IMG-20230420-WA0000
MANFAAT MENGONSUMSI KURMA SAAT BERPUASA

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
⛑️Interarma Caritas⛑️

Saat kita berbuka puasa, kita wajib mengonsumsi makanan yang sehat, seperti buah. Salah satu yang direkomendasikan adalah buah kurma, Selain memiliki rasa yang alami, buah kurma juga mengandung karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa.

Kurma menjadi salah satu buah yang mudah ditemui ketika memasuki bulan Ramadan. Buah kurma dikenal karena rasanya yang manis dan daging buahnya yang nikmat untuk dikonsumsi. Selain itu, kurma juga memiliki beragam kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh ketika berpuasa, seperti kalori, karbohidrat, serat, protein, magnesium, potasium, mangan, tembaga, zat besi, dan vitamin B6.

Manfaat mengonsumsi kurma saat bulan puasa:
1. Menjaga kesehatan otak
kandungan antioksidan dalam otak memberikan perlindungan terhadap peradangan dan stres oksidatif pada otak. Tentunya, hal ini dapat membantu kamu menjaga kesehatan otak sehingga kamu lebih fokus saat beraktivitas ketika menjalani ibadah puasa.

2. Menjaga kadar gula darah ketika berpuasa
Pada saat berpuasa, tubuh akan menggunakan gula yang disimpan dalam hati dan otot untuk menghasilkan energi. Hal ini menyebabkan kamu akan lebih rentan mengalami penurunan kadar gula darah ketika berpuasa. Untuk mengembalikan kadar gula menjadi normal, kamu bisa mengonsumsi buah kurma yang memiliki kandungan manis alami.

3. Menambah energi saat berpuasa
Kandungan kalori dan fruktosa dalam buah kurma membuat kamu menjadi lebih berenergi saat menjalankan ibadah puasa. Kandungan serat pada buah kurma juga bisa membantu kamu merasakan kenyang, sehingga sangat baik dikonsumsi saat berbuka maupun sahur.

4. Tinggi akan antioksidan
kurma mengandung anti oksidan yang berfungsi untuk mencegah peradangan serta radikal bebas. Ada sebanyak 3 jenis antioksidan paling potensial dalam kurma yakni:
• Flavonoid, jenis antioksidan yang ampuh untuk menurunkan inflamasi dan berpotensi menurunkan risiko diabetes, Alzheimer dan beberapa jenis kanker.
• Karotenoid, terbukti mendukung kesehatan jantung dan menurunkan risiko gangguan mata.
• Asam fenolat, dikenal dengan sifat antiinflamasi sehingga menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Terimakasih
#pmr_smeppassa
#didyouknow_pmr

 

Penulis : Fesgi Destian Ananta / 8A

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG-20240113-WA0066

MENGENAL RUMAH ADAT DI KALIMANTAN TENGAH

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh   Halo sobat Smeppassa!!   Disini kita akan membahas beberapa rumah adat dari Kalimantan Tengah    1. Rumah Betang Muara Mea Jenis rumah adat Kalimantan Tengah yang pertama adalah Rumah Betang Muara Mea.   Rumah Muara Mea memiliki tampilan yang lebih modern karena pada dinding dari rumah Muara Mea sudah diberikan cat

Baca selengkapnya...
IMG_20240221_163351

PEGUNUNGAN KENDENG

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haii SMEPPASSA JAWARA Rindu sekali ya rasanya ingin mendaki tapi bingung mau mendaki dimana, mendaki di pegunungan saja mungkin yuk. Ada salah satu sebuah pegunungan yang biasa sekali disebut dengan pegunungan kendeng, pegunungan tersebut adalah pegunungan kapur yang membentang di bagian utara Pulau Jawa. Lokasi pegunungan kendang ini ternyata mencakup dua

Baca selengkapnya...
IMG-20240112-WA0007

TARIAN ADAT YANG BERASAL DARI JAWA BARAT

Tari Jaipong   Haii Sobat SMEPPASSA👋🏻   Disini saya akan menyapaikan sesuatu tentang tari jaipong yang berasal dari jawa barat.   Mari kita simak artikel dibawah inii👇🏻👇🏻   Tari yang berasal dari Jawa Barat adalah salah satunya tari Jaipong. Mengutip laman Kemlu.goid, tari jaipong adalah kesenian tradisional dari Jawa Barat. Pertama kali dikenalkan Gugum Gumbira

Baca selengkapnya...
images

SENJATA TRADISIONAL KALIMANTAN TENGAH by Salwa Aulia P.A

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu Halo sobat smeppassa!! Disini kita akan membasah tentang beberapa senjata tradisional khas dari daerah kalimantan tengah. Ada beberapa senjata khas yang berasal dari kalimantan tengah, mulai dari yang beracun, apa bila senjata yang beracun ditangan orang yang salah maka itu akan berdampak buruk bagi kita, dan ada juga yang tidak beracun, tetapi

Baca selengkapnya...
IMG-20231226-WA0000

FILOSOFI MENDALAM DIBALIK NIKMATNYA NASI LIWET KHAS KOTA SOLO JAWA TENGAH

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, hallo sobat Smeppassa Jawara!!!👋 bagaimana kabar kalian pada kali ini? semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang maha esa.Pada edisi kali ini Mimin akan memberikan artikel tentang filosofi mendalam dibalik nikmatnya Nasi Liwet khas Solo Jawa Tengah.Yukk kepoin🤩      Pada Senin (30/1/2023), The Heritage Palace Kartasura, Sukoharjo, mengadakan Wisata Heritage Liwetan Kuliner

Baca selengkapnya...