COBAN KAPAS BIRU: RONA BIRU HIASI DERASNYA DERAIAN SANG CURUG

Pernah merasakan sebuah rasa penat dan jenuh yang luar biasa menyesaki pikiran? Kepenatan sehabis bergumul merangkai kehidupan yang mapan ataupun kejenuhan yang disebabkan oleh kesibukan yang repetitif memang kerap menyambangi, namun mereka hanyalah tamu. Mereka akan pulang dengan sendirinya apabila keperluan mereka tertuntaskan, dan berpamitan secara hormat jikalau kita memperlakukan mereka dengan beradab. Bagaimana caranya? Menurut saya, metode yang akan dilancarkan oleh masing-masing itu beragam. Salah satu trik yang paling manjur adalah dengan cara refreshing! Berkunjung ke sebuah objek hiburan, bisa yang alamiah ataupun industrial! Asalkan kita dapat menemukan ketenangan yang kita dambakan di tempat tersebut. 

 

Masih dalam ranah topografi yang sama, destinasi wisata ini menyajikan pesona geologis Lumajang melalui kemolekannya yang sulit dipungkiri. Let me present you-

 

COBAN KAPAS BIRU –—————

Diambil dari bahasa Jawa berdialek arekan, “coban” dalam bahasa Indonesia berarti ‘air terjun’. Selaras dengan julukan “Kapas Biru” milik air terjun yang menghidangkan “ilusi” berupa kapas dari derasnya aliran air Sungai Besukbang dan Sungai Lengkong menghilir yang menciptakan dispersi warna kebiruan pada tepiannya ini. Coban Kapas Biru ini beralamat di Desa Mulyoharjo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya yang berada di kawasan dataran tinggi, mengharuskan wisatawan untuk meniti jalur kendaraan dan setapak yang relatif terjal. 

Source: Dolan Dolen on Pinterest

Kunjungan pelancong ini masih tergolong menyatu dengan komponen alam sekitarnya, dibuktikan dari banyaknya trek berlandaskan tanah penuh perakaran tanaman, lumpur, dan bebatuan. Namun, optimalisasi teknologi kian digalakkan dengan dibangunnya beberapa akses mobilitas transportasi seperti jalan berbahan cor dan beton meski sempit, serta penghubung tempat berupa tangga besi. Sepanjang anak tangga dan kayu jembatan memandu perjalanan, terdapat pula garis pematang yang melindungi kalian dari risiko terjatuh.

Source: Nativeindonesia.com on Pinterest

Kesempatan untuk merasakan kesegaran deraian air hulu lereng Gunung Semeru dapat dijamah seusai menyongsong tanjakan dan turunan tajam yang unjuk taring hampir di setiap lajur. Tebing-tebing kokoh bercorak coklat kemerahan menyembunyikan “anak” Kapas Biru yang berada tepat di atasnya dengan rimbunnya untaian tanaman higrofit. Ya, air terjun ini mempunyai dua tingkatan. Tingkatan atas berketinggian sekitar 10 meter, sementara tingkatan bawahnya semampai dengan 90 meternya. 

Dengan elevasi mencapai 500 mdpl, hawa dingin menyentuh arus sungai lanjutan curug Kapas Biru. Mampir berbekal badan berkondisi prima adalah sebuah keharusan di sini. Selain untuk mencegah terjadinya kecelakaan di tengah asyiknya tamasya, tentunya kalian tak ingin melewatkan bukti nyata keagungan semesta secara sia-sia. Kurekomendasikan untuk memilih pagi bercuaca cerah dalam plan pelesirmu; masa-masa alam bersahabat. Niscaya kameramu akan sangat berguna. 

Source: Nativeindonesia.com on Pinterest

Dibuka dari pukul 08:00 hingga 16:00, wisata alam yang diresmikan sedari tahun 2015 ini membandrol tiketnya sebesar Rp. 7000,00 per orang. Parkiran yang terletak tak begitu jauh dari air terjun menyediakan stok sebanyak 3 sepeda motor untuk harga Rp. 10.000,00. Nuansanya pun mendukung untuk didirikan sebuah tenda, apalagi frekuensi pengunjungnya tidak terlalu tinggi. Fasilitas yang dijumpai dapat dibilang cukup lengkap, dari kebutuhan toilet, gazebo, sampai warung makanan dan minuman. 

Source: Liburmulu.com on Pinterest

Gradasi antara warna putih dan biru yang terlukis pada Coban Kapas Biru akan menjadi amat disayangkan kalau tidak dikenali. Tak kenal maka tak sayang, maka ke mari dan bertemanlah dengan panorama bukan kepalang ini. 

—————— CATATAN KAKI ——  

https://id.wikipedia.org/wiki/Air_Terjun_Kapas_Biru

https://www.merdeka.com/travel/keindahan-air-terjun-kapas-biru-pesona-alam-tersembunyi-di-lumajang.html

https://www.nativeindonesia.com/air-terjun-kapas-biru/

https://sikidang.com/air-terjun-kapas-biru/

https://travelingyuk.com/air-terjun-kapas-biru/91987/?utm_source=idle&utm_medium=dekstop&utm_campaign=reload

https://youtu.be/sodGUcZULvc

 

  

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG_20240113_171845

MENGENAL KEARIFAN LOKAL KALIMANTAN TENGAH

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Halo sobat Smeppassa!! Disini kita akan membahas tentang salah satu kearifan lokal yang berada di Kalimantan Tengah. Manugal adalah salah satu kearifan lokal di Kalimantan Tengah. Tradisi manugal merupakan kegiatan terkait bercocok tanam yang dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Dayak. Kegiatan tersebut juga mencerminkan hubungan silaturahmi yang ada dalam masyarakat suku

Baca selengkapnya...
IMG-20231109-WA0035

4 PENYEBAB TERJADINYA ANEMIA PADA WANITA

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh ⛑️Interarma Caritas⛑️   Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah sehat atau hemoglobin. Akibatnya, sel-sel dalam tubuh tidak mendapat cukup oksigen dan tidak berfungsi secara normal (hipoksemia).   Gejala anemia:  – Kelelahan – Nafas pendek – Wajah pucat – Sakit kepala – Kulit dan rambut kering – Pikiran kacau   Penyebab

Baca selengkapnya...

TEMPAT WISATA GUA SUNYARAGI DI JAWA BARAT

Assalamu’alaikum warohmatulohi wabarakatuh   Haii sobat SMEPPASSA👋🏻 Kita akan belajar dan mengenal Tempat Wisata Gua Sunyaragi di Jawa Barat.   Gua Sunyaragi Kota Cirebon memiliki salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang cukup legendaris. Gua Sunyaragi atau Taman Sari Sunyaragi merupakan sebuah situs bersejarah. Dahulu, Para Sultan menggunakan tempat ini sebagai tempat bermeditasi bagi

Baca selengkapnya...
IMG_20231216_185035

MENGENAL TARI SAJOJO

MENGENAL TARIAN SAJOJO KHAS PAPUA Hai sahabat Smeppassa!!!  Sudah tahu belum nih? Bahwa ada tarian yang bernama Sajojo, mungkin sedikit tidak asing dari telinga kita, tari ini berasal dari papua loh!  Lebih tepatnya dari sorong, papua.  Tari Sajojo pada umumnya bisa dilakukan oleh pria maupun wanita, karena Tari ini bisa digunakan oleh seluruh masyarakat, tanpa

Baca selengkapnya...
026064500_1556022692-festival-banyuwangi-kuliner-005-hery-h-winarno

Beberapa kuliner yang ada di “Madiun”

  Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhHAII SOBAT SMEPPASSA 👋👋👋👋 Apa kabar nih?Sudah tau belum? pasti belumkan?Nah, jadi disini saya akan menjelaskan apa saja kuliner yang ada di Madiun! Dilansir https://www.liputan6.com/hot/read/5307721/6-kuliner-khas-madiun-paling-populer-ada-sego-jotos?page=6Mengunjungi suatu kota tak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Tiap daerah pasti memiliki kuliner khas dengan cita rasa kebanggaan. Tak terkecuali saat berkunjung ke Madiun. Wilayah yang berada

Baca selengkapnya...