PELANTIKAN PENGURUS GERAKAN PRAMUKA 21/22

Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya. Pada bulan November dan Desember 2021 scout of smeppassa melakukan pendaftaran dan tes dewan penggalang. Anggota kepengurusan kepramukaan adalah siswa siswi yang sudah terpilih seleksi sebagai anggota kepengurusan. Seleksi yang di adakan satu tahun sekali ini diharapkan agar menempatkan pemimpin yang tepat untuk memimpin organisasi. Pembentukan struktur organisasi kepramukaan diharapkan dapat membentuk karakter pemimpin yang berkualitas sehingga dapat memimpin organisasi pramuka dengan landasan PANCASILA dan dasa darma.

Pada pertengahan bulan November terdapat kabar menggembirakan dari scompas yaitu dibukanya pendaftaran online untuk seleksi Kepengurusan pramuka . Syarat untuk menjadi salah satu calon cukup mudah yaitu salah satu siswa-siswi SMP Negeri 01 PASIRIAN yang sudah mendapatkan ijin dari orang tua. Pada pertengahan November ini juga diadakan sosialisasi mengenai Kepengurusan pramuka. Dengan diadakannya sosialisasi ini diharapkan seluruh calon mengetahui secara lebih dalam mengenai Kepengurusan pramuka serta Organisasi Kepramukaan itu sendiri.

Seleksi Kepengurusan pramuka berlanjut pada 20 November 2021 ini para perseta menjalankan Tes Tulis yang diadakan di salah satu ruang SMP Negeri 01 Pasirian. Selayaknya tes pada umumnya, Tes tulis ini dilakukan sebagai simulasi untuk mengetahui tingkat kepahaman para perseta mengenai Organisasi Kepramukaan. Tes tulis ini berisikan soal-soal mengenai sejarah pramuka, macam macam sandi, dll. Dengan mengetahui tingkat kepahaman peserta mengenai Dunia Kepramukaan diharapkan anggota dapat mengetahui lebih awal tentang Kepramukaan.

Beberapa hari setelah tes pertama tepatnya pada 18 Desember 2021 diadakan seleksi ke2 yang di laksanakan di lapangan SMPN 1 PASIRIAN. Tes ini berbeda dengan tes sebelumnya yang dimana tes sebelum nya itu berbentuk mengerjakan soal, jika tes ke2 ini lebih ke pengetahuan secara langsung tentang semaphore, cara membuat tandu, dan simpul tali pramuka.

Selesai melewati tes Kepramukaan seluruh calon dewan penggalang periode 2021/2022 mendapatkan surat kelulusan pada Jumat 14 Januari 2022. Bagi anggota yang lulus tes Kepramukaan melakukan pelantikan pengurus pramuka yang seharusnya di lapangan SMPN 1 PASIRIAN, akan tetapi dengan cuaca yang tidak mendukung untuk melakukan pelantikan di lapangan, pada akhirnya semua siswa-siswi melakukan pelantikan di gedung serbaguna SMPN 1 Pasirian. Dengan harapan dewan penggalang periode 2021/2022 dapat melatih siswa siswi SMP negeri 1 Pasirian menjadi siswa yang berlandaskan PANCASILA dan dasa darma.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG-20231225-WA0019

BARANG SIAPA YANG BERSUNGGUH -SUNGGUH BERJALAN PADA JALANNYA MAKA IA AKAN SAMPAI PADA TUJUANNYA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhđź’•Selamat menunaikan ibadah sholat Subuh đź’•13 Jumadil akhir 1445 H26 Desember 2023 “Barang siapa yang bersungguh-sungguh berjalan pada jalannya maka pasti ia akan sampai pada tujuannya.”Surat Al – ‘Ankabut ayat 69 : Allah Bersama Orang-orang yang Berbuat Baik. “Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan

Baca selengkapnya...
Gambar-Alat-Musik-tradisional-Sarone

ALAT MUSIK TRADISIONAL SARONE

Nusa tenggara Barat merupakan provinsi yang terletak di bagian barat dan sering dikenal dengan kepulauan Nusa tenggara.Dimana provinsi Nusa tenggara Barat ini hidup berdampingan dengan berbagai etnis dan mempunyai beberapa jenis alat musik tradisional. Lalu apa saja alat musik yang terdapat pada provinsi ini. Baik, kita akan membahas salah satu dari 10 alat musik yang

Baca selengkapnya...
DF7AACE5-A126-4DA8-9F02-6A0BFA32A6D1

CARA BELAJAR TENTANG ALQUR’AN

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh Haii! sahabat SMEPPASSA JAWARA 👋🏻Gimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan sehat dan berbahagia ya! Jadi di SMPN 1 PASIRIAN habis melakukan “MUNAQOSA” ni teman-teman yaitu test jilid dari jilid 1 sampai jilid 4. Nah saat test ini kita tidak sendiri loh karena para peserta didik SMPN 1 PASIRIAN akan didampingi oleh wali

Baca selengkapnya...
IMG-20231031-WA0039

Sarana media majalah dinding

Hiii teman-teman SMEPPASSAGimana kabarnya hari ini?semoga baik ya. Kemajuan suatu organisasi sangat tergantung pada motivasi, usaha, dan kreatifitas Sumber Daya Manusia yang menjalankan roda organisasi tersebut. Suatu organisasi dapat berkembang sesuai dengan tuntutan dan kemajuan zaman apabila memiliki Sumber Daya Manusia yang unggul, karena anggota-anggotanya memiliki kemampuan untuk merancang, menjalankan dan nmengontrol program kerja yang

Baca selengkapnya...
IMG_20240205_184632

KEBAYA RANCONGAN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haii SMEPPASSA JAWARA Baju adat memiliki daya tarik tersendiri dalam memperlihatkan keunikan dan keindahan suatu budaya. Di Indonesia terdapat banyak sekali pakaian adat yang unik serta menarik yang terletak di berbagai belahan Tanah Air. Kebaya sendiri memiliki beragam varian tergantung daerah. Salah satu contoh varian kebaya di Indonesia adalah Kebaya Rancongan.

Baca selengkapnya...