Selamat Harjalu yang ke-_20231216_202908_0000
MISTERI DIBALIK ATRAKSI BAMBU GILA MALUKU

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Gimana nih kabar kalian, masih semangat kan?

Pada hari ini Smeppassa mengusung tema kebudayaan Maluku. Yang akan saya bahas disini adalah atraksi Bambu Gila.Ada yang tau apa itu Bambu Gila? Kalau belum tahu yuk kita simak penjelasan berikut.

Masyarakat Maluku mengenal suatu kesenian tradisi unik yang erat hubungannya dengan nuansa mistis bernama Bambu Gila atau masyarakat setempat menyebutnya Buluh Gila atau Bara Suwen.

Pertunjukan ini bisa ditemui di dua desa yaitu desa Liang yang terletak di kecamatan Salahatu dan desa Mamala yang letaknya di kecamatan Leihitu, kabupaten Maluku Tengah. Di provinsi Maluku Utara, atraksi yang bernuansa mistis ini dapat dijumpai di beberapa daerah di kota Ternate dan sekitarnya.

Kesenian yang kental dengan unsur mistis ini dipercaya telah ada di Maluku sebelum agama Nasrani dan agama Islam masuk ke wilayah tersebut. Kisahnya berasal dari hutan bambu yang terletak di kaki Gunung Berapi Gamalama, Ternate, Maluku Utara.

Walaupun tidak ditemukan sumber sejarah yang jelas mengenai keberadaan kesenian tersebut, namun kisahnya sudah menjadi bagian dari kebudayaan masyarakat Kepulauan Maluku. Sebelum pertunjukkan dimulai, terlebih dahulu disiapkan sebuah Bambu Suanggi yang memiliki panjang sekitar 2,5 meter dengan lebar sekitar 8 sentimeter. Bambu ini diambil dari hutan, dan sudah terlebih dahulu melewati ritual khusus oleh Tetua di Maluku.

Bambu yang digunakan merupakan bambu lokal. Namun, proses memilih dan memotong bambu tidak sembarangan, karena dibutuhkan perlakuan khusus. Pawang terlebih dahulu meminta izin dari roh yang menghuni hutan bambu tersebut. Bambu kemudian dipotong dengan melakukan adat tradisional. Lalu bambu dibersihkan dan dicuci dengan minyak kelapa kemudian dihiasi dengan kain pada setiap ujungnya.

Sebelum pertunjukan dimulai, pertama-tama seorang pawang akan membakar kemenyan yang ditaruh di dalam sebuah tempurung kelapa, sambil membaca mantra dalam “bahasa tanah” yang merupakan salah satu bahasa tradisional Maluku. Kemudian asap kemenyan diembuskan pada batang bambu yang akan digunakan.

Jika menggunakan jahe maka itu dikunyah oleh pawang sambil membacakan mantra lalu disemburkan ke bambu. Fungsi kemenyan atau jahe ini untuk memanggil roh para leluhur sehingga memberikan kekuatan mistis kepada bambu tersebut. Roh-roh inilah yang membuat batang bambu seakan-akan menggila atau terguncang-guncang dan semakin lama semakin kencang serta sulit untuk dikendalikan. Maka dari itu atraksi ini di sebut Bambu Gila.

Sudah tau kan atraksi Bambu Gila yang ada di Maluku ini.
Kita sebagai generasi muda harus selalu melestarikan bangsa.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sumber: indonesia.go.id

 

Penulis: Jordy Satria Kencana Ardi

 

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG_20240103_154234

JARAN SLINING

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haiii SMEPPASSA JAWARA Dapat kita ketahui bahwa Kabupaten Lumajang memang terkenal dengan tradisi dan seni kebudayaan yang beraneka ragam. Terutama pada kesenian kuda kencak hingga sampai saat inipun banyak seniman yang masih berkarya dan menjaga agar tetap lestari seperti Tari Jaran Slining. Jaran slining yaitu pertunjukkan tari asal Kabupaten Lumajang yang

Baca selengkapnya...
IMG_20240221_163434

PERMAINAN BULU TANGKIS

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haiii SMEPPASSA JAWARA Siapa yang rajin olahraga nih.. Olahraga Bulu tangkis adalah nama olahraga yang pasti tidak asing lagi ditelinga kalian. Olahraga yang dimainkan menggunakan raket ini tentunya sangat menyenangkan asik dan seru. Olahraga ini memang tidak terlalu populer seperti permainan sepak bola ataupun basket. Namun tidak sedikit juga negara yang

Baca selengkapnya...
IMG-20230923-WA0001

PERSAMI / MPLS CAMP SMEPPASSA 2023

Halo sobat Smeppassa 👋🏻 Ada kabar terbaru nih dari Smeppassa, pasti kalian semua penasaran kan ?? Oke, jadi pada tanggal 23 & 24 diadakan PERSAMI (perkemahan sabtu minggu) atau MPLS CAMP di Smeppassa loh, kira-kira kegiatan apa saja yaa di PERSAMI tahun ini ???    Yuk baca mari kita baca bersama-sama.   PERSAMI diawali dengan

Baca selengkapnya...
Screenshot_20230304-201825

KEGIATAN LOMBA HUT LOMBA PADUAN SUARA DAN LOMBA KALIGRAFI – SMP NEGERI 1 PASIRIAN

HUT SMP Negeri 1 Pasirian yang ke 45 tahun mengadakan beberapa lomba. Pada tanggal 4 Maret 2023 lomba tersebut meliputi lomba kaligrafi dan lomba paduan suara yang diikuti oleh kelas 7 dan 8. Kegiatan tersebut dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 1 Pasirian tepatnya untuk lomba paduan suara dilaksanakan di dekat taman sekolah sedangkan lomba kaligrafi

Baca selengkapnya...
9cfb160b3310a40b67c2597fa3fc7ce6

SURAT PENDEK UNTUK IBU

SURAT PENDEK UNTUK IBU Karya : Enyk Lestariwati, S.Pd   Terik mentari membakar jiwaku Jiwa yang tak lagi bernyawa Rapuh lemas tersobek menganga Merobek luntak pikiranku.   Awal tragedi enam tahun berlalu Mengiringi langkah terseokku Yang tak gentar melawan hidup Tergaris miris meringis   Ibu…… Anakmu berjuang antara hidup dan mati Dosakah aku menyalahkan dirimu

Baca selengkapnya...