OSP07224
ESHOM 2023 WITH ENGLISH VOLUNTEERS OF SMEPPASSA

Halo sahabat smeppassa!

Perkenalkan saya Fathimah Az Zahra, saya adalah salah satu anggota dari English Volunteers of Smeppassa atau yang lebih dikenal dengan EVO. Disini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya sebagai salah satu peserta English Short Movie 2023 yang diadakan oleh guru guru MGMP Bahasa Inggris se Kabupaten Lumajang.

ESHOM atau English Short Movie adalah suatu kompetisi dimana setiap sekolah membuat 1 video yang memiliki butir butir kehidupan yang terselip di dalamnya. Video yang ada, memiliki beragam tema. Sekolah satu dengan sekolah yang lain memiliki tema dan butir nilai yang berbeda sehingga penonton dapat menambah pengetahuannya tentang kehidupan sosial.

Dalam membuat video ini, kami (Team ESHOM smeppassa beserta pembina, Ma’am Sifreni dan Mr. Guntur Prasetya) menghabiskan waktu yang terbilang cukup untuk membuat 1 video dengan durasi kurang lebih 7 menit. Selain dibutuhkan kemampuan bermain peran yang baik ternyata dibutuhkan juga sebuah kerjasama yang baik. Kenapa dapat saya katakan kerjasama juga dibutuhkan? tidak hanya di proses editing, tetapi dalam proses pengambilan video kami harus bekerjasama agar semua dapat menghayati perannya dengan baik. Keadaan kami buat seolah olah nyata adanya, bukan hanya settingan semata. Dalam proses pengambilan video ini, kami juga saling mengorbankan waktu satu sama lain agar semua dapat berkumpul dan memulai pembuatan video. Walau terkadang hanya mendampingi, tetapi kehadiran setiap peran sangat penting dan berarti.

Disini bukan hanya saya, tetapi teman teman saya juga berlatih untuk dapat menghafalkan script dan mengucapkan kata demi kata dengan benar. Tentunya kami juga mendapat bimbingan dari Ma’am Sifreni dan Mr. Guntur Prasetya. Waktu yang kami gunakan untuk mendapat hasil yang terbilang cukup maksimal tidak sedikit. Dalam pembuatan video ini tentu ada beberapa kendala yang kami semua hadapi. Mulai dari salah satu pemeran yang berhalangan hadir, ada salah satu pemeran yang belum terlalu hafal dengan script atau adanya “take ulang” karena kami belum cukup puas dengan hasil video. Alhamdulillah nya, dengan kendala atau tantangan tantangan tersebut kami tetap dapat menyelesaikan video dengan tepat waktu.

Video kami memang mempelajari tentang kejujuran, tetapi dibalik itu, saya sebagai salah satu pemeran juga mendapat pembelajaran lain melalui pembuatan video ini. Saya yakin tidak semua orang mendapat kesempatan untuk mendapatkan dan merasakan pengalaman berharga seperti ini, saya kira saya cukup beruntung dapat berpartisipasi di kegiatan ESHOM ini.

Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim dan pembina yang dapat bekerja sama dengan baik selama proses pembuatan video hingga sampai di hari pengumuman kemenangan tiba. Semoga suatu saat kita semua dapat dipertemukan kembali di kegiatan yang positif seperti ini. Terimakasih, mungkin itu sedikit cerita dari saya. Semoga kita semua senantiasa dapat menyempatkan diri untuk melakukan kegiatan yang positif.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

20230619_092353

CLASSMEETING DAY 1

HALO SMEPPASSA Pada tanggal 19 Juni 2023 sampai dengan tanggal 21 Juni 2023 SMPN Negeri 1 Pasirian mengadakan classsmeeting setelah penilaian akhir semester.Dengan kegiatan classmeeting ini para siswa mampu untuk lebih menjalin kekraban antar kelas.Tentu setiap kelas ataupun individu siswa saling bersaing sehat untuk beradu prestasi dan memperebutkan gelar juara dengan semangat dan antusiasme yang

Baca selengkapnya...
IMG_20240108_195103

MENGENAL RUMAH ADAT DI SUMATRA BARAT

  Assalamualaikum Warahmatullahi wabarokatuh Hallo sahabat SMEPPASSA👋👋👋 Kita akan belajar mengenai Rumah Adat yang berada di Sumatra Barat Kalian udah pada tau belum? belum kan? Ayukk,simak artikel di bawah ini! – Pengertian Rumah Adat dilansir oleh _www.bola.com_ Rumah adat adalah bangunan yang memiliki ciri khas khusus, digunakan untuk tempat hunian oleh suatu suku bangsa tertentu.

Baca selengkapnya...
IMG-20240108-WA0006

MENGENAL MAKANAN RENDANG YANG ADA DI SUMATERA BARAT

halo teman-teman Smeppassa gimana kabar kalian hari ini? sehatt kann kali ini kita akan membahas mengenai makanan khas Sumatera Barat yaitu rendang   Berkunjung ke Sumatera Barat sangat disayangkan jika tidak menjelajah wisata kulinernya yang unik dan beragam. Pasalnya kuliner Sumatera Barat memang memiliki bumbu yang cukup berbeda dari daerah lainnya.   Makanan tradisional Minangkabau

Baca selengkapnya...
Screenshot_2023-12-24-19-43-38-83

Clasmeting SMPN 01 PASIRIAN 19-21 Desember 2023

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuhHai semua sobat sobat smeppassa!! 👋👋 Apakah masih semangat? Pastinya masih dongNah disini sudah ada yang tau belum saya mau membahas apa ??Pastinya sudah ada yang tahu kan?!! Yuk langsung saja kita bahas!! Pada tanggal 19-21 Desember 2023 kemarin SMPN 01 PASIRIAN mengadakan clasmeting lohh…!!! Kira kira ada kegiatan apa saja ya? Apakah

Baca selengkapnya...
IMG-20240308-WA0020

HUT SMEPPASSA KE-46

HUT SMP NEGERI 1 PASIRIANHALLO SOBAT SMEPPASSASatu Minggu yang lalu sekolah kita mengadakan kegiatan HUT SMP NEGERI 1 PASIRIAN yang ke-46 Kegiatan ini dilaksanakan selama satu Minggu lamanya, sebelum kegiatan HUT ini dilaksanakan pastinya kalian sudah berlatih sebaik mungkin untuk bisa mengsukseskan acara ini kan?HUT Smepassa yang ke-46 ini digelar secara meriah dengan diadakannya lomba

Baca selengkapnya...