MENGENAI TARI SINTREN DI JAWA BARAT

Assalamu’alaikum warohmatulohi wabarakatuh

 

Haii sobat SMEPPASSA👋🏻

Kita akan belajar dan mengenal Tari Sintren di Jawa Barat.

 

Tari Sintren

Tarian Sintren merukunkan mengandung unsur magis sehingga tidak boleh untuk dibuat mainan. Tari sintren ini biasanya dibawakan oleh seorang wanita yang mengenakan kostum khusus dan berkacamata hitam, sebelum melakukan tarian ini biasanya sang penari akan masuk ke dalam sebuah kurungan yang ditutup oleh kain.

 

Nama sintren yang ada pada tarian ini ternyata merupakan gabungan dari dua kata yakni si dan tren yang mana dalam bahasa Jawa kata si merupakan sebuah ungkapan panggilan yang memiliki arti ia atau dia, sedangkan kata tren berasal dari kata tri atau putri sehingga sintren memiliki arti si putri atau sang penari.

 

Kesenian tari sintren pada mulanya dipentaskan pada waktu yang sunyi di saat malam bulan purnama karena kesenian tari ini berhubungan dengan roh halus yang masuk ke dalam sang penari, namun kini pementasan tari sintren tidak lagi dilakukan pada malam bulan purnama melainkan dapat juga dipentaskan pada siang hari dan bertujuan untuk menghibur wisatawan serta memeriahkan acara hajatan.

 

Tari Sintren juga dipergunakan oleh para wali untuk menyebarkan dakwah Islam dan mengajarkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Penari sintren yang dalam keadaan tidak sadar dan kemudian menari, ketika dilemparkan uang dengan jumlah berapapun akan mengakibatkan penarinya jatuh dan tidak bisa berdiri sendiri sebelum didirikan oleh dalang sintren.

 

Menurut Ki Mamat yang merupakan dalang sintren dari sanggar tari Sekar Pandan, kesultanan Kacirebonan, nilai-nilai dakwah Islam yang dibawa oleh pagelaran sintren adalah:

 

1. Ranggap (Kurungan Ayam) bentuk kurungan ayam yang melengkung berusaha mengingatkan pada manusia yang menyaksikan bahwa bentuk melengkung itulah bentuk dari fase hidup manusia dimana manusia dari bawah akan berusaha menuju puncak, namun setelah berada dipuncaknya manusia kembali lagi ke bawah, dari tanah kembali menjadi tanah, dilahirkan dalam keadaan lemah akan kembali pada keadaan yang lemah pula.

 

2. Duit (Uang) uang yang dilempar membuat penari sintren langsung jatuh lemas bermakna di dalam kehidupan manusia jangan selalu mendahulukan duniawi, terlalu serakah ke duniawi akan membuat manusia jatuh.

 

Sumber: detik.com

 

Wasalamualaikum warohmatulohi wabarakatuh

 

Penulis: Vingit Fernando Dwi Pradana/9H

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG_20231225_183151

MENGENAL RUMAH ADAT DI JAWA

Hallo sahabat smepassađź‘‹đź‘‹kalian udah pada tau belum,pasti belum kan? ayuk, simak artikel di bawah ini!! Di sini kita akan mengenal beberapa rumah adat di Jawa ayuk,baca bersama sama !! – Pengertian Rumah Adat dilansir dari liputan6.com Rumah adat merupakan salah satu representasi kebudayaan yang palingtinggi dalam sebuah komunitas suku atau masyarakat.Rumah adat indonesia terdiri atas

Baca selengkapnya...
c5d843d61a790a14fd2fe1a4684e507b

PUISI – SAKSI BISU TARI BEDHAYA

Saksi bisu Tari Bedhaya Karya : Viona Avrenita    Lirih senandung gamelan Jawa  Menjamu sang pewaris tahta 9 penari melukis arah bintang  Menenun sejarah sejauh seluas angkasa   Asmara kanjeng ratu lagi raja Mataram  Terpatri dalam Tari Bedhaya Katawang  1001 syarat menjadi saksi sakral  Alunan cinta bangsawan    Warisan budaya milik ibu  Kan selalu seperti

Baca selengkapnya...

PAKAIAN ADAT SUMATERA UTARA

Assalamu’alaikum warohmatulohi wabarakatuh   Haii sobat SMEPPASSA👋🏻 Kita akan belajar dan mengenal berbagai Pakaian Adat yang ada di Sumatera Utara.    1. Pakaian Adat Mandailing Pakaian adat sumatera utara dari Mandailing masih menggunakan ulos. Perbedaannya dari suku lain adalah ulos dililitkan pada bagian tengah badan dan penggunaan hiasan kepala laki-laki dan perempuan.   Pakaian adat

Baca selengkapnya...
IMG_20230408_155742

KHATAMAN AL-QUR’AN DAN BUKA BERSAMA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Saat hari Sabtu 08 April 2023 OSIS Smeppassa periode 2022/2023 mengadakan acara Khataman Al-Qur’an dan buka bersama. Para OSIS mengundang guru, anggota OSIS periode 2021/2022, remas dan para ketua ekskul Smeppassa, seperti PMR, DP, dan EVO. Acaranya sangat seru sekali.Pembawa acara untuk kali ini adalah Fatima Az – Zahra dan Kirana Salsa.Pada

Baca selengkapnya...
IMG-20230727-WA0001(1)

FAKTA FAKTA TABLET TAMBAH DARAH

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh ⛑️Interarma Caritas⛑️   Fakta Fakta Tablet Tambah Darah   • Mencegah dan mengatasi anemia Wanita mengalami menstruasi setiap bulannya. Apalagi bila menstruasi ber- langsung cukup lama dan jumlah darah yang keluar sangat banyak, maka tubuh akan kekurangan zat besi.   • Meningkatkan daya tahan tubuh  Daya tahan tubuh adalah kemampuan tubuh dalam melawan

Baca selengkapnya...