IMG-20230224-WA0017
Kumpulan Cerpen

• Identitas karya

Judul : Kisah Bawang Merah dan Bawang Putih
Pencipta : Yudhistira Ikranegara
Penerbit : Dua Media
Naskah dan Ilustrasi : Tira Ikranegara
Editor : Trifia Astuti
Layout : Ikranegara
Halaman : 32 lembar halaman

• Orientasi

Buku ini berjudul BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH ini dapatlah di jadikan pedoman bagi orang tua atau guru untuk mendongeng pada anak-anak. Bawang Putih adalah gadis yang sudah tak punya ibu dan bapak. Bawang Putih juga di perintah mencari ranting-ranting kayu bakar untuk menanak nasi dan memasak. Namun gadis ini tak pernah mengeluh. Ia jalani hidup dengan tabah, walau kadang ia juga merasa di perlakukan tidak adil oleh ibu tirinya.

• Sinopsis

Bawang putih dan bawang merah telah memberikan pelajaran untuk pembaca bahwa janganlah kalian berbuat jahat atau tidak adil sama seseorang hanya karena ia seorang anak tiri atau bukan keluarga kandung, karena perbuatan itu tidak baik dan setiap perbuatan pasti ada balasannya bukan? Dan balasan itu akan tiba di suatu saat nanti.

• Analisis

Tema : Bawang Merah dan Bawang Putih di perlakukan tidak adil namun terdapat balasan yang setimpal dengan perbuatannya.
Penokohan: Bawang Putih, Bawang Merah, Ibu tiri bawang putih, Pangeran, Patih, dan Pengawal.
Alur : Maju

• Evaluasi

Kelebihan : kisah ini atau dongeng ini membuat wawasan menjadi lebih luas dan lebih terbuka jalan pikirannya dan gambar yang ada di cerita sangat bagus sehingga membuat pembaca menarik.
Kekurangan : Dongeng ini perlu di perjelas lagi soal kisah bawang putih yang tiba-tiba punya ibu tiri, maksudnya kurang detailnya.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG_20240204_074121

UNIKNYA MONUMEN DARI KNALPOT BRONG

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haii sobat SMEPPASSA JAWARA Sebagai anak remaja tidak jarang sekali ditemukan sepeda-sepeda yang berknalpot brong, namun seperti yang kita ketahui juga bahwa knalpot brong itu tidak diperbolehkan karena kebisingan suaranya yang dapat mengganggu konsentrasi dari pengendara lainnya sehingga ditakutkan akan menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Namun di sisi lain berbeda dengan keunikan

Baca selengkapnya...
Lontong-Sayur

MENGENAL MAKANAN KHAS SUMATERA BARAT

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.  Hallo sobat SMEPPASSA JAWARA  Di sini kita akan membahas tentang makanan khas Sumatera Barat. Makanan khas Sumatera Barat salah satu nya adalah lontong sayur, biar lebih jelas mari simak penjelasan dibawah ini:  • Lontong Sayur Makanan khas Padang yang tak kalah populer dari rendang adalah lontong sayur. Makanan yang biasanya dijadikan menu

Baca selengkapnya...
1000076540

MENGENAL TARI INDANG SUMATERA BARAT

Hallo Sobat Smeppassa!! Kalian tau gak sih budaya di Sumatera Barat banyak sekali. Salah satunya yaitu Tari Indang. Asal usul Tari Indang dapat ditelusuri kembali ke masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat, Indonesia. Tarian ini memiliki akar dalam kehidupan sehari-hari dan tradisi masyarakat Minangkabau. Meskipun tidak ada catatan pasti tentang sejarahnya, Tari Indang diyakini telah ada

Baca selengkapnya...
IMG_20231022_104709_912

Hari Santri Smeppassa

Hallo!! teman teman Smeppassa Kira kira tanggal 20 sampai dengan tanggal 22 Oktober memperingati hari apa ya?? Yaa betul sekali tanggal 20 sampai tanggal 22 Oktober adalah memperingati Hari Santri Nasional 2023. Dimana semua siswa dan siswi di harapkan memakai baju putih baik pria maupun wanita dengan syarat yang di tentukan oleh sekolah masing masing.

Baca selengkapnya...
IMG-20230322-WA0030

*Pelantikan remaja masjid SMP Negeri 01 PASIRIAN 2022/2023*

*Artikel* ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABAROKATUH    Halo teman teman smeppasa!! Kalian tahu hari ini ada kegiatan apa di organisasi remas smeppasa?!   Bagi yang tidak tahu hari ini REMAS (Remaja masjid) SMP NEGERI 1 PASIRIAN , telah melaksanakan atau melakukan pelantikan!  Wah , kelihatan sangat menarik yahh?!  Kalian pasti penasaran apa saja kegiatan tadi yang telah

Baca selengkapnya...