IMG_20231225_131242
DI BALIK INDAHNYA PAPUMA

Hallo sobat SMEPPASSA!!

Kali ini kita akan membahas destinasi wisata bahari yang tepatnya berada di desa Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember. Kira-kira apasih tempat yang akan dibahas kali ini?. Yuk baca bersama!.

Pantai Papuma salah satu tempat wisata yang kerap dikunjungi oleh banyaknya wisatawan lokal bahkan sampai mancanegara karena keunikan dan keindahannya yang membuat orang-orang penasaran. Papuma sendiri merupakan singkatan dari Pasir Putih Malikan.

Daratan yang menjorok ke laut sehingga membuatnya dijuluki sebagai Tanjung Papuma. Indahnya sunset di sore hari sangat disayangkan jika kita tidak mengabadikannya. Para wisatawan juga bebas melakukan aktivitasnya di sini. Entah itu piknik kecil-kecilan bersama keluarga, berfoto-foto dengan teman, atau bahkan hanya ingin bersantai sembari menikmati angin sepoi-sepoi dan hamparan pasir putih.

Daratan yang menjorok ke laut. Sumber: http://madinaworld.id

Tak hanya itu di pantai ini juga terdapat 7 batu karang ketika dilihat dari atas seperti batu yang berjejer. Menurut merdeka.com. Masing-masing batu memiliki nama, yaitu Dhampar Kencana, Genteng/Kura-Kura, Kodok, Kresna, Narada, dan Kajang. Ada juga yang menyebutnya Batara Guru, Kresna, Narada, Nusa Barong, dan Kajang. Namun ada sebuah batu karang yang tidak memiliki nama. Batu karang ini dihindari oleh warga setempat. Tidak ada yang berani mengunjunginya karena konon karang tersebut dihuni oleh sekawanan ular berbisa.

batu karang yang dipadukan dengan indahnya sunset. Sumber: http://rainbowrentcar.com

Dikutip dari jember.inews.com. Di Papuma juga ada gua yang terdapat pada batu karang dengan ceruk kecil yang diberi nama Gua Lawa. Gua ini tidak selalu bisa dilihat, hanya pada saat air sedang surut saja bisa tampak. Menurut mitos yang dipercayai oleh masyarakat, sekitar gua ini adalah tempat bersemayamnya Dewi Sri Wulan (salah satu putri penguasa pantai selatan) dan juga tempat bersemedinya Kyai Mataram.

Sumber foto: http://suaraindonesia1.id 
Penulis: Mardhiyyah 

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

3_20240118_201148_0002

“Kenikmatan hidup paling nikmat di dunia ini adalah sehat karena apapun yang ku miliki di dunia ini tak akan ku nikmati, jika kamu sakit.” – Dani Kaizen

Asalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh   💞selamat menunaikan ibadah subuh💞 15 Rajab  Minggu, 27 Januari 2024 42 hari menuju Ramadhan    Nikmat sehat bukan suatu kemewahan seperti emas dan perak. Tetapi menjadi mahal ketika kesehatan telah berubah menjadi sakit.    Nikmat sehat merupakan mahkota tubuh, saat kita terbaring sakit, kita baru sadar bahwa kesehatan sangat berharga. Orang

Baca selengkapnya...

PRA MPLS 2023 – SMP NEGERI 1 PASIRIAN

Assalamu’alaikum warohmatulohi wabarakatuh Haii SMEPPASSA Bagaimana nih kabarnya? Semoga senantiasa dalam keadaan sehat dan bahagia Oh iya bagaimana dengan liburannya? Semoga menyenangkan ya, Jangan lupa tetep semangat ya Oh iya, kemaren Sabtu 15 Juli 2023 SMEPPASSA Sudah melaksanakan PRA MPLS,  Jam 06.30 – 07.00 siswa baru menunggu di depan masjid ROUDLOTUTH THOLIBIN SMPN 1 PASIRIAN, 

Baca selengkapnya...

MARI KITA MENGENAL RUMAH ADAT TONGKONAN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh Haiii teman-teman SMEPASSA!!Kali ini kita akan membahas tentang Rumah adat Tongkonan yang berasal dari Toraja, Sulawesi Selatan. Sudah pada tahu belum tentang rumah adat ini. Yaudah yuk mari kita bahas bersama-sama. Rumah adat Tongkonan adalah salah satu rumah adat yang berasal dari Toraja, Sulawesi Selatan. Rumah Tongkonan menjadi simbol martabat keluarga dari

Baca selengkapnya...
rumah-adat-aceh_169

Mengenal Rumah Adat Aceh: Ruang, Elemen, Hingga Makna Filosofisnya

Halo sobat smeppassa !! disini kita akan  Mengenal Rumah Adat Aceh Ruang, Elemen, Hingga Makna Filosofisnya Indonesia memiliki keberagaman budaya di tiap-tiap daerahnya. Kebhinekaan budaya ini, salah satunya dapat dilihat pada masing-masing rumah adat yang digunakan oleh masyarakat wilayah setempat. Kita ambil contoh yakni budaya yang dimiliki oleh Nanggroe Aceh Darussalam, provinsi paling barat Indonesia.

Baca selengkapnya...
Screenshot_20240104-155107_Google

ASAL USUL UPACARA UROE TULAK BALA

Upacara Uroe Tulak Bala berasal dari Aceh, Indonesia, dan merupakan bagian penting dari budaya dan tradisi masyarakat Aceh. Nama “Uroe Tulak Bala” berasal dari bahasa Aceh yang secara harfiah berarti “membawa berkat dan keberuntungan.” Upacara ini telah dilaksanakan selama berabad-abad dan memiliki akar yang dalam dalam kehidupan masyarakat Aceh. Asal-usul upacara Uroe Tulak Bala berkaitan

Baca selengkapnya...