MENANAMKAN RASA TANGGUNG JAWAB KEPADA SISWA AKAN KEWAJIBANNYA

Siswa mempunyai hak dan kewajiban , hak mereka adalah menerima pembelajaran ,memperoleh fasilitas-fasilitas yang ada di sekolah serta mendapatkan perlakuan yang baik dari para gurunya. Sedangkan kewajiban dan tanggung jawab siswa adalah, mengikuti kegiatan belajar di sekolah dengan disiplin dan tepat waktu,mengerjakan tugas-tugas yang diberikan disekolah sebaik mungkin,menjaga dan merawat fasilitas sekolah,berlaku jujur ketika ujian, tidak menyontek atau berbagi jawaban dengan temannya, menghormati dan menghargai warga sekolah yang lain,melakukan piket kebersihan kelas sesuai jadwal.
Dalam menjalankan kewajibannya itu lah kita bisa melihat karakter dari masing-masing siswa kita. Pendidikan karakter telah disisipkan didalam setiap mapel. Sesuai kurikulum 2013, yang mana bertujuan untuk pembentukan karakter. Karena bukan saja mereka itu mempunyai kapandaian tentang wawasan ilmu tetapi juga mempunyai karakter yang baik. Agar mereka memiliki integritas yang merupakan cerminan budaya bangsa , dan bertindak sopan santun dan ramah tamah dalam pergaulan sehari-hari. Selain itu harapan orang tua adalah generasi muda tetap memiliki sikap mental dan semangat juang yang menjunjung tinggi etika,moral,dan melaksanakan ajaran agama.
PAS (Penilaian Akhir Semester) sudah beberapa hari berlangsung, tanda siswa akan menerima rapot. Rapot adalah tolok ukur seberapa jauh kemampuan siswa dalam memahami pelajaran yang telah mereka terima. Namun didalam nilai rapot pun tidak hanya hasil PAS saja, tetapi juga nilai dari tugas-tugas harian,nilai ulangan harian, dan nilai PTS (Penilaian Tengah Semester) yang akan diolah sehingga menjadi nilai rapot.
Sebelum rapot dibagikan kepada para siswa, mereka harus memenuhi persyaratan, yaitu harus meminta tanda tangan kepada bapak ibu guru pengajar. Surat rekom itu harus terpenuhi dengan tanda tangan bapak ibu guru baru kemudian mereka layak untuk menerima rapot. Hal ini bertujuan untuk membiasakan siswa bertanggung jawab dengan tugas-tugasnya.

Demikianlah pembiasaan yang telah kami sepakati untuk syarat ,siswa bisa mendapatkan rapotnya. Alkhamdulillah dengan cara ini mereka berlomba-lomba untuk segera menyelesaikan tugas-tugas yang belum mereka selesaikan. Dari sisi positifnya adalah bapak ibu guru bisa mendapatkan nilai dari mereka yang belum mengumpulkan tugasnya, untuk siswa mereka bisa dilatih disiplin dan tanggung jawab dengan apa yang menjadi tugasnya, tidak hanya serta merta mereka mendapatkan nilai dengan cuma-cuma.

 

Penulis: Bu Umi Widayati

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG_20231025_033625_486

HARI SANTRI SMEPPASSA

Haii smeppassa Bagaimana nih kabarnya? Semoga sehat selalu ya..    Sebelumnya apa kalian sudah tahu kegiatan apa yang telah di lakukan oleh smeppassa jawara dua hari lalu?? Yahp, benar sekali smeppassa jawara mengadakan kegiatan hari santri yang begitu menarik Acara hari Santri ini di adakan dua hari berturut-turut yaitu hari Jum’at dan Sabtu pada tanggal

Baca selengkapnya...
IMG-20240204-WA0059

WISATA JATIM PARK 2 KOTA BATU MALANG JAWA TIMUR.

Wahana wisata modern sebagai tempat rekreasi dan taman belajar mengenal habitat hewan di alam liar. Di jatim park 2 batu Anda akan menemukan beberapa wahana yang beragam seperti: Reptile Garden, Aquarium, Savannah, Pasar Afrika dan area Naik Gajah. Masih ada lagi Fantasy Land, swimming pool, New Safari, Jelajah Benua, Batu Adventure Land dengan fasilitas ATV

Baca selengkapnya...
IMG-20230409-WA0023

KHATAMAN DAN BUKBER ( EDISI RAMADHAN )

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh     Hai sobat SMEPPASSA Bagaimana nih kabarnya?? Semoga tetap semangat ya dalam belajar. Kali ini ada berita kalian pastinya belum taukan?Yuk mari kita baca bersama-sama berita ini berjudul ” KHATAMAN AL-QUR’AN DAN BUKBER OSIS SMEPPASSA BERSAMA GURU REMAS DAN KETUA ESKUL”.   Pada kegiatan kali ini SMPN 1 PASIRIAN mengadakan kegiatan

Baca selengkapnya...

PRA-MPLS SMP NEGERI 1 PASIRIAN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh Gimana nih kabarnya setelah melewati masa liburan sekolah tahun ajaran baru, pasti seru dan senang kan. Oh iya, udah nggak kerasa ya, sudah tahun ajaran baru aja nih. Ngomong-ngomong soal ajaran baru, pastinya tidak luput dengan siswa baru, teman baru, kelas baru, pengalaman baru, dan MPLS. Apasih MPLS itu?MPLS yaitu singkatan dari

Baca selengkapnya...
20231209_175305_0000

Cerita Ujian Akhir Semester

Hallo Sabahat Smeppassa!!!    Gimana kabar kalian sekarang? tentuu baik yaaa  Jadi kita semua sudah melaksanakan PAS (Penilaian Akhir Semester), dimana siswa siswa mengerjakan soal nya sekarang berbeda dari tahun sebelumnya kenapa? karna sekarang siswa-siswi untuk melaksanakan PAS menggunakan Handphone atau laptop tapi di Smeppassa wajib menggunakan Handphone semua kecuali yang tidak memiliki Handphone maka

Baca selengkapnya...