20231215_162624_0000
MENGENAL KEBUDAYAAN YANG ADA DI KALIMANTAN

Halo semuaa sobat smeppassa!! 👋👋 Apa kabar nihh? Apakah masih tetap semangat? Pastinyaa dongg!!

Kira-kira apa ya yang akan kita bahas dibawah ini?? Hmmm coba tebak, apa hayoo.. Baiklah disini kita akan membahas tentang *Budaya di Kalimantan!*

Hmmm apakah disini sudah pada mengenal apa saja budaya-budaya yang ada di Kalimantan? Pasti ada yang tau dongg, dan kali ini kita akan menjelajahi lebih lanjut tentang budaya yang ada di Kalimantan, langsung saja kita lanjut ke topik pembahasannya.

Ohh iyaa disana juga terbentuk beberapa suku, yaitu suku Banjar, Bugis, suku Dayak dan lain-lain sebagainya.

*RUMAH ADAT*

Dilansir dari id.scribd.com
Budaya di Kalimantan juga bisa dilihat melalui rumah adat yang biasa diduduki oleh warga/penduduk setempat. Rumah adat di Kalimantan disebut juga Rumah Betang. Kebanyakan penduduk rumah Betang berasal dari suku Dayak yang banyak dijumpai di provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Untuk bentuk rumahnya memanjang dengan bagian hulu searah dengan matahari terbit dan hilirnya ke arah matahari terbenam.

*TARIAN DAERAH*

Tari yang cukup populer disana yaitu
–> Tari Baksa Kembang
Tari ini berasal dari Kalimantan Selatan. Tarian ini biasanya untuk menyambut tamu agung yang datang ke Kalimantan Selatan. Dan untuk para penarinya terdiri dari para wanita yang dapat ditarikan secara tunggal atau beramai-ramai.

Tarian ini juga menggambarkan seorang putri yang sedang hendak memetik bunga di taman dengan diiringi oleh tabuhan gamelan khas Banjar dan untuk busananya penuh dengan manik-manik.

*SENJATA*

▪︎Mandau
Mandau di percaya mempunyai unsur magis dan sering digunakan untuk perlengkapan tarian adat atau perlengkapan  untuk upacara adat.
Mandau memiliki tingkat kesaktian yang berbeda-beda tergantung perbuatannya, tingkat tingkat kesaktian mandau menjadi sangat tinggi karena proses pembuatannya
banyak lawan yang dipenggal.
Karena adanya perkembangan zaman, fungsi Mandau hanya berubah enjafi barang koleksi.

▪︎Talawang
Talawang salah satu senjata yang digunakan sering oleh suku Dayak untuk mempertahankan diri dari serangan musuh. Terbuat dari kayu yang kuat. Untuk bentuknya talawang persegi enam memanjang dengan ukuran kurang lebih satu meter dan lebar setengah meter.
Fungsinya yaitu berguna untuk menangkis serangan mandau dan tombak dari musuh.
Oh iya talawang juga menjadi pelengkapan tarian adat dan penggunaannya bersamaan dengan mandau.

*ADAT ISTIADAT*
Dilansir dari https://beelajar.com
• 1. Dahau merupakan upacara adat pemberian nama anak yang berasal dari Kalimantan timur. Namun, upacara adat ini biasanya diadakan keluarga yang memiliki keturunan bangsawan atau keluarga mampu dan terpandang di wilayah tempat tinggal.
• 2. Upacara Nyangahatan ini berasal dari Kalimantan Barat yang biasanya dipimpin oleh petugas adat yang menangani padi, disebut juga dengan Tuha Tahu. Tradisi ini dilakukan untuk menghindari gangguan saat proses penanaman padi, agar padi tumbuh dengan subur.

*MAKANAN KHAS*
Makanan yang paling populer dan menjadi favorit orang-orang yaitu : dilansir dari https://www-detik-com
1. Soto Banjar
Makanan ini berasal dari Kalimantan Selatan. Salah satu ciri khas dari makanan satu ini yaitu aroma dan cita rasa dari kuahnya yang kuat.

2. Ketupat Kandangan
Makanan ini berasal dari Kalimantan Selatan juga loh! Bahan utama dari makanan ini sudah pasti ketupat beras yang disajikan dengan kuah santan, dan lalu dipadukan dengan ikan gabus atau ikan haruan. Woahh jadi laper yaa, kelihatannya enak sekaliii!

Mungkin sampai sini dulu yaa pembahasan Budaya di Kalimantan, apakah disini sudah paham?? Kalau yang belum paham cermati lagi yaa!

Masih tetap semangat ga niih?? Harus tetap semangatttt yaaa warga smeppassa, dan jangan lupa belajar yaaaa 👋👋

 

 

Penulis : Millenia Najwa Kirana/7E

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG-20230901-WA0224

PERAYAAN LOMBA MEMPERINGATI HUT RI SMPN 1 PASIRIAN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh   Hallo SMEPPASSA!   Bagaimana nih kabarnya kalian semuanya? Semoga sehat selalu ya kalian tau tidak, smeppassa jawara mengadakan kegiatan perayaan yang memperingati HUT RI 17 Agustus 2023 tanggal 1 September 2023 di SMP NEGERI 1 PASIRIAN yang akan di Ikuti oleh kelas 7-9.Dengan memakai baju olahraga sekolah atau baju kaos kelas

Baca selengkapnya...
NGURISAN_20231222_162243_0000

TRADISI-TRADISI YANG ADA DI NUSA TENGGARA BARAT

Haloo warga smeppassa jawara 👋👋 Apa kabar niihh?? Masih tetap ceria gaa?? Pastinya masih dongg!! Oke, kira-kira apa yaa yang yang akan kita bahas hari ini? Hmm pasti pada penasaran kan?? Baik kali ini kita akan membahas tentang“Budaya di Nusa Tenggara Barat” Disana apakah ada tradisinya atau adat istiadatnya ? Ya pasti ada dong, apa

Baca selengkapnya...
50f31922113de7b21d1076a9c94db344

TARI TRADISONAL ACEH “SEUDATI”

Assalammualaikum warrahmatulahi wabarahkatuh.   Hai Sobat Smeppassa Jawara! Bagaimana nih, sudah siap untuk membahas Tarian Tradisonal yang berada di Aceh? Nah kali ini kita akan membahas Tarian Tradisional Seudati nih!   Tari Seudati adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari daerah Aceh. Tarian ini biasanya ditarikan oleh sekelompok penari pria dengan gerakannya yang khas

Baca selengkapnya...
024906300_1536935960-Snapshot_222

BUDAYA RUWAT AIR LUMAJANG

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Hai sobat smeppassa 👋🏻👋🏻👋🏻 bagaimana kabarnya? Baik-baik saja kan Pada artikel kali ini kita akan membahas Budaya di Lumajang yaitu Budaya Ruwat Air yang terdapat di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Seluruh Warga Desa Penanggal melakukan kegiatan sedekah desa dalam bentuk Ruwat Sumber Mata Air. Warga berkumpul di Sumber Mata Air

Baca selengkapnya...
Tari-Kinyah-Uut-Danum

TARIAN TRADISIONAL KALIMANTAN BARAT

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo semuanya! Apa kabar hari ini? Semoga sehat selalu ya Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Tari Monong yang berasal dari Suku Dayak, Kalimantan Barat. Tari Monong merupakan tari penolak penyakit supaya penderita dapat sembuh kembali. Tarian tersebut dihadirkan saat tetua atau dukun tengah dalam keadaan trance (di bawah alam sadar).

Baca selengkapnya...