Merdeka atau Mati

Masih ingat dengan peristiwa perobekan bagian bendera Belanda yang dilakukan oleh Arek-arek Suroboyo?

Bagaimana bisa bendera Belanda terpasang di sana?

Itu semua bermula dari sekelompok orang Belanda di bawah pimpinan Mr. W.V.Ch Ploegman pada 18 September 1945, pukul 21.00, mengibarkan bendera Belanda (Merah- Putih-Biru), tanpa persetujuan Pemerintah RI Daerah Surabaya.

Keesokan harinya Pemuda Surabaya yang melihat bendera Merah-Putih-Biru yang dikibarkan di hotel Yamato dan membuat mereka menjadi marah karena menganggap Belanda telah menghina kedaulatan Indonesia.

Residen Soedirman bersama Sidik dan Hariyono bertemu dengan tentara Belanda WVC Ploegman di Hotel Yamato dan meminta mereka menurunkan bendera berwarna merah putih biru itu. Namun, Ploegman menolak permintaan itu. Hariyono bersama Kusno Wibowo berhasil menurunkan bendera Belanda, merobek bagian birunya.

Itulah sepenggal cerita mengenai peristiwa perobekan bagian bendera Belanda yang dilakukan oleh arek-arek Suroboyo. Dibalik itu semua pemuda Surabaya juga punya Sumpah Pejuang, loh. Bukan hanya sumpah pemuda saja seperti yang kita semua tau. Dan faktanya sumpah itu ditulis dan ditandatangani 12 jam sebelum Inggris memulai serangan 10 November. Isinya sebagai berikut:

Tetap Merdeka!

Kedaulatan Negara dan Bangsa Indonesia yang diproklamirkan pada 17 Agustus 1945 akan kami pertahankan dengan sungguh-sungguh, penuh tanggungjawab bersama, bersatu, ikhlas berkorban dengan tekad: 

Merdeka atau Mati! 

Sekali Merdeka tetap Merdeka!

Dari kutipan sumpah pejuang diatas terlihat semangat arek-arek Suroboyo untuk melawan. Kemerdekaan itu harus dipertahankan dengan sungguh-sungguh, karena mendapat kemerdekaan bukanlah hal yang mudah. Ribuan bahkan jutaan nyawa melayang untuk kemerdekaan Indonesia. 

Oleh karena itu perayaan hari pahlawan ini layaknya kita pakai untuk mengingat kembali dan menghormati peristiwa ini. Mengheningkan cipta selama beberapa menit tak akan membuatmu lelah. Banyak aspek yang berkontribusi untuk kemerdekaan Indonesia. Itulah Indonesia, dengan segala sejarah yang ada. Sejarah-sejarah itu jangan sampai kita lupakan, karena jika sejarah itu tidak ada Indonesia yang sekarang tidak akan pernah kita kenal dan tidak akan pernah ada.

Sekali merdeka!

Tetap merdeka!

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

3259e830f5b4c7a5b91a1ca0b8d3ccda

TARI PERANG MALUKU

Halo teman teman SMEPPASSA JAWARA-! Gimana kabarnya hari ini?  Semoga sehat selalu ya 🙌🏻 Hari ini kita bahas mengenai kebudayaan yang ada di Indonesia yuk-!  Dimulai dengan Kepulauan Maluku.  Apasih hal yang paling terkesan menurut kalian di kepulauan Maluku? 🧐 Tari Cakalele  Ada yang pernah dengar mengenai tari ini?  Mungkin terdengar sedikit aneh dan unik

Baca selengkapnya...
IMG_20240228_194632

HUT Hari Ke-3

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Haii smeppassa👋👋 Pada tanggal 28 Februari ada kegiatan HUT hari ke-3, simak baik-baik yaa artikel dibawah!!! Tadi ada beberapa lomba yang dilaksanakan antara lain:– Grand final mr. and ms. English SMEPPASSA– Lomba IPA, IPS, dan Matematika (tingkat SD) – Mini soccer (tingkat SD) Lomba mini soccer tadi adalah penentuan yang mendapatkan juara,

Baca selengkapnya...
image-160

Mengenal Tari tor tor

Halo sobat Smepassa🙌, bagaimana nih kabarnya, alhamdulillah lah kalau kabarnya baik, nah kali ini saya akan menceritakan tari tor tor apa itu tari tor tor?  Tari tor tor adalah bagian penting dalam upacara adat (ulaon adat) masayarakat batak. Melalui tortor, masyarakat  batak menyampaikan harapan dan doa-doanya. Peragaan sikap dan perasaan melalui tortor selalu menggambarkan kondisi

Baca selengkapnya...
IMG-20240226-WA0000

Quotes Sekbid Literasi dan Bahasa

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh💕Selamat menunaikan ibadah sholat shubuh💕 Senin, 26 Febuari 202416 Sya’ban14 hari menuju Ramadhan Jangan Takut Bermimpi Setinggi-Tingginya“Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang” – Ir. Soekarno kalian harus memiliki cita-cita dan impian yang tinggi agar kalian bisa bekerja keras untuk dapat mewujudkannya. selama kita

Baca selengkapnya...
IMG-20230725-WA0001(1)

SOSIALISASI BAHAYANYA NARKOBA

Hallo SMEPPASSA! Pada tanggal 24 Juli 2023 upacara bendera di SMP Negeri 1 Pasirian berlangsung dengan sukses dan memberikan banyak pesan berharga kepada para siswa. Acara yang digelar hari ini dihadiri oleh Bapak Polsek setempat yaitu bapak Luqman yang memberikan sosialisasi tentang bahaya narkoba. Dalam sambutannya, Bapak Luqman memberikan penekanan pentingnya menjauhi bahaya narkoba dan

Baca selengkapnya...