png_20230813_202248_0000
DOA SESUDAH ADZAN

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam sejahtera untuk jama’ah SMEPPASSA.
Kita selalu mendengar adzan lima kali sehari. Sementara itu kita dianjurkan untuk melafalkan doa setelah adzan, seperti yang diriwayatkan oleh Bukhari di bawah ini.

“Dari Jabi bin Abdullah ra, Rasulullah bersabda, ‘Barangsiapa yang berdoa setelah mendengar adzan doa berikut;”Allaahumma rabba haadzihid dakwatit taammah, adalah shalaatil qaa’imah, aati muhammadanil wasiilata wal fadhiilah, wab’atshu maqaamam mahmdanil ladzii wa’attah,’ Dia akan mendapatkan syafaat dariku pada Hari Kebangkitan.’ (Diriwayatkan oleh Bukhari),” (An-Nawawi, Al-Adzkar, [Kairo, Darul Hadits: 2003 M/1424 H], halaman 44).

Namun apakah anda sudah hafal dengan doa setelah adzan? Jika belum, pelajari bacaan doa berikut yang dibacakan setiap setelah azan:

Allaahumma rabba haadzihid dakwatit taammah, was shalaatil qaa’imah,aati sayyidanaa muhammadanil wasiilata wal fadhiilah, wab‘atshu maqaamam mahmdanil ladzii wa‘attah, innaka laa tukhliful mii’aad. Rabbighfir lii, wa li waalidayya, warham humaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa.

Artinya:”Ya Allah! Tuhan atas panggilan yang sempurna ini dan doa rutin yang akan ditegakkan, berikan kepada Muhammad hak syafaat dan kemasyhuran, dan bangkitkan dia ke tempat terbaik dan tertinggi di Surga yang Engkau janjikan kepadanya. Ya Tuhanku, ampunilah dosa-dosaku dan orang tuaku (dosa-dosa). Kasihanilah mereka sebagaimana mereka berdua mengasihi saya ketika saya masih kecil”.

Itulah doa setelah adzan yang apabila dibaca setelah mendengar panggilan sholat. Bagi muslim yang membacanya akan mendapatkan berkah pahala sepadan dengan pahala syafaat Nabi Muhammad pada Hari Kebangkitan.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Penulis : Yeni Khurniasih 

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Screenshot_20240111-181616_Chrome

ASAL USUL RENCONG; SENJATA YANG BERASAL DARI ACEH

Rencong adalah senjata tradisional dan benda budaya simbolis dari Aceh, Indonesia. Kata “rencong” sendiri berasal dari bahasa Aceh yang mengacu pada sejenis keris. Rencong mempunyai peranan penting dalam sejarah Aceh dan masih penting dalam kebudayaan Aceh hingga saat ini. Asal usul rencong dapat ditelusuri kembali ke kerajaan Aceh kuno Samudera Pasai, yang terletak di bagian

Baca selengkapnya...
5BD67C21-A34D-4FB2-9670-1B4EEFF5A088

SENJATA TRADISIONAL KUJANG JAWA BARAT

Hallo teman teman smeppassa Gimana nih kabar kalian hari ini? semoga di berikan kesehatan selalu ya. Kali ini kita akan membahas tentang senjata tradisional dari Jawa Barat yaitu Kujang dilansir dari : orami.co.id Kujang adalah senjata tradisional Jawa Barat yang memiliki bentuk awal menyerupai kudi. Awalnya senjata ini digunakan sebagai alat pertanian. Namun, seiring perkembangan

Baca selengkapnya...
Classmate 3 hari

CLASSMATE 3 HARI

Hallo teman smeppassa👋🏻pada tanggal 18-20 Desember 2023 SMP 1 Pasirian mengadakan classmateLombanya ada apa aja sih?? Lombanya ada minisoccer dan senam, pada tanggal 20 ada pertandingan antara guru smeppassa jawara dengan guru pjok sd kecamatan PasirianPemenang dari lomba minisoccer:🥇 9h🥈 8d🥉 7dPemenang lomba senam:🥇 8i🥈 7i🥉 7eWahh ternyata siswa-siswi smeppassa jawara hebat-hebat yaa!!

Baca selengkapnya...

MENGENAL TARIAN JAIPONG DI JAWA BARAT

Assalamu’alaikum warohmatulohi wabarakatuh   Haii sobat SMEPPASSA👋🏻 Kita akan belajar dan mengenal Tari Jaipong di Jawa Barat.   Tari Jaipong Siapa yang tak tahu jika Tari Jaipong adalah tarian khas Jawa Barat. kata jaipong bersal dari masyarakat Karawang yang bersal dari bunyi kendang sebagai iringan tari rakyat yang menurut mereka berbunyi jaipong yang secara onomotofe.

Baca selengkapnya...