Dunia Orang Belajar: Santri

Para pelajar dalam gelar apa pun mereka, entah sebagai seorang siswa sekolah menengah ke atas, peserta didik homeschooling, sampai dengan para santriwan dan santriwati di seluruh daerah Indonesia adalah aset penerus bangsa dan penggerak sumber daya manusia di industrinya.

Semuanya belajar dan belajar, demi mewujudkan impian atau sekadar bekal dalam menyusuri lautan yang belum terjamah. Karena keberagaman alasan tersebut, maka pantas diadakan sebentuk apresiasi terhadap kerja keras dan usaha semua orang yang tengah atau telah belajar.

Salah satunya adalah dengan diwujudkannya sehari yang bergelar ‘Hari Santri Nasional’ yang berulang setiap tahunnya pada tanggal 22 Oktober.

Di balik itu juga terdapat latar belakang, bahwa pencapaian kemerdekaan tak lepas dari campur tangan dan bantuan dari para tokoh agama dan para muridnya. Berbagai pihak dengan biografi yang beragam bersatu dan memperjuangkan hak segala bangsa.

Dan di Sabtu yang menandai sehari tersebut, lembaga SMP Negeri 1 Pasirian mewajibkan siswa-siswinya untuk mengenakan pakaian khatmil, menjabarkan dalam perbentukan busana untuk menghormati dan mengapresiasi para santri yang tengah mengemban ilmu di belahan negeri.

Kerumunan awan mendung hari ini tak menghentikan bara semangat banyak individu, semuanya melakukan yang terbaik untuk kebaikan dirinya masing-masing. Termasuk untuk datang mengikuti pelajaran dengan memakai busana muslim sekolah.

Kebaikan tersebut tetaplah memiliki pengaruh besar terhadap suatu perkembangan, entah perihal pembangunan ataupun pertahanan. Oleh karena itu gencar dan semarak dilakukan pendidikan, supaya tetap defensif sekaligus meningkat.

Semua memiliki peran pentingnya masing-masing, termasuk para santri yang berpetualang jauh dari kampung halaman mereka menuju tempat mengembang ilmunya. Mereka adalah sosok yang hebat, semoga dapat selalu menjauhi sisi yang salah dan konsisten menerapkan kebajikan.

Orang berilmu pengetahuan ibarat gula yang mengundang banyak semut. Dia menjadi cahaya bagi diri dan sekelilingnya,” – Abdullah Gymnastiar

Sabtu, 22 Oktober 2021

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG-20240226-WA0167

ACARA PERAYAAN HUT SMEPPASSA KE-46

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh   Hallo warga smeppassa, bagaimana nih kabarnya? Masih semangat dong ya untuk membaca berita terbaru dari smeppassa jawara.  Kalian udah ada yang tau atau belum nih, ada acara apa di sekolah SMP NEGERI 1 PASIRIAN pada hari ini, senin 26 Febuari 2024? Jadi hari ini smeppassa sudah mulai melaksanakan acara perayaan HUT

Baca selengkapnya...
026064500_1556022692-festival-banyuwangi-kuliner-005-hery-h-winarno

Beberapa kuliner yang ada di “Madiun”

  Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhHAII SOBAT SMEPPASSA 👋👋👋👋 Apa kabar nih?Sudah tau belum? pasti belumkan?Nah, jadi disini saya akan menjelaskan apa saja kuliner yang ada di Madiun! Dilansir https://www.liputan6.com/hot/read/5307721/6-kuliner-khas-madiun-paling-populer-ada-sego-jotos?page=6Mengunjungi suatu kota tak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Tiap daerah pasti memiliki kuliner khas dengan cita rasa kebanggaan. Tak terkecuali saat berkunjung ke Madiun. Wilayah yang berada

Baca selengkapnya...
IMG-20230706-WA0007

SEKBID dokumentasi REMAS SMPN 1 PASIRIAN 2022/2023.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Hai Teman-Teman,Pada Hari Ini Saya Memiliki Berita Yang Menarik,Ingin Tahu? Mari kita simak dengan baik Gambar Foto Pada Diatas Merupakan Anggota Remas Yang Bertugas Sebagai Sekbid Dokumentasi Periode 2022-2023. Tugas Mereka Ialah Mendokumentasikan Setiap Kegiatan Yang Dilaksanakan Oleh Anggota Remas Pada Hari Keagamaan Dan Piket Mingguan Berikut Berita Yang Dapat saya sampaikan

Baca selengkapnya...
IMG-20240108-WA0007

Rendang “sumatera barat”

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Haii sobat SMEPPASSA JAWARA!! Oh ya…. kita akan membahas tentang budaya dari sumatera barat apakah kalian tahu dengan salah satu makanan khas Provinsi Sumatera Barat biasanya di kenal dengan nama Minangkabau. Daerah Minangkabau memang sangat terkenal dengan wisata alam, wisata budaya, dan wisata kuliner. Berkunjung ke Sumatera Barat sangat disayangkan jika tidak

Baca selengkapnya...
IMG_20240202_163134

KAMPUNG COKLAT BLITAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haii SMEPPASSA JAWARA Mari kita membahas yang manis-manis yuk. Apa ya kira-kira? Coklat? Heii tetapi bukan sembarang coklat lho, karena ini adalah kampung coklat. Kampung Coklat merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer hingga selalu ramai diserbu oleh pengunjung ketika musim liburan tiba seperti halnya pada masa liburan tahun baru

Baca selengkapnya...