20231217_150828_0000
Mengenal Tari Lenso Dari Maluku

Assalammualaikum warahmatulahi wabarokatuh. 

 

Hai Hallo sahabat smeppassa jawara! Gimana nih, sudah siap untuk mempelajari tentang Budaya Maluku? 

 

Kali ini kita akan mempelajari tari Lenso dari Maluku!

 

🗣️: Pengertian tari Lenso dong!

 

💁🏻‍♀️: Siapp, Tari Lenso merupakan kebudayaan indonesia yang berasal dari daerah maluku. Tarian ini merupakan tarian yang di bawahkan oleh para penari wanita dengan menggunakan sapu tangan atau selendang sebagai ciri khas mereka.

 

🗣️: Hmm.. terus di tari Lenso itu ada berapa orang? Lalu apasih makna dari tari Lenso dan tujuannya?

 

💁🏻‍♀️: Waduh waduh, satu satu dong! aku mulai dari berapa orang yang ada di dalam tari Lenso yaa! Biasanya berjumlah kisaran 4 sampai 10 orang, bahkan bisa di tarikan secara masal loh! 

 

Nah kalau makna dari tari Lenso sendiri, menjadi tari penyambutan tamu. Karena memiliki gerakan yang lembut sebagai bentuk pernghormatan.

 

Lalu tujuannya di adakan tari Lenso adalah sebagai ajang untuk mencari pasangan. Jadi, tari Lenso dapat disebut juga sebagai tari untuk pergaulan para Perempuan dan Laki-Laki untuk saling mengenal dan akrab satu sama lain.

 

🗣️: Wahh tenyata budaya Maluku sangat keren ya! aku jadi ingin ke Maluku deh.. terimakasih ya atas pelajarannya! 

 

🙇🏻‍♀️: Iyaa sama sama. Semoga kalian mengerti ya dengan apa yang sudah saya jelaskan ya! Wassalammualaikum warrahmatulahi wabarahkatu.

[ Sumber: gramedia.com, regional.kompas.com, jubi.id, tribratanews.polri.go.id ]

Penulis: Chaca Aulia Putri (7E)

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

1000087129

TARI MONONG KALIMANTAN BARAT

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhHallo sobat Smeppassa!! Jadi kita akan membahas tentang Tari Monong Kalimantan Barat. Tari Monong adalah tari penolak penyakit supaya penderita dapat sembuh kembali. Tarian tradisional dari Kalimantan Barat yang memiliki keunikan dalam gerakan dan kostumnya. Biasanya, tarian ini menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat, kegiatan pertanian, atau kegiatan seputar alam. Kostum para penari sering

Baca selengkapnya...
Screenshot-2021-08-12-221444-696x288

Fakta Tentang Rumah Adat Kalimantan Tengah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Hai Sobat SMEPPASA 👋 Rumah Betang merupakan rumah adat Kalimantan yang terdapat di berbagai belahan Kalimantan dan dihuni oleh masyarakat Dayak terutama sekitar daerah hulu sungai yang biasanya menjadi pusat pemukiman suku Dayak. Yuk, baca terus untuk mengetahui tentang rumah adat Kalimantan Tengah lebih lagi! 1. Ciri-ciri Rumah Adat Betang Kalimantan TengahCiri-ciri

Baca selengkapnya...
20230717_105950-1

CHAPTER 1 FOR NEW STUDENTS, MPLS

MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah periode orientasi dan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru. MPLS biasanya dilakukan pada awal tahun dan berkaitan dengan belajar tentang fasilitas sekolah, program, metode pembelajaran, dan pengenalan diri. SMP Negeri 1 Pasirian, selalu melaksanakan MPLS dengan tema unik dan dibuat semenarik mungkin setiap tahunnya. Kegiatan ini tidak hanya

Baca selengkapnya...
Screenshot_20230609-121834

PELEPASAN KELAS 9 ANGKATAN KE-43 – SMP NEGERI 1 PASIRIAN

HALLO SMEPPASSA!! Pagi ini, tepat pada tanggal 31 bulan Mei, kelas 9 SMP Negeri 1 Pasirian mengadakan acara perpisahan yang penuh haru, acara tersebut dilaksanakan di aula sekolah. Acara ini diawali dengan pembukaan dari kepala sekolah yaitu bapak Drs. Abu Saman M.pd yang memberikan sambutan serta doa, beliau berdoa agar seluruh kelas sembilan dapat lulus

Baca selengkapnya...
n0tuaih9ywav_KZKrafNeAEeqCUMM4mUCY_soto-banjar_landscapeThumbnailClean_id

Soto banjar

Hallo Teman – teman Smeppassa 👋, gimana hari ini? tetap semangat kan meskipun hari libur.   Semoga selalu di berikan kesehatan selalu yaa..   Oh yaa.. membahas tentang budaya dari kalimantan selatan apakah kalian tahu dengan salah satu makanan khas “kalimantan selatan” ini?     belum kan, pasti penasaran mari kita simak bersama-sama!! Banjar adalah satu

Baca selengkapnya...