IMG_20240107_162048
MENGENAL PAKIAIAN ADAT DI JAWA

MENGENAL PAKAIAN ADAT DI JAWA

Assalamualaikum Warahmatullahi
Wabarakatuh

Hallo sahabat SMEPPASSA 👋👋👋

Kalian udah tau belum? belum kannn?
Ayukk, simak artikel di bawah ini!

– Pengertian Pakaian Adat
  dilansir oleh _wikipedia.id.com_

Busana tradisional adalah busana yang mengekspresikan identitas, yang biasanya dikaitkan dengan wilayah geografis atau periode waktu dalam sejarah. Pakaian adat juga dapat menunjukkan status sosial, perkawinan, atau agama.

– Manfaat pakaian adat
  dilansir oleh  _bpkpenabur.od.id_

Fungsi utama keberagaman pakaian adat di Indonesia yaitu agar memudahkan kita untuk mengenali identitas daerah maupun seseorang hanya dengan melihat baju adatnya.

– Contoh Pakaian Adat Di Jawa
 
  a) Surjan
  b) Ulos
  c) Bundo Kanduang

– Pakaian Surjan
  dilansir oleh _febi.uinsalatiga.ic.id_

Surjan merupakan pakaian yang melambangkan batas atau pemisah antara kebaikan dengan keburukan. Pada baju Surjan terdapat 3 pasang kancing pada bagian leher depan. Apabila kancing tersebut dijumlahkan terdapat 6 buah kancing. Keenam kancing tersebut melambangkan Rukun Iman di dalam Islam.

– Pakaian Ulos
  dilansir oleh

_id.m.wikipedia.orng_

Ulos adalah salah satu jenis kain khas masyarakat Batak, Sumatera Utara. Dari bahasa asalnya, “ulos” berarti kain. Cara membuat ulos serupa dengan cara membuat songket khas Melayu, yaitu menggunakan alat tenun bukan mesin.

– Pakaian Bando Kanduang
dilansir oleh _www.detik.com_

Bundo kanduang merupakan pakaian adat Minangkabau yang dikenakan oleh wanita yang telah menikah. Menurut laman Binus Activity, pakaian ini sangat signifikan terhadap simbol pentingnya seorang ibu dalam sebuah keluarga. Dahulu, Minangkabau mengenal pembagian wilayah adat yang disebut dengan Luhak Nan Tigo. 

 

Apakah kalian sudah men gerti tentang artikel di atas??

Sekian artikel dari saya, mohon maaf bila ada kata kata yang salah

wassalamualaikum warahmatullahi
wabarokatuh

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

GENDANG BELEQ

Assalamu’alaikum warohmatulohi wabarakatuh   Haii sobat SMEPPASSA👋🏻 Kita akan belajar dan mengenal Alat Musik Tradisional yang ada di Nusa Tenggara Barat.    Gendang beleq Gendang beleq adalah penyemangat prajurit yang pergi berperang dan yang pulang dari peperangan. Dengan demikian Gendang Beleq dijadikan musik dalam peperangan. Kini Gendang Beleq digunakan sebagai musik pengiring dalam upacara-upacara adat

Baca selengkapnya...
images

LOTEK KHAS JAWA BARAT

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo sobat smeppassa jawara👋👋 Tanah Sunda, selain terkenal akan keindahan alam, terkenal juga akan kulinernya yang unik dan beraga,. Kuliner telah menjadi ciri khas makanan orang Bandung, dengan sajian kental budaya Sunda.   Salah satu kuliner Sunda yang tak lekang oleh waktu ialah lotek. Lotek merupakan makanan yang berisi sayuran mentah atau

Baca selengkapnya...
Screenshot_20231224-164649_Google

SENJATA TRADISIONAL RUDIUH ASAL MINANGKABAU, SUMATERA BARAT

HALO SOBAT SMEPASSA👋👋 Disini saya akan memperkenalkan salah satu benda pusaka dari Sumatera Barat yaitu ruduih. Ruduih, senjata tradisional yang mirip dengan parang merupakan senjata pusaka yang biasanya digunakan untuk berperang dan berburu. Benda ini merupakan salah satu warisan budaya Minangkabau yang kini berada di Museum perjuangan Tridaya Eka Dharma, senjata ini dianggap menjadi salah

Baca selengkapnya...
download

Seputar bela negara

Apa itu sih bela negara  Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.   Setiap warga negara wajib untuk membela negaranya. Hal tersebut merupakan bentuk cinta terhadap tanah air nya.

Baca selengkapnya...
IMG-20230321-WA0010

Gladi Kotor Penampilan Sweta Antasena Persiapan Acara HUT SMP NEGERI 1 PASIRIAN ke-45

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh   21 Maret 2023    Rangkaian kegiatan peringatan HUT SMP Negeri 1 Pasirian dimulai. Dari lomba lomba sampai berbagai penampilan. Seluruh siswa turut serta dalam acara ini, tidak terkecuali kelas 9.    Hari ini tanggal 21 Maret 2023, seluruh perwakilan kelas 9 mengikuti gladi kotor sesuai dengan penampilan yang mereka pilih. Penampilannya

Baca selengkapnya...