JASMERAH PANCASILA

Seperti yang teman-teman ketahui sebelumnya, bahwa negara kita ini merupakan negara yang kaya akan keberagaman, entah dari segi agama, suku, ras, adat istiadat, dan masih banyak lagi. Namun pernah tidak kita merasa bahwa walaupun Indonesia ini terdiri dari banyaknya keberagaman, namun kita tetap bisa bersatu menjadi satu kesatuan yang utuh sehingga dapat menjadikan negara Indonesia seperti yang sekarang ini? Hal ini disebabkan karena adanya semboyan negara kita yang berbunyi “Bhinneka Tunggal Ika” yang ditulis oleh Mpu Tantular di dalam kitab Sutasoma, yang artinya “walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua,” yang dapat pula dimaknai dengan meskipun Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyaknya keberagaman namun warganya tetap bisa bersatu menjadi satu kesatuan yaitu negara kesatuan republik Indonesia.

Semboyan ini terletak pada pita yang dicengkeram oleh lambang negara kita yaitu burung garuda. Selain adanya semboyan pada kaki burung garuda, juga terdapat 5 sila pada tameng yang berada di tubuhnya.

5 sila ini juga mempunyai lambang tersendiri, seperti pada sila pertama lambangnya adalah bintang, sila kedua lambangnya rantai, sila ketiga adalah pohon beringin, sila keempat yaitu kepala banteng, dan sila kelima adalah padi dan kapas. Tentunya kita sebagai warga Indonesia yang berpendidikan sudah hafal bukan dengan bunyi dari masing-masing sila tersebut? Nah tahukah kalian dari mana asal masing-masing sila tersebut?

Menurut Wikipedia, lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal “Pancasila” pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Kejadiannya berawal dari kekalahan Jepang pada saat Perang Pasifik, lalu mereka ingin memikat hati masyarakat dengan menjanjikan adanya kemerdekaan Indonesia, lalu membuat lembaga yang bertugas untuk mempersiapkan hal tersebut yang diberi nama Dokuritsu Junbi Cosakai atau yang sering dikenal sebagai BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Perumusan Pancasila sebagai dasar negara tidak mudah, karena menimbulkan banyak konflik antar tokoh, dan ada 3 tokoh yang mengusulkan mengenai dasar negara Indonesia, siapa saja itu? Dia adalah Dr. Soepomo, Moh. Yamin, dan Ir. Soekarno. Nah, rancangan Pancasila yang dikutip dari pidato Ir. Soekarno pada 1 Juni 1945 adalah:

– Kebangsaan Indonesia
– Internasionalis
– Mufakat/demokrasi
– Kesejahteraan sosial
– Ketuhanan yang bekerbudayaan

 

Nah, dengan adanya saran dari 3 tokoh tersebut, munculah Pancasila dengan rincian panca (5) dan sila.

Nah, sudah terbukti bukan bahwa merumuskan pancasila tidak mudah karena menimbulkan banyak konflik?

Lalu tugas kita sebagai siswa dan siswi apa? Wah, sudah tau belum kalian? Tugas kita mudah, cukup mengamalkan 5 sila tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari.

Catatan Kaki:
http://kesbangpol.madiunkab.go.id

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Sifreni Mira Yusiana

PUISI_DIMENSI RINDU

Sifreni Mira Yusiana Buta nalarkuMengeja kalimat rinduMengurai makna cinta iklashmuKelu lidahku membayangkan piludi sepanjang resahmuDuhai Tuanku Lembaran peristiwa terkisah nyataBertuliskan bait-bait cinta tanpa nokhtaDengan beribu ujian pedih menderaMerajut cita dengan akhlak muliaMenuju kiblat Sang Pencipta Kejayaan buah kemenanganKalimah tauhid yang ditegakkanPenuh kasih sayang dan kesabaranHingga kalamullah sempurna tersampaikanWarisan suci sepanjang jaman Risalah pun terpahat disetiap

Baca selengkapnya...
IMG-20230628-WA0013

IDUL ADHA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, halo smeppassa gimana nih kabarnya? kalian sudah tau tidak kalau tanggal 29 juni di smp 1 Pasirian mengadakan sholat idul Adha 1444H di masjid Roudlotuth Tholibin. Sholat idul Adha ini di buka secara umum, banyak sekali yang hadir dari luar untuk melaksanakan sholat idul Adha.  Sholat idul Adha ini di imam i

Baca selengkapnya...

PAKAIAN ADAT MOJANG JAJAKA DI JAWA BARAT

Assalamu’alaikum warohmatulohi wabarakatuh Haii sobat SMEPPASSA👋🏻Kita akan belajar dan mengenal Pakaian Adat Mojang Jajaka di Jawa Barat. Mojang JajakaMojang adalah wanita yang belum menikah. Sementara jajaka artinya perjaka atau laki-laki yang belum pernah menikah. Dari namanya sudah bisa kita tebak bahwa pakaian adat ini biasanya digunakan oleh pemuda dan pemudi yang belum menikah. Pada umumnya

Baca selengkapnya...

G30SPKI – SMP NEGERI 1 PASIRIAN

Assalamu’alaikum warohmatulohi wabarakatuh   Haii SMEPPASSA👋🏻   Bagaimana nih kabarnya? Semoga senantiasa dalam keadaan sehat dan bahagia   Oh ya, kemaren tanggal 30 September 2023 kami se SMPN 1 PASIRIAN menonton film G30SPKI di aula.    Apa sih G30SPKI?  G30SPKI adalah sebuah peristiwa berlatar belakang kudeta yang terjadi selama satu malam pada tanggal 30 September

Baca selengkapnya...
IMG-20231223-WA0010

MENGENAL TARI PENDET DARI BALI

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh     Hallo sobat SMEPPASSA JAWARA 👋🏻👋🏻   Nah kalian ini kita akan membahas tentang “Budaya di Bali”   Di Bali ini terdapat banyak jenis tarian salah satunya adalah tari pendet. Tari pendet adalah salah satu tarian yang paling tua di Bali. Dimana tarian ini sudah ada sejak tahun 1950. Munculnya tarian

Baca selengkapnya...