63072e6009aaa
MENGNAL TARI JAIPONG JAWA BARAT

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Haii sobat SMEPPASSA JAWARA!!!

Di sini kita akan membahas tentang tari jaipong.

Tari jaipong merupakan tarian Jawa Barat paling populer. Tarian ini sudah ada sejak tahun 1976 dan diciptakan oleh H.Suwanda asal Karawang, Jawa Barat.

Tari Jaipong sendiri merupakan gabungan dari berbagai elemen seni tradisi masyarakat Karawang seperti wayang golek, ketuk tilu, topeng banjet, dan pencak silat. Pada tahun 1979, tarian, tepak kendang, penataan, serta komposisi lagunya diubah.

Jaipong termasuk sebagai tarian yang punya irama yang cepat dan membuat bersemangat. Biasanya, Tari tersebut diiringi alat musik seperti kecrek, gong, dan kendang. Terdapat beberapa gerakan dalam Tari Jaipong yaitu:

Bukaan

Ini merupakan gerakan awal dari Tari Jaipong. Pada gerakan ini, para penari biasanya memutari panggung untuk memulai tarian. Sambil memutari panggung, penari juga akan memainkan selendang yang berada di lehernya.

Pencukan

Pada gerakan ini, musik akan punya tempo yang cepat. Karena itu, gerakan tarian juga akan menjadi cepat di bagian ini. Gerakan Pencukan biasanya akan membuat penonton yang menyaksikan menjadi lebih bersemangat.

Ngala

Para gerakan ini, penari akan melakukan gerakan patah-patah. Meski begitu, gerakan ini tetap dilakukan dengan cepat oleh penari.

Mincid

Ini merupakan gerakan yang membantu transisi antar gerakan bagi sang penari. Gerakan ini biasanya dilakukan setelah gerakan Ngala.

Sumber:https://www.traveloka.com

Penulis: Dinda viga rahmawati/8H

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG-20240122-WA0013

MENGENAL KERAJAAN KEDIRI – SMP NEGERI 01 PASIRIAN

halo teman teman Smeppassa gimana kabar kalian hari ini ? sehat kan kali ini kita akan membahas mengenai kerajaan Kediri Kerajaan Kediri bermula dari perintah Raja Airlangga untuk membagi kerajaan menjadi dua bagian pada tahun 1041 Masehi. Pembagian kerajaan dimaksudkan untuk menghindari pertikaian, seperti dikutip dari buku Ensiklopedia Sejarah Lengkap Indonesia dari Era Klasik sampai

Baca selengkapnya...
IMG-20230515-WA0024

THE KINGDOM OF UNITY BY SWETA ANTASENA

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.  Hai, sahabat literasi smeppassa👋 Kalian tahu gak sih kalau kemarin tanggal 16 Mei Smeppassa kembali mengadakan acara yang sangat seru dan menarik. Apa sih kira-kira? Ya, pentas seni kelas 9 angkatan 44 Sweta Antasena. Dimana Sweta Antasena mengambil tema The Kingdom of Unity yang artinya kerajaan kesatuan dimana tema ini mengambil dari

Baca selengkapnya...

MAKANAN KHAS DARI PAPUA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh Halo teman-teman SMEPASSA!!!!!Kali ini kita akan membahas tentang makanan khas dari Papua. Ohh iya, apa kalian sudah tau makanan khas dari Papua? Pasti sudah banyak yang tau ya makanan khas apa saja yang ada di Papua. Terutama makanan tradisional yang terbuat dari sagu, yaitu Papeda. Pasti dari kalian banyak yang sudah tau

Baca selengkapnya...
l-1726da66e7f52458058e6a8552ceea234f20200810212159-bimacms

TARI GAMBYONG

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh   Hallo sobat SMEPPASSA JAWARA👋🏼👋🏼   Kali Ini kita akan membahasan tentang tarian gambyong.   Teman teman sudah tau belum sejarah tari gambyong?   Kalau belum tau yuk kita baca sejarah di bawah ini     Nama tarian ini diambil dari pencipta Tari Gambyong yaitu Mas Ajeng Gambyong, seorang penari dan sinden

Baca selengkapnya...
IMG_20231215_193725_849

MELINTASI LORONG WAKTU; SEBUAH EPIK SEJARAH LUMAJANG

Sejarah Lumajang, sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur, Indonesia, memiliki akar sejarah yang kaya dan panjang. Daerah ini telah menjadi pusat kebudayaan dan perdagangan sejak zaman kerajaan Hindu-Buddha di Jawa. Namun, sejarah tertulis yang khusus tentang Lumajang tidak banyak yang terdokumentasikan. Pada abad ke-13, Majapahit, salah satu kerajaan terbesar di Nusantara, memerintah di wilayah tersebut.

Baca selengkapnya...