1000076540
MENGENAL TARI INDANG SUMATERA BARAT

Hallo Sobat Smeppassa!!

Kalian tau gak sih budaya di Sumatera Barat banyak sekali. Salah satunya yaitu Tari Indang.

Asal usul Tari Indang dapat ditelusuri kembali ke masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat, Indonesia. Tarian ini memiliki akar dalam kehidupan sehari-hari dan tradisi masyarakat Minangkabau. Meskipun tidak ada catatan pasti tentang sejarahnya, Tari Indang diyakini telah ada dalam budaya Minangkabau selama berabad-abad.

Tari Indang menjadi ekspresi seni yang merayakan kebersamaan, kegembiraan, dan keharmonisan dalam kehidupan sekelompok orang.

Tari Indang mencerminkan kehidupan sehari-hari masyarakat Minangkabau dengan gerakan yang menggambarkan kebersamaan, kegembiraan, dan interaksi sosial.

Tari Indang dikenal dengan gerakan yang lincah, dinamis, dan bervariasi. Penari menggunakan gerakan tangan, kaki, dan ekspresi wajah yang khas, menciptakan visual yang menarik.

Musik pengiring yang terdiri dari alat-alat musik tradisional Minangkabau seperti saluang, talempong, dan gendang memberikan nuansa khas dan memperkaya pengalaman artistik dalam tarian ini.

Keunggulan ini membuat Tari Indang menjadi salah satu tarian tradisional yang terkenal dan dihargai di Indonesia, serta memainkan peran penting dalam melestarikan dan mewarisi budaya Minangkabau.

Nah jadi itulah salah saru budaya Sumatera Barat, yaitu Tari Indang

Sekian dari saya, Sampai Jumpa!!

sumber: https://www.gramedia.com/literasi/tari-indang/

Penulis: Fesgi Destian Ananta/9G

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG_20240205_184740

PETIK LAUT

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haii SMEPPASSA JAWARA Siapa nih yang kelurganya stau sanak saudara kalian yang tinggal di Madura dengan mata pencahariannya sebagai nelayan Petik Laut adalah sebuah ritual atau upacara adat yang bertujuan sebagai rasa syukur kepada Tuhan yang maha esa, dan sebagai permohon berkah rezeki dan keselamatan yang dilakukan oleh para nelayan. Namun

Baca selengkapnya...
IMG20230516121814

PENTAS SENI THE KINGDOM OF UNITY dan HUT SMP NEGERI 01 PASIRIAN

Mulai hari Senin, 15 Mei 2023 sampai Rabu, 17 Mei 2023 kemarin, SMPN 1 Pasirian melaksanakan acara HUT-nya yang ke 45 tahun.      Ada banyak sekali lomba dan kegiatan menyenangkan yang diadakan, seperti lomba memasak, EXPO Literasi, bazaar makanan, dan yang paling membekas di hati seluruh siswa kelas 9 adalah Pentas Seni yang dilaksanakan

Baca selengkapnya...
20230901_085000

LOMBA HUT RI DI SMPN 1 PASIRIAN

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Pada hari ini para guru dan siswa siswi Smpn 1 pasirian mengikuti lomba hut ri yang ada di SMPN 1 PASIRIAN, lomba ini terdiri dari estafet, tempeh balon, kardus berjalan dan lain sebagainya. pada awal acara para guru dan siswa-siswi melaksanakan jalan santai, selain itu pada jalan santai ini juga terdapat drumband

Baca selengkapnya...
IMG_20240105_185122

KAIN TENUN ULOS

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haii SMEPPASSA JAWARA Seperti kita ketahui bahwa Sumatera Utara merupakan provinsi keempat dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia. Sumatera Utara merupakan provinsi dengan keragaman budaya yang lengkap salah satunya yaitu pakaian adat yang disajikan menggunakan kain tenun yang indah dan unik. Khas kain tenun suku Batak yaitu Kain Ulos yang secara

Baca selengkapnya...
20230803_195647_0000

7 KRITERIA WANITA YANG DIRINDUKAN SURGA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Hai sobat jama’ah SMEPPASSA Suatu rizki kita bisa bangun dipagi hari ini, semoga kalian dalam keadaan sehat wal’afiat. Bertahun-tahun berlalu, tak kala Allah merindukan hambanya yang dulu selalu bertakqwa dan menyembahnya selalu. Dunia yang semakin perlahan mulai menjadi hancur oleh para manusia, kita yang belum sempat bertaubat pun masih belum ada perubahan.

Baca selengkapnya...