IMG-20230222-WA0006
LANGKAH SEDERHANA MENCINTAI LINGKUNGAN

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

⛑️ Interarma Caritas ⛑️

 

Bagaimana sih langkah sederhana mencintai lingkungan?? Nah ada 4 langkah nih agar kita bisa mencintai lingkungan dengan cara yang sederhana. 

 

1. Membuang sampah pada tempatnya

 

Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang terbebas dari sampah. Membuang sampah sembarangan sudah sangat sering terjadi sehingga kita harus membuang kebiasaan tersebut sebagai bentuk mencintai lingkungan.

 

Harus disadari dengan membuang sampah pada tempatnya adalah bukti mencintai lingkungan sekitar dan kita ikut melestarikan lingkungan tersebut.

 

2. Menyiram tanaman di rumah

 

Mencintai lingkungan dapat dilakukan dengan menyiram tanaman di rumah. Banyak orang tentunya mempunyai tanaman seperti bunga, pohon maupun jenis tanaman lain yang perlu disiram. Ketika kita mau menyiram tanaman tersebut, maka kita turut andil dalam proses menjaga, mencintai dan melestarikan lingkungan sekitar. Hal tersebut harus menjadi kebiasaan dalam kehidupan kita.

 

 3. Ikut dalam penanaman kembali pohon

 

Dalam kehidupan ini, sering tentunya kita melihat bagaimana banyak aksi menanam kembali pohon yang sudah gundul atau disebut dengan reboisasi. Sebagai pecinta lingkungan, alangkah baiknya kita ikut serta dalam kegiatan tersebut.

 

Hal tersebut sebagai pembuktian cinta kita terhadap lingkungan dan ingin lingkungan tetap terawat dari tangan-tangan yang suka menebang pohon.

 

 4. Daur ulang sampah 

 

Cara lain adalah mendaur ulang sampah. Banyak sekali pengrajin yang membuat hasil kerajinan tangan yang bernilai ekonomis dengan bahan baku sampah plastik. Kita bisa menyaksikan bagaimana botol minuman plastik bisa diubah menjadi pohon hiasan, jadi asbak rokok dan karya lainnya yang indah.

 

Hal tersebut patut ditiru sebagai bentuk mencintai lingkungan agar kehidupan pun berjalan lancar dan tidak terjadi bencana alam.

 

Dengan adanya 4 (empat) cara tersebut, semoga kita makin mencintai lingkungan sebagai rumah kita sendiri. Sudah selayaknya kita menjaga lingkungan agar tetap asri dan terhindar dari bencana alam yang merugikan kita. Mari kita terapkan empat hal tersebut demi bumi tercinta ini.

 

Terima kasih

#pmr_smeppassa

#didyouknow_pmr

Penulis : Neva Briena Naila Putri

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG_20240503_192342

1 JAM SAJA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh    Haii sobat SMEPPASSA JAWARA  Tentunya kita semua ingin menjadi orang yang cerdas, dengan beberapa cara ini kalian dapat meluangkan waktu hanya 1 jam saja lho teman-teman namun dampaknya tidak akan main-main, apa sajakah mari kita simak 1. Berolahraga  Dengan berolahraga dapat menaikkan hormon dan cairan kimia dalam tubuh kita sehingga kalian

Baca selengkapnya...
IMG-20230527-WA0052

EXPO KORWIL SMEPPASSA

Halo teman – teman smeppassa, bagaimana nih kabarnya? pasti sudah tahu dong kalau beberapa hari kemarin ada Expo pendidikan di kabupaten lumajang, bagaimana nih menarik banget kan? pasti diantara kalian teman – teman smeppassa sudah tahu dong bagaiamana Stand Expo karena ada beberapa siswa yang mewakili kunjungan Expo.    Expo Korwil Pasirian sangat menarik banget

Baca selengkapnya...
20230601_072405

UPACARA BENDERA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI LAHIR PANCASILA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh   Halo sobat smeppassa 👋  Ada kabar terbaru nih dari smeppassa , pasti kalian penasaran hari ini ada apa sih di SMPN 1 PASIRIAN ???   Jadi tanggal 1 juni adalah hari memperingati KELAHIRAN PANCASILA , pada hari ini siswa siswi  di SMPN 1 PASIRIAN melakukan upacara bendera dalam rangka memperingati “HARI

Baca selengkapnya...
644e2dda7be76

WISATA TIRTOSARI LUMAJANG – SMP NEGERI 1 PASIRIAN

Hallo warga Smeppasa 👋🏻👋🏻Ada berita baru nih tentang Kabupaten Lumajang     “TIRTOSARI VIEW” Saat libur lebaran, sebagian orang memilih menikmati keindahan alam dengan berwisata. Di Lumajang, ada Wisata Alam Tirtosari yang direkomendasikan untuk para pecinta alam. Tempat ini berlokasi di kaki Gunung Semeru, Desa Penanggal, Candipuro, Lumajang atau sekitar 20 km dari pusat kota.

Baca selengkapnya...
Kuih-Bahulu

MAKANAN KHAS ACEH

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh  Hallo sobat Smeppassa!!   Jadi kali ini kita akan membahas tentang Makanan Khas Aceh Makanan khas Indonesia memang tidak ada habisnya untuk diulik, tak terkecuali wilayah Aceh. Zaman dulu Aceh merupakan tempat pertemuan para pedagang dari berbagai daerah, tidak heran kalau makanannya sangat beragam karena banyak dipengaruhi keragaman budaya. Kini, banyak warga

Baca selengkapnya...

PERHATIAN!

Masa Aktif Domain
Website Literasi Sekolah Anda
Akan Segera Berakhir

hari
jam
menit
detik

Masa Aktif Domain Website Literasi Sekolah Anda akan segera berakhir. Untuk memperpanjang Masa Aktif agar tetap dapat diakses, maka segera lakukan Pembelian Paket Perpanjangan!