GORESAN TINTAKU UNTUK DRS. WANIRAN, M.PD

Saya guru Bahasa Indonesia di SMPN 01 PASIRIAN saya mutasi pada bulan Agustus 2021. Jadi masih terbilang baru aku berada di SMP ini. Terima kasih kepada Bapak Drs. Waniran, M.Pd yang telah menerima saya sebagai guru mata pelajaran di sekolah favorit ini. SMPN 01 PASIRIAN merupakan sekolah terbaik. Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya sekolah di sini. Mereka  percaya akan mutu pendidikan di sekolah ini. Saya bangga bisa mendidik peserta didik yang kebanyakan sudah mempunyai kemampuan dasar, sehingga pendidik di sini tinggal mengarahkan.

Kemajuan sekolah tak luput dari peran serta Kepala Sekolah Bapak Drs. Waniran, M.Pd beliau Pemimpin yang tak banyak bicara dan ulah. Beliau sangat pendiam. Kami jarang omong, kecuali ada kepentingan. Setiap Pemimpin mempunyai karakter sendiri sendiri itu tidak mengurangi rasa hormat saya kepada Beliau.

SMPN 01 PASIRIAN di bawah Pimpinan Beliau menjadi sekolah favorit dan sekolah percontohan bagi sekolah-sekolah lain. Pada masa pandemi pembelajaran tatap muka dimulai dari 50 persen, lalu 75 persen sekarang 100 persen, kalau saya amati waktu penerapan seperti itu sekolah lain masih melaksanakan pembelajaran daring. Banyak wali murid yang mengeluh kapan anaknya bisa masuk sekolah itu untuk sekolah yang belum melaksanakan tatap muka. Masa pandemi sudah cukup lama, anak-anak sangat merindukan sekolah sekarang mereka sudah kembali ke bangku sekolah dengan harapan tak ada lagi kendala. Pembelajaran daring saya yakin banyak kendala penyerapan materi tidak akan tercapai 100 persen.

Saya amati taman asri yang ada di sekolah kami itu hasil penataan Kepala Sekolah dibantu petugas kebersihan. Bapak Drs. Waniran, M.Pd tidak segan-segan turun langsung menangani penataan taman depan ruang guru yang asri. Kini hasilnya taman depan ruang guru sangat asri.

Sekolah SMPN 01 Pasirian sebagai sekolah juara berkat Pembina OSIS Ibu SIFRENI YUSIANA S.Pd berkat Beliau pengurus OSIS dibina tentang kepemimpinan dan berorganisasi. Jiwa kepemimpinan yang diterapkan oleh Pembina OSIS akan menjadi bekal bagi peserta didik untuk masa mendatang. Mereka tidak akan canggung, apabila nanti terjun di lingkungan lain.

Sekolah SMPN 01 Pasirian juga menjadi Juara Literasi Nasional ini juga berkat kerja keras Pembina OSIS Yang didukung oleh peserta didik yang aktif  menulis. Peserta didik di SMPN 01 Pasirian, memang kompeten segala macam ilmu.

Sekarang Pemerintah menerapkan system zonasi untuk PPDB, meskipun begitu masih banyak peserta didik berkompeten. Sekolah kami juga unggul dalam ilmu berkarakter. Ilmu berkarakter sangat penting diterapkan untuk membentuk watak dan kepribadian yang baik.

Drs. Waniran, M.Pd adalah sosok Pemimpin yang sederhana di balik sifat sederhananya Beliau sangat disegani di kalangan kami. Kami sebagai anak buah  menaruh hormat dan simpati pada Beliau.  Sayangnya sebentar lagi Beliau purna tugas, tetapi Beliau tetap di hati kami.

Saya ingin mengapresiasi sosok Beliau lewat sebuah syair.

 

Puisi untuk Bapak Drs.Waniran.M.Pd.

Tiada kata terucap

Hanya sinyal tersirat

Memantul cahaya kemerlap

Menyinari jiwa suci abadi

 

Engkau sosok impian

Jiwa-jiwa dahaga haus kasih

Engkau siram hal berbau religi

Terasa sejuk sampai ke relung hati

 

Seandainya waktu bisa kembali

Kami para guru SMPN 01 Pasirian

Ingin merajut kebersamaan

Ingin merasakan bimbingan

 

Ingin menuntaskas segala rindu

Lebih lama lagi

Kenapa waktu tak jua berhenti

Malah makin cepat berlalu

 

Mengharu biru angan tak sampai

Tapi cinta ini menggurat nadi

Tersimpan rapat tak tergores

Engkau sosok pendiam dan pengertian

 

Tak pernah memarahi memaki kami

Kesan penyabar merekat erat

Mengisi kisi-kisi lorong hatiku

Sampai batas waktu berhenti.

Sambil mengajar aku selalu memandang keluar. Di depan kelasku bunga-bunga bermekaran, ditiup angin sepoi-sepoi. Rasa panas terik mentari terasa sejuk, apabila kupandang taman di depan kelas yang asri. Ini  akan menjadi kenangan terindah dan tak terhapus oleh waktu.

Karya Enyk Lestariwati, S.Pd

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

6480325e941443f6b25f1a8bff6ab472(1)

TIPS POLA HIDUP SEHAT

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh ⛑️Interarma Caritas⛑️   Di era modern seperti sekarang ini, biasanya banyak orang yang kurang suka menerapkan pola hidup sehat. Padahal itu tidak baik bagi kesehatan tubuh.   Adapun berbagai macam tips untuk menjaga pola hidup yang sehat   1. Mengonsumsi makanan bergizi dengan porsi seimbang Tubuh tak hanya membutuhkan karbohidrat, lemak, dan

Baca selengkapnya...
tari-topeng

Mengenal Tari Topeng-SMP NEGRI 1 PASIRIAN

Halo sobat Smepassa!, gimana nih kabarnya? alhamdulillah kalo masih sehat, nah kali ini saya akan menjelaskan Tari Topeng apa itu Tari Topeng Tari Topeng adalah tarian khas dari Jawa Barat asli dari daerah Cirebon, termasuk Indramayu, Disebut tari Topeng, karena saat menari penarinya memakai topeng. Tarian ini telah mengalami perkembangan dalam gerakan maupun cerita. Terkadang

Baca selengkapnya...
d28786b8-4114-4725-bb39-9fc44ba519d9_43

Kebudayaan yang ada di Bali

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Haii warga Smeppassa👋👋  Apakah kalian sudah tau? Pasti belumkan… Ayuk,kita pelajari kebudayaan yang ada di Bali ! dilansir di.https://https://www.goodnewsfromindonesia.id/2023/03/13/mengenal-suku-bali-keragaman-budaya-dan-kepercayaannya Masyarakat bali terkenal akan kebudayaannya seperti seni tari, seni pertujukan, dan seni ukir. Hal ini lah yang membuat mereka dikenal sebagai seorang seniman karena ada berbagai aktivitas seni yang dapat mereka lakukan meskipun memiliki

Baca selengkapnya...
Screenshot_20231223-104313

CLASSMEET SEMESTER GANJIL TAHUN 2023

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh HAI SOBAT SMEPPASSA👋🏻👋🏻👋🏻 Pada tanggal 19-21 Desember diadakan classmeet di SMP NEGERI 1 PASIRIAN yang menandakan usainya ujian semester.   Lomba Senam dan Mini Soccer menyemarakkan classmeet tahun ini. kegiatan classmeet ini seru sekali dengan pertandingan Mini Soccer dan lomba senam yang diikuti oleh setiap kelas, guru-guru juga ada yang ikut mengikuti

Baca selengkapnya...
KERAGAMAN budaya di maluku_20231216_140217_0000

BUDAYA DI MALUKU

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhHalo semuanya! Disini ada yang tau nggak tentang budaya di Maluku? Kalo belum tahu mari kita bahas bersama-sama yuk! Masyarakat yang mendiami kepulauan ini terdiri dari berbagai suku asli Maluku dan sejumlah bangsa pendatang. Suku bangsa asli dari Maluku terus melestarikan tradisi serta budaya lokalnya. Daerah Maluku memiliki banyak suku diantaranya yaitu, suku

Baca selengkapnya...