Screenshot_20230629-173517_Video Player
KEGIATAN IED ADHA SMEPPASSA

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hallo teman – teman smeppassa, bagaiamana nih kabarnya? disaat masa – masa liburan? menyenangkan sekali kan tentunya. 

Hari ini adalah tepat hari idul adha tahun 1444H, tentunya seluruh umat muslim di dunia menyambut idul adha ini dengan penuh rasa haru, dimana seperti biasanya ada kegiatan sholat ied, yang jarang dilakukan oleh umat islam, hanya 2 kali dalam 1 taun loh, pasti kalian sudah tahu kan? 

 

Kegiatan di Smeppassa apa saja sih saat menyambut Idul adha taun ini? Wah tentunya sangat menyambut dengan perasaan riang gembira, saat pagi kita sholat ied bersama di masjid roudhotu tholibin, jamaahnya sangat ramai sekali nih teman – teman, mulai dari siswa siswi, warga sekitar, dan bapak ibu guru, Idul adha taun ini yang menjadi imam adalah guru PAI loh bapak Iswahyudi, sedangkan khatib adalah Bapak Kepala sekolah, yaitu bapak Abusaman. 

 

Sebelumnya saya mau mengulas sedikit nih ceramah yang disampaikan oleh bapak kepala sekolah kita, jadi… 

Nabi Ibrahim menikah dengan Siti Hajar dan dikaruniai seorang putra yang diberi nama Ismail

Suatu malam, Nabi Ibrahim mendapatkan mimpi bahwa ia diperintahkan oleh Allah Swt. untuk menyembelih putra kesayangannya, saat itu Ibrahim sudah tumbuh menjadi anak yang bertanggung jawab dan sudah bisa membantu pekerjaan Nabi Ibrahim. 

Dengan adanya mimpi tersebut beliau bingung, mana mungkin ia membunuh anaknya sendiri yang sangat ia sayangi, namun karena ia taat dan patuh kepada Allah ia menurut perintah dari Allah, namun sebelum disembelih tiba- tiba Nabi Ismail berubah menjadi kambing. 

Wah, betapa besar keajaiban dan mukjizat dari Allah , dari peristiwa ini maka diadakanlah Qurban setiap tahun pada saat hari raya Idul adha. 

 

Tak berhenti disitu saja acaranya, setelah acara ini ada acara lagi nih yaitu memotong hewan Qurban, wah ini tentunya sangat melelahkan bagi panitia dan bapak ibu guru, namun kita tak mudah menyerah dan selalu semangat, karena kita yakin lelah kita akan menjadi berkah dan banyak syafaat. 

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Penulis : Apriliah Waluyanti/8C

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Merokok(dpn)-min

KENALI TANDA-TANDA BAHAYA MEROKOK

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh   Hai sobat smeppasa!! kali ini kita akan memberitahu ni tentang bahaya merokok bagi kesehatan     Merokok merupakan aktivitas yang berdampak merugikan bagi kesehatan individu, keluarga, masyarakat dan lingkungan, baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga perlu upaya pengendalian dampak rokok terhadap kesehatan. Sebab dalam rokok tersebut terkandung lebih dari 4000

Baca selengkapnya...
temp_thumb-1658299943

MAKANAN KHAS SUMATERA BARAT

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh Halo sahabat SMEPPASSA👋🏼👋🏼👋🏼Kalian pasti ga asing kan dengan makanan khas sumatera ini?Yap!!Ini adalah rendang Rendang sebenarnya bukanlah nama makanan. Tapi merujuk pada lamanya waktu memasak daging agar teksturnya menjadi empuk dan kering serta beraroma rempah sehingga daging berwarna kecoklatan. Teknik memasak ini menjadikan rendang punya citarasa yang sangat lezat. Hingga CNN pada

Baca selengkapnya...
IMG-20231228-WA0006

Mengenal Makanan Papeda

Halo sobat Smepassa!, gimana nih kabarnya, alhamdulillah lah kalau kabarnya baik, nah kali ini saya akan menceritakan tentang makanan khas papua yaitu papeda, apa itu makanan papeda?  Papeda adalah makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau bubara yang dibumbui dengan kunyit.[2] Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar. Papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol, dan cukup bernutrisi. Sajian:menu utama

Baca selengkapnya...
CERPEN

CERPEN_RONA JINGGA DI LANGIT SENJA

RONA JINGGA DI LANGIT SENJA SIFRENI MIRA YUSIANA “Sudah mendekati 500 like,” Faurenzo mendesis. Dengan penuh kebanggaan matanya menatap lekat poster miliknya yang diunggah di Instagram sekolah. Di antara 58 poster bertemakan lingkungan yang diunggah, miliknya yang paling banyak mendapatkan like.  Tiba-tiba muncul notifikasi merah di gambar pesawat pojok kanan atas.  “Hai, selamat ya!  Poster

Baca selengkapnya...
IMG-20231001-WA0029

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD

Halo SMEPPASSA!   Setiap tahun, umat Islam merayakan Maulid Nabi untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW pada tanggal 12 bulan Rabiul Awal. Memperingati Maulid Nabi Muhammad merupakan salah satu momen penting bagi sebagian besar umat Muslim. Tak hanya di tingkat masyarakat umum, perayaan Maulid Nabi juga sering diselenggarakan di berbagai institusi pendidikan, termasuk Sekolah Menengah

Baca selengkapnya...

PERHATIAN!

Masa Aktif Domain
Website Literasi Sekolah Anda
Akan Segera Berakhir

hari
jam
menit
detik

Masa Aktif Domain Website Literasi Sekolah Anda akan segera berakhir. Untuk memperpanjang Masa Aktif agar tetap dapat diakses, maka segera lakukan Pembelian Paket Perpanjangan!