sebagai penceramah Ustadz Adnan. 

Tujuan digelar Isra’ Mi’raj ini adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para siswa, guru dan staf kepada Allah SWT, sekaligus mempererat tali silaturahmi seluruh siswa, guru dan staf TU.

Berikut ringkasan ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Adnan:

_”Isra dalam arti bahasa adalah perjalanan di malam hari. Namun, yang dimaksud dalam agama Islam adalah perjalanan Rasulullah SAW di malam hari dari Masjidil haram menuju Masjidil Aqsa yang penuh berkah di sekelilingnya. sedangkan, mi’raj adalah perjalanan Rasulullah SAW dari Masjidil Aqsa ke langit tujuh sampai ke Arasy Allah.”_

_”Lalu, kenapa isra’ miraj dilakukan pada malam hari? 

peristiwa Isra’ terjadi di malam hari karena malam merupakan waktu yang tepat untuk menyepi serta biasanya sebagai waktu yang tepat untuk mengkhususkan amalan. Kedua, karena malam adalah waktu diwajibkannya shalat dan malam merupakan waktu yang tidak ada batas antara hamba dengan Penciptanya.”_

_”Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Sebab, pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.”_

_”Kiblat umat muslim awal mulanya adalah di baitul maqdis Atau masjidil aqso. Sebelum akhirnya posisi berubah ke masjidil haram atau kabah.

Begitu turun surat al baqoroh ayat 144:

 

قَدْ نَرٰى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِى السَّمَاۤءِۚ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضٰىهَا ۖ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَهٗ ۗ وَاِنَّ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ لَيَعْلَمُوْنَ اَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَّبِّهِمْ ۗ وَمَا اللّٰهُ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُوْنَ

Terjemahan:

Kami melihat wajahmu (Muhammad) sering menengadah ke langit, maka akan Kami palingkan engkau ke kiblat yang engkau senangi. Maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja engkau berada, hadapkanlah wajahmu ke arah itu. Dan sesungguhnya orang-orang yang diberi Kitab (Taurat dan Injil) tahu, bahwa (pemindahan kiblat) itu adalah kebenaran dari Tuhan mereka. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang mereka kerjakan.

Selain berceramah, supaya acara menjadi lebih bergairah mereka melantunan sholawat kepada Baginda Rasulullah SAW.

Para murid dan para guru sangat antusias dalam acara kegiatan tersebut.Setelah kegiatan tersebut berakhir para murid dan sebagian guru telah meninggalkan aula.

Penulis : Yeni Khurniasih

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Fahombo-atau-yang-dikenal-dengan-lompat-batu-adalah-tradisi-yang (1)

TRADISI SUKU NIAS YANG BERASAL DARI SUMATERA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo sobat smeppassa kali ini saya akan menjelaskan pengertian  tentang adat istiadat suku Nias yang berasal dari SUMATERA yaitu: Lompat batu atau fahombo.   Fahombo atau yang dikenal juga dengan sebutan “lompat batu” adalah tradisi yang berasal dari pulau Nias. Tradisi ini merupakan bagian dari ritual kedewasaan yang dilakukan oleh para pemuda

Baca selengkapnya...
481d53e660bbca7b3c6c2ec78e2fb731

Tips Belajar Efektif

Haii warga Smeppassa gimana kabarnya hari ini tetep semangat? Pasti dong yaa Sekarang ini kita sudah melewati PTS atau penilaian tengah semester disini ada yang merasa belum puas sama nilainya? Atau merasa mendapat nilai yang jelek? Padahal sebentar lagi kita sudah di hadapkan dengan PAS yaitu Penilaian Akhir Semester. Gimana kalo kita bahas cara belajar

Baca selengkapnya...
204afd1a99d578329ec6f76abc429865

YADNYA KASADA BROMO

Halo teman-teman SMEPPASSA JAWARA-!  Gimana kabarnya hari ini?  Semoga sehat selalu ya Hari ini kita akan membahas mengenai adat istiadat yang ada di Jawa Timur nih  Adat istiadat dari Jawa Timur apa sih yang kalian tahu? Tulis di kolom komentar ya Gunung Bromo adalah hal yang sering terdengar di Jawa Timur. Siapa sih yang ngga

Baca selengkapnya...
IMG_20240119_202435

TARI KARONSIH

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haii SMEPPASSA JAWARA  Mari kita berbicara tentang kesenian yang ada di Indonesia. Salah satu bentuk kesenian Indonesia yang memukau adalah Tari Karonsih.  Tari Karonsih atau kata Karonsih berasal dari Bahasa Jawa ‘kekaron atau sakloron tansah asih’ yang artinya keduanya saling mencintai. Kata Karonsih Melambangkan kisah asmara Dewi Sekartaji yang biasa disebut

Baca selengkapnya...
20230620_093512

DAY 2 CLASSMEETING SMEPPASSA

Halo sobat smeppassa 👋 Ada kabar terbaru nih dari smeppassa , yaitu mengenai day 2 Classmeeting dismeppassa , lalu ada apa aja ya dalam day 2 Classmeeting smeppassa ??Yuk mari kita baca bersama-sama . Jadi pada day 2 Classmeeting kali ini dengan tanggal 20 Juni 2023 ada banyak keseruan loh , kegiatan Classmeeting pada hari

Baca selengkapnya...