JASA GURU DI HARI GURU SEDUNIA

             Hari ini adalah World Teacher’s Day, peringatan hari guru sedunia. jika hari guru nasional di Indonesia jatuh pada tanggal 25 November, sekarang tanggal 5 Oktober seluruh dunia sedang merakayan hari guru.

 Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Sebagai siswa tentunya kita adalah orang yang dekat dengan mereka. Mereka merupakan pion penting bagi bangsa dan Negara, karena merekalah yang mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas. Jasa para guru sering kita anggap remeh. Namun dedikasi mereka lebih besar dari yang kita bayangkan. Terlebih lagi setelah mewabahnya virus Corona ini, mereka harus bekerja lebih keras dan beradaptasi dengan keadaan. Seperti berubahnya pembelajaran menjadi daring.

        Belum lagi saat berurusan dengan siswa yang bandel, kesabaran guru diuji, namun dengan penuh perhatian dan telaten para guru tetap membimbing siswanya untuk terus belajar. Para guru berusaha sekuat tenaga untuk memberikan pembelajaran yang efektif kepada muridnya meskipun di masa pandemi seperti ini. Pola pembelajaran yang dilakukan para guru juga bervariasi tergantung pada individunya, sehingga membuat murid memiliki banyak pilihan belajar.

Sebagai seorang pelajar, marilah kita maknai hari guru ini dengan mengevaluasi diri. Karena pandemi kita lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, olek karena itu banyaknya waktu kita ini gunakanlah untuk hal-hal yang bermanfaat. Kita bisa belajar melalui situs-situs pendidikan di internet, aplikasi belajar dan membaca e-book dan membaca berita ataupun artikel. Di era digital ini pembelajaran tidak harus melalui buku paket yang diberikan oleh sekolah, kita sudah dilengkapi dengan teknologi canggih yang dapat mengakses informasi dengan mudah, namun perlu kita pilah-pilah dan saring dulu informasi yang baik dan yang buruk, dan jangan sampai kita termakan hoax.

Di zaman modern ini kita bisa belajar sendiri melalu gadget yang kita punya. Kita tidak harus hanya “disuapi” oleh guru-guru kita. Jika kita berpikir bahwa belajar sendiri itu bikin malas dan membosankan, cobalah ingat perjuangan para guru kita, mereka  mengabdikan tenaga, keringat dan air matanya untuk pendidikan para muridnya, yaitu kita semua. Untuk menghargai perjuangan mereka seharusnya kita menghadiahkan prestasi dan semangat belajar yang tinggi untuk para guru-guru kita.

Jika kita menjadi orang yang sukses di masa depan tentu hal tersebut akan membuat senag dan bangga guru-guru kita, karena itu tandanya perjuangan mereka dalam mendidik kita berhasil. Teruntuk para guru di seluruh dunia, Terima Kasih banyak. Terima Kasih atas segala jasa yang kau berikan, semua penat, keringat yang jatuh dan dedikasi yang kau abdikan tidak akan kami sia-sia kan. Terima Kasih karena telah mendidik kami dengan penuh kesabaran di segala kondi. Semoga semua peluh dan kesahmu dijadikan berkah oleh Sang Maha Kuasa.

TERUNTUK PARA PAHLAWAN PENDIDIKAN, SELAMAT HARI GURU SEDUNIA.    

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

MPLS 2023 – SMP NEGERI 1 PASIRIAN

Assalamu’alaikum Haii SMEPPASSA👋🏼 Bagaimana nih kabarnya? Semoga senantiasa dalam keadaan sehat dan bahagia Oh iya, kemaren tanggal 17,18,20 Juli 2023 SMEPPASSA melaksanakan MPLS, 𝗠𝗣𝗟𝗦 𝗱𝗮𝘆 𝟭Siswa baru menunggu di depan masjid ROUDLOTUTH THOLIBIN SMPN 1 PASIRIAN, Kakak pendamping langsung menghampiri siswa baru untuk di ajak ke depan aula dan melakukan absensi Jam 06.45 – 07.00

Baca selengkapnya...
IMG_20231019_172522_654

ENGLISH SHORT MOVIE 2023

ESHOM adalah sebuah event yang diadakan oleh kegiatan mgmp guru Bahasa Inggris di Kabupaten Lumajang. Event ini selalu diadakan setiap 4 tahun sekali, dimana pada tahun ini jatuh pada bulan Oktober. Event ini umumnya adalah sebuah acara festival film pendek berbahasa inggris. Event ini juga diikuti oleh seluruh SMP Swasta dan Negeri di Kabupaten Lumajang.

Baca selengkapnya...
20230901_091308

LOMBA 17 AGUSTUSAN DI SMEPPASSA

Hallo Smeppassa !!!!! Bagimana kabar kalian ?? Tentunya baik bukan, kali ini di Smeppassa ada keseruan apa lagi yaa ??Jadi pada tanggal 1 September 2023 Smeppassa mengadakan lomba dalam rangka 17 agutusan, kira-kira ada lomba apa saja yaa??Yuk baca bersama-sama Dalam rangka lomba 17 agustusan kali ini Smeppassa mengadakan lomba estafet putra dan putri, lalu

Baca selengkapnya...

TEMPAT WISATA YANG ADA DI PAPUA

Assalamu’alaikum warohmatulohi wabarakatuh   Haii sobat SMEPPASSA👋🏻 Kita akan belajar dan mengenal berbagai Tempat Wisata yang ada di Papua.    1. Danau Sentani Danau terbesar di Papua yang memiliki panorama fantastis dan jadi kebanggaan masyarakat lokal! Apalagi kalau bukan Danau Sentani yang terletak di Kabupaten Jayapura. Danau dengan luas 9.360 hektare ini merupakan sumber air

Baca selengkapnya...
calung1

MENGENAL SEJARAH DAN CARA MEMAINKAN ALAT MUSIK CALUNG

Musik sudah menjadi bahasa universal yang menghubungkan manusia dari berbagai latar belakang budaya. Di Indonesia, setiap daerah memiliki alat musik tradisionalnya sendiri yang mencerminkan kekayaan budaya lokal. Salah satu alat musik tradisional yang unik adalah Calung yang berasal dari Jawa Barat. Detikers, kali ini kita akan membahas soal alat musik Calung yang dilansir dari berbagai

Baca selengkapnya...