f18fa3d4c13e8e292d8a77ad5e70cd4b
JADIKAN PANCASILA SEBAGAI PEDOMAN DALAM BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT; EDISI HARI PANCASILA

Hari Lahir Pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni yang ditandai oleh pidato yang dilakukan oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno pada 1 Juni 1945. Pemilihan tanggal 1 Juni sebagai hari lahir pancasila merujuk pada momen sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan/BPUPKI) pada 1 Juni 1945. Pada sidang tersebut, Soekarno dalam pidatonya yang berjudul “Lahirnya Pancasila” berkesempatan menyampaikan gagasannya mengenai konsep awal pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia. Pidato ini disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan kemudian diberi judul “Lahirnya Pancasila”. 

Pancasila sendiri merupakan dasar negara Indonesia yang sah dan dicantumkan dalam Undang-Undang Dasar 1945. Pancasila terdiri dari lima sila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Pancasila menjadi dasar negara Indonesia yang mengikat seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali. Hari Lahir Pancasila bukan hanya sekedar peringatan sejarah, tetapi juga sebagai momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Pancasila menjadi landasan berkeperilakuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Oleh karena itu, Pancasila harus senantiasa dijaga dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara Indonesia.

Penulis: Fathimah Az Zahra/8i

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG_20240204_074121

UNIKNYA MONUMEN DARI KNALPOT BRONG

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haii sobat SMEPPASSA JAWARA Sebagai anak remaja tidak jarang sekali ditemukan sepeda-sepeda yang berknalpot brong, namun seperti yang kita ketahui juga bahwa knalpot brong itu tidak diperbolehkan karena kebisingan suaranya yang dapat mengganggu konsentrasi dari pengendara lainnya sehingga ditakutkan akan menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Namun di sisi lain berbeda dengan keunikan

Baca selengkapnya...
rumah-adat-gadang

8 rumah adat yang berada di Sumatera Utara

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhHAII SOBAT SMEPPASSA 👋👋👋👋 Apa kabar nih?Sudah tau belum? pasti belumkan?Nah, jadi disini saya akan menjelaskan apa saja budaya yang ada di Sumatera Utara yang berupa rumah adat yang berada di Sumatera Utara Dilansir https://www.switour.com/rumah-adat-sumatera-utara/ Rumah adat Sumatera Utara sangat identik dengan suku Batak dengan keunikan budaya Batak yang khas. Rumah tradisional di

Baca selengkapnya...
IMG-20230703-WA0001

PENGERTIAN HEPATITIS

Halo semuanya gimana nih kabarnya? semoga selalu baik ya. Hari ini kita akan membahas seputar kesehatan, kesehatan itu sangat penting loh bagi tubuh kita. Karena jika kesehatan itu hilang kita akan merasa bahwa kesehatan itu sangatlah berharga. Hepatitis merupakan kondisi peradangan hati. Beberapa jenis hepatitis dapat tergolong ringan, tapi jenis lainnya dapat membuat kondisi hati

Baca selengkapnya...
IMG_20231230_134718

RUMAH ADAT KALIMANTAN TENGAH

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo teman-teman SMEPPASSA JAWARA 👋🏻👋🏻 Apakah kalian tahu tentang Rumah Adat yang berada di Kalimantan Tengah?? Pasti semua belum pada tahu kan??? Jika kalian ingin mengetahui lebih dalam tentang Rumah Adat tersebut, Ayoo kita simak artikel di bawah ini!! Rumah adat Kalimantan Tengah yang berada di Desa Tumbang Anoi adalah rumah Betang

Baca selengkapnya...
WhatsApp Image 2023-11-16 at 5.02.29 AM

just don’t be afraid about mistakes!!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Good morning, everyone! ☀️ Thursday, 16th of November 2023#EnglishVolunteersofSmeppassa#185_evosquote#don’t_afraid_to_fail Never be afraidto fall, don’t be afraid to fail, don’t be afraid of being wrong, because our moments scare a lotthing, we will never get anything, we will never learn, and will never get anything. Jangan pernah takutuntuk jatuh, jangan takut gagal, jangan

Baca selengkapnya...

PERHATIAN!

Masa Aktif Domain
Website Literasi Sekolah Anda
Akan Segera Berakhir

hari
jam
menit
detik

Masa Aktif Domain Website Literasi Sekolah Anda akan segera berakhir. Untuk memperpanjang Masa Aktif agar tetap dapat diakses, maka segera lakukan Pembelian Paket Perpanjangan!