IMG_20231120_210801
JADILAH PRIBADI YANG SELALU MENJAGA KEBERSIHAN

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Haii SMEPPASSA JAWARA

Bagaimana nih kabarnya? Semoga sehat selalu ya.

Pada pembahasan kali ini mari kita sedikit membahas pentingnya menjaga kebersihan bagi umat Islam menurut Gus iqdam. 

Pendakwah muda yang bernama Agus Muhammad Iqdam Kholid atau sering disebut Gus Iqdam menerangkan pentingnya menjaga kebersihan bagi umat muslim. Kebersihan ternyata berkesenambungan dengan yang dianjurkan Rasulullah kepada umatnya agar memiliki akhlak dan pribadi yang bersih.

“Akhlak orang yang beragama adalah akhlak orang yang bersih”tutur Gus Iqdam. Kalian dapat melihat di youtube Gus Iqdam Official.

Beliau mengatakan, menjaga kebersihan sebuah hal yang wajib bagi umat muslim. Seperti contohnya kebersihan badan, pakaian, dan tempat tinggal yang perlu diperhatikan dan ditanamkan. Menurut Gus Iqdam orang yang kebersihannya terjaga akan sulit terkena penyakit. “Orang yang bersih susah terkena penyakit,”ucap Gus iqdam.

Gus Iqdam menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW menyukai orang-orang yang pakaiannya bersih dan wangi. Karna pakaian yang bersih dan wangi bisa menambah kecerdasan dalam otak juga lho.. 

“Barangsiapa yang bersih pakaiannya maka akan sedikit kesusahannya” kata Gus Iqdam menyitir hadist riwayat Imam Syafi’i.

Gus iqdam juga menyarankan agar jamaah selalu menjaga kebersihan rumah. Karna, kebersihan perlu dijaga setiap saat supaya terhindar dari penyakit, serta para malaikat juga tidak suka masuk kerumah yang kotor.

“Membersihkan rumah adalah salah satu tindakan positif untuk menghilangkan kesusahan dalam pernikahan. Karena rumah yang bersih juga memberikan rasa nyaman dan bahagia bagi penghuni maupun pengunjung” jelas Gus iqdam.

Dijelaskan juga, bahwa kebersihan diri, pakaian, dan rumah adalah tanda bahwa orang tersebut merupakan diri yang taat beragama. Beliau juga mengatakan bahwa berpenampilan yang menarik dan bersih merupakan bentuk dakwah.

“Kebersihan juga harus ditanamkan di hati kaum muslim sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Apalagi kebersihan merupakan salah satu pondasi kokohnya suatu agama” jelasnya.

Ternyata kebersihan itu memang penting ya, bukan untuk kesehatan tubuh kita saja melainkan juga termasuk dalam bentuk dakwah. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Penceramah: Gus iqdam

Penulis: Novi Arini/9C

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG-20240216-WA0105

SENI ITU ABADI DAN AKAN SELALU DIKENANG

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh 💕Selamat menunaikan ibadah sholat shubuh💕 18 Februari 2024 21hari menuju ramadhan    “Seni itu abadi dan akan selalu di kenang”seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu dilihat dari segi kehalusan dan keindahannya.    Seni juga diartikan sebagai karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa, seperti tari, lukisan, dan ukiran. Seni merupakan

Baca selengkapnya...
IMG_20231218_172921

IMPIAN DUNIA AKHIRAT

Impianku Rela berkorban untuk menggapaimu Hembusan nafas senantiasa mengiringi perjuanganku Apapun tantangannya,aku tidak pernah tumbang. Meskipun diri ini lemah, usaha dan do’a tidak pernah ranah hingga akhir hayat.                       Namun,aku insaf.                        Apapun kepuasan di 

Baca selengkapnya...
IMG-20231001-WA0000

PERTOLONGAN PERTAMA LUKA LECET

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ⛑️Imterarma Caritas⛑️   Pertolongan Pertama Luka Lecet.    Luka lecet pada kulit disebabkan oleh gesekan atau garukan. Biasanya, lapisan luar kulit hilang dan daerah tersebut mengeluarkan cairan keruh atau darah. Tanah, pasir dan bahan-bahan lain juga sering menempel di tempat tersebut. Apabila luka lecet sudah kemasukan kotoran, segera dibersihkan. Adapun tindakan yang

Baca selengkapnya...
IMG-20240122-WA0003

PECEL TUMPANG KEDIRI-SMPN 1 PASIRIAN

Pecel adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang konsepnya mirip dengan salad di luar negeri. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis pecel. Salah satunya pecel tumpang, makanan khas kediri, Jawa Timur. Terdiri dari sayuran rebus yang diletakkan dalam satu wadah kemudian ditaburi dengan dressing atau saus yang kental seperti saus kacang, pecel menjadi semakin nikmat.

Baca selengkapnya...
IMG-20240107-WA0002

JANGANLAH KAMU MELIHAT KEPADA KECILNYA MAKSIAT,AKAN TETAPI LIHATLAH KEPADA SIAPA ENGKAU BERMAKSIAT

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh💕Selamat menunaikan Ibadah sholat subuh💕26 Safar 1445 H12 September 2023 “Janganlah kamu melihat kepada kecilnya maksiat, akan tetapi lihatlah kepada siapa engkau bermaksiat”Dosa kecil yang diremehkan sangat berbahaya karena jika dilakukan terus menerus, dapat menjadi dosa besar yang berdampak buruk pada hati kita. Dalam Islam, dosa besar atau kecil tetap saja membuat hati

Baca selengkapnya...