IMG-20230703-WA0001
PENGERTIAN HEPATITIS

Halo semuanya gimana nih kabarnya? semoga selalu baik ya. Hari ini kita akan membahas seputar kesehatan, kesehatan itu sangat penting loh bagi tubuh kita. Karena jika kesehatan itu hilang kita akan merasa bahwa kesehatan itu sangatlah berharga.

Hepatitis merupakan kondisi peradangan hati. Beberapa jenis hepatitis dapat tergolong ringan, tapi jenis lainnya dapat membuat kondisi hati kronis dan berakibat fatal. Dalam kasus terbaru, hepatitis akut misterius menyerang bayi, anak-anak dengan rentang usia 1 hingga 16 tahun ini belum diketahui penyebabnya. Oleh karena itu, disebut dengan hepatitis akut “misterius”. (WHO) mencatat ada 228 kasus hepatitis pada anak di 20 negara. Di Indonesia, terkonfirmasi ada sejumlah anak yg meninggal karena penyakit hepatitis ini. Sejak diberitakan kasus tersebut WHO menyatakan kasus hepatitis pada anak ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) pada 15 April 2022.

Penyebab lain hepatitis adalah adanya auto imun karena efek samping obat, racun, alkohol dan infeksi cacing hati. Auto imun terjadi karena tubuh memproduksi antibodi berlebihan sehingga berbalik menyerang organ tubuh sendiri, dalam hal ini adalah liver. Dalam beberapa kasus, liver sebenarnya mampu melawan infeksi hepatitis dengan caranya sendiri, tapi banyak yg menjadi infeksi kronis hingga berdampak buruk pada kesehatan untuk jangka panjang.

Penderita hepatitis biasanya tidak merasakan gejala sampai beberapa minggu atau sampai setelah terjadi gangguan fungsi hati. Pada penderita hepatitis akibat infeksi virus, gejala akan muncul setelah masa inkubasi, yakni sekitar 2 minggu sampai 6 bulan. Gejala umum yg muncul pada penderita hepatitis adalah : mual dan muntah, demam, mudah lelah, feses berwarna pucat, urine berwarna gelap, nyeri perut, nyeri sendi, kehilangan nafsu makan, penyakit kuning dan penurunan berat badan. Kondisi ini bisa berlangsung selama 6 bulan (akut) atau lebih dari 6 bulan (kronis). Jika tidak ditangani dg baik, hepatitis dapat menimbulkan komplikasi seperti gagal hati, sirosis, kanker hati (hepatocellular carcinoma). Segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika mengalami keluhan-keluhan tersebut di atas. Pemeriksaan juga perlu dilakukan bila Anda menderita kondisi yang dapat meningkatkan risiko terkena hepatitis, seperti penyakit autoimun, kecanduan alkohol atau sering mengonsumsi obat-obatan.

Agar hepatitis akut pada anak dapat segera terdeteksi dan ditangani, segera bawa anak ke dokter bila mengalami gejala awal berupa mual, muntah, sakit perut, diare, urine berwarna seperti teh, demam ringan. Jangan menunggu hingga muncul gejala lanjutan berupa kuning, tinja berwarna pucat, hingga penurunan kesadaran.

Jangan lupa kalian untuk selalu menjaga kesehatan,karena kesehatan sangar berharga.

Penulis:Haydhar aliwafa

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

20230718_071651

MPLS 202

Halo smeppassa gimana nih kabarnya? pada tanggal 17-20 smp negeri 1 Pasirian mengadakan MPLS. MPLS ini di adakan mulai dari jam 06.30 sampai pukul 12.30. Hari senin tanggl 17 juli 2023 MPLS di mulai dengan presensi oleh kakak pendamping lalu di lanjutkan persiapan upacara dan pembukaan MPLS tahun pelajaran 2023-2024 oleh bapak kepala sekolah Drs.

Baca selengkapnya...
1000040579

PROYEK SALAMAN

Hallo wargaa Smeppassa Jawara👋🏻👋🏻   Bagaimana kabarnya hari ini? semoga sehat selalu yaa   Kalian semua tahu ga sih? ternyata pada tanggal 19 Oktober 2023 kelas 7 dan 8 melakukan kegiatan proyek yang bertema “BHINNEKA TUNGGAL IKA” atau bisa disebut juga dengan “Salaman” yaitu ‘satu dalam perbedaan’.   Pada hari Kamis tanggal 19 Oktober 2023

Baca selengkapnya...
IMG_20231226_205725

MASJID JENDRAL SOEDIRMAN

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haiii SMEPPASSA JAWARA Masjid Jendral Besar Soedirman berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Bogor berdiri ditanah areal milik TNI AD yang diresmikan langsung oleh KASAD pada hari Kamis, 8 November 2018. Masjid ini memiliki 3 lantai yang berukuran 400 m. Masjid tersebut dibangun oleh Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dan juga

Baca selengkapnya...
IMG_20240205_184822

MASJID SYAIKHONA KHOLIL

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haii SMEPPASSA JAWARA Bagaimana nih kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu ya. Pada pembahasan kali ini mari kita melihat kemegahan dan keindahan arsitektur Masjid Syaikhona Kholil yuk Sebelum itu mari kita mengerti Syekh Kholil beliau adalah ulama yang sangat masyhur di Madura. Syaikhona Muhammad Kholil adalah seorang ulama besar asal Bangkalan,

Baca selengkapnya...
IMG_20240123_200641

CIRI-CIRI KUKU TIDAK SEHAT

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haii SMEPPASSA JAWARA Tahukah kalian keberadaan penyakit ternyata bisa dilihat dari kondisi kuku lho. Mari simak beberapa ciri-cirinya 1. Kuku Terlihat Pucat Sebenernya kuku yang sehat akan terlihat berwarna merah muda dengan warna sedikit lebih gelap dibagian tepinya. Namun begitu juga dengan ciri-ciri kuku tidak sehat adalah kuku dan ujung jari

Baca selengkapnya...