5-fakta-menarik-mi-gomak-spaghetti-khas-batak-toba
MENGENAL MAKANAN KHAS SUMATERA UTARA

halo teman-teman Smeppassa gimana kabar kalian hari ini? sehat kan

kali ini kita akan membahas mengenai makanan khas Sumatera Utara yaitu mie gomak

Mi Gomak adalah mi khas Batak, yang sangat mudah Anda temukan jika berkunjung ke Sumatera Utara, khususnya daerah Toba Samosir hingga Tapanuli.

Indonesia memiliki banyak daerah yang memiliki kuliner khas. Kuliner yang dimiliki masing-masing daerah ini pasti memiliki cita rasa yang khas dan juga kelezatan yang berbeda-beda.

Sumatera Utara merupakan salah satu daerah yang juga memiliki banyak kuliner khas yang lezat. Salah satu kuliner yang menjadi ikonnya adalah Mi Gomak.

Mi gomak bisa disajikan dalam dua versi. Bagi Anda yang lebih menyukai mi berkuah, mi gomak sangat cocok untuk direbus dan disajiakan dengn kuah yang panas.

Namun, mi gomak yang disajikan dengan cara digoreng juga tidak kalah lezatnya. Anda bisa menyajikan mi gomak sesuai dengan selera Anda.Mi gomak rebus biasanya akan dibuat terpisah dengan kuah dan sambal. Kuah mi gomak ini mirip gulai karena bersantan.

Yang membedakan adalah warnanya yang tidak terlalu kuning karena menggunakan sedikit kunyit, bahkan nyaris berwarna putih. Inilah salah satu yang menjadi ciri khas dari mi gomak.Sementara itu, mi gomak goreng dibuat tanpa kuah dan dicampur dengan sambal. Rasa mi gomak dengan sensasi pedas dan asam ini tercipta dari merica khas Batak yaitu andaliman yang menjadi bumbu khasnya.

nah itu dia pembahasan singkat dari saya wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

penulis : Revano Fitrokhi Ardiansyah/7D

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

1000041129

MOTIVASI PAGI JURNALISTIK

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh 💕Selamat menunaikan ibadah sholat shubuh💕 Jurnalistik Smeppassa Jawara 📚 4 November 2023   Menghargai apa yang kita miliki sama hal nya dengan menghargai diri sendiri. Self-love artinya menghargai diri sendiri atau mencintai diri sendiri. Tindakan ini bisa mengembangkan setiap individu untuk lebih percaya diri, menerima, dan menghargai kekurangan yang ada dalam diri

Baca selengkapnya...
IMG_20230926_153033

LESTARIKAN BUDAYA

Di era globalisasi saat ini perkembangan teknologi semakin canggih, mudahnya mencari informasi dapat membawa perubahan terhadap kebudayaan manusia. Manusia kini perlahan mulai meninggalkan gaya hidup tradisional menuju gaya hidup yang lebih modern. Sehingga budaya para leluhur mulai tersingkirkan oleh zaman.  Masyarakat Indonesia kini banyak di pengaruhi oleh budaya barat, sehingga sulit ditemukan budaya-budaya nusantara warisan

Baca selengkapnya...

SAMBAL COLO-COLO KHAS MALUKU

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh Haiiii teman-teman SMEPASSA!! Kali ini kita akan membahas tentang Sambal Colo-colo khas Ambon Maluku. Kalian udah pada tau belum tentang Sambal Colo-colo khas Ambon Maluku ini. Pasti dari kalian ada yang sudah tau dan ada yang belum tau yaa. Yaudah yuk langsung aja kita bahas tentang Sambal Colo-colo ini. Sambal Colo-colo merupakan

Baca selengkapnya...
IMG_20231228_181349

LIRIK LAGU BOLELEBO

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haii SMEPPASSA JAWARA Mari kita mengenal salah satu lagu yang berada NTT yaitu lagu Bolelebo Bolelebo adalah sebuah lagu daerah yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Lagu Bolelebo ini merupakan lagu yang memiliki lirik dan makna yang mendalam Pencipta lagu Bolelebo adalah Cornelis Frans yang liriknya disusun menggunakan bahasa Rote. Bahasa

Baca selengkapnya...

MENERAPKAN SIKAP DISIPLIN PADA DIRI SENDIRI

Haii SMEPPASSA JAWARA  Bagaimana nih kabarnya? Semoga sehat selalu yah.. Hari ini mari kita membahas sedikit tentang kedisiplinan terhadap diri sendiri.    “Disiplin”…. kata-kata yang sebenarnya muda sekali di ucapkan tapi sulit untuk dilakukan, benar tidak? Sebelumnya apa kalian sudah tau apa sih disiplin pada diri sendiri? Disiplin pada diri sendiri merupakan kepatuhan seseorang yang

Baca selengkapnya...