IMG_20240401_205854
CINTA ANAK MANUSIA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

HALO HALO WARGA SMEPPASSA!! Masih semangat dong untuk membaca berita harian, puisi, cerpen, dan artikel yang sudah di share di web literasi. Pada kesempatan hari ini, kita menyajikan sebuah karya cerpen loh! Wah makin seru aja nih berita-berita yang disampaikan di web literasi SMP NEGERI 1 PASIRIAN ini, tanpa berlama-lama ayo langsung kita simak cerpen berikut ini! 

 

Cinta Anak Manusia 

 Karya: Enyk Lestariwati,S.Pd

   Suasana Ramadhan kali ini beda dengan Ramadhan tahun-tahun yang lalu. Banyak perjuangan dalam hal ekonomi bagiku. Entah kenapa rejeki kok seret banget, mungkin dosa terlalu banyak, atau ujianku belum diakhiri oleh Allah. Pagi ini terasa damai bunga-bunga bermekaran ditaman sekolahku. Kupu-kupu yang lama tidak muncul kini bermunculan lagi kicauan burung kecilpun bersenandung merdu. Aku seorang guru tua yang hampir pensiun aku sudah kenyang menelan pil pahit selama jadi guru. Banyak cerita banyak drama selama ini kulalui dengan penuh ketabahan tanpa putus asa. Setiap anak manusia punya cerita sendiri-sendiri manusia akan terus berjuang sampai mati. Tak terkecuali diriku pernah terhempas, karena cinta. Cinta pada orangtua, cinta pada keluarga cinta pada anak-anak dan cinta terhadap lawan jenis.

   Aku akan cerita selama aku jadi guru jadi cintaku terhadap anak didikku. Selepas kuliah aku kebingungan mau kerja apa. Orang desa punya persepsi sekolah tinggi-tinggi harus bisa bekerja, kalau jadi pengangguran jelas akan diejek tetangga. Aku mengambil jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, karena cintaku terhadap Bangsa. Aku bangga menjadi Warga Negara Indonesia dan mencintai tanah kelahiranku dengan amat sangat. Oh ya aku dulu senang belajar Bahasa lewat televisi yang diasuh oleh Yus Badudu tanpa terlewatkan. Jaman dahulu hanya ada satu stasiun televisi yaitu TVRI yang program-programnya, kalau dinilai jaman sekarang dianggap kuno. Sekarang luar biasa program-program yang ditayangkan banyak setasiun televisi dan budaya yang masuk juga banyak dari luar negeri, kalau kita tidak bisa memilah dan memilih tentu dapat merubah akhlak dan karakter generasi muda kita. Tahun 1193 aku melamar bekerja di SMP PGRI waktu itu, hanya ada 2 sekolahan di Pasirian yang satu SMPN I PASIRIAN dan yang satunya lagi SMP PGRI. Aku ALUMNI SMPN I PASIRIAN aku sangat bangga bisa sekolah disini, karena masuknya dulu pakai tes, kalau istilah sekarang uji kompetensi. Ada anggapan masyarakat yang masuk sekolah favorit ini berarti anak yang pintar. Sayangnya sekarang Pemerintah meratakan semua sekolah dengan system zona jadi anak yang kemampuan akademiknya biasa-biasa saja bisa sekolah disini dan pihak sekolah tak boleh menolak, seandainya ada anak berkebutuhan khusus ingin sekolah disini.

   Waktu itu menjadi GTT dengan gaji 15 ribu harga susu Dancow masih 2000 kujalani sampai kurun waktu sekitar 14 tahunan, setelah itu aku diterima menjadi guru bantu. Aku hampir putus asa menggarungi kerja seperti ini ada rasa jenuh yang berkepanjangan menanti hal yang lebih menjanjikan menjadi pegawai. Rasa cintaku pada anak didikku mengalahkan segalanya aku tetap bertahan sampai detik ini. Cintaku pada mereka seluas samudera, meskipun mereka kadang sangat menjengkelkan dan membuatku marah. Kadang aku juga bisa tersenyum dan tertawa melihat tingkah mereka. Anak-anak yang masih sangat polos cara berpikir cara bertindak itu karakter anak didikku selama jadi GTT. Sepeda ontel menjadi sepeda favorit untuk ke sekolah jaman sekarang wow….orangtua jaman sekarang memfasilitasi anak-anak mereka dengan sepeda motor bagus-bagus lagi, bahkan HP mereka ada yang merk IPHONE. Anak-anak muda ,kalau terbiasa dimanja jalan pikirannya ikutan manja juga. Berbeda dengan anak yang sedari kecil sudah bertempur dengan kehidupan yang keras, maka anak itu menjadi mandiri.

 

   Sebenarnya rasa cinta itu kusadari setelah sekian tahun menjadi guru awal-awal mungkin waktu itu aku masih muda masih punya rasa idealis yang tinggi mencintai mereka sebatas guru dan murid. Datang mengajar selebihnya memikirkan bayaran, tapi sekarang jangan ditanya lagi hubungan bathin seorang guru dan murid sangat lekat. Guru menjadi orang tua kedua, setelah orangtuanya di rumah,apalagi menjadi Guru PAUD dan TK dibutuhkan kesabaran kelas tinggi. Saya tahu gaji mereka tidak seberapa, tapi pengabdiannya luar biasa. Belum lagi muridnya minta kencing, BAB, rewel waduhhhh l.

   Disamping itu aku juga berperan sebagai ibu dan ayah bagi anak-anakku dirumah. Kata siapa hidupku katanya bahagia, padahal hidupku penuh tragedi dan hampir hancur. Aku merasa menjadi orangtua yang gagal dan itu menjadi penyesalan seumur hidupku. Tapi rasa cintaku pada mereka tak terbatas. Aku mengorbankan diri seutuhnya demi buah hatiku.

   Ibu jangan bercerai ya….masih ingat permintaan anak keduaku, ketika rumah tanggaku dilanda badai. Kalau ibu bercerai aku akan pergi dari rumah dan jangan mencariku. Terbayang dalam benakku anakku yang kurus ringkih itu hidup dijalanan dan gila. Aku akan tambah gila memikirkan hal itu belum lagi memikirkan rumahtanggaku yang amburadul.

Mulai dari SMP anakku sering membuat masalah apa aku kurang perhatian kurang kasih sayang? 

   Entahlah…, kalau ada panggilan BK bapaknya yang ngurusi baru anak yang terakhir semasa SMP, SMA aku sendiri yang datang. Aku menyesali kenapa pondasi keagamaan dalam rumah tanggaku sangat rapuh?? Menyebabkan anak-anakku bagai kehilangan peganggan??? Bapaknya sebagai Imam seharusnya memberi contoh pada anak-anaknya tidak sibuk dengan urusannya sendiri. Aku tidak begitu mengenal pribadi suamiku sendiri. Aku ketemu dirinya waktu GTT di SMP PGRI tidak berpacaran seperti ada sinyal dari orangtua angkatku aku harus dekat dengannya. Benar istilah Jawa kita sebelum menikah memang harus mempertimbangkan bobot, bebet dan bibit. Bobot diartikan kepribadian dan pendidikan. Bibit diartikan garis keturunan dan Bebet diartikan status ekonomi. Ketika cinta melanda ke-3 hal tersebut akan terabaikan baru menyesal setelah kejadian tak mengenakkan. Dampak broken home bagi anak, apabila tidak ditangani dengan baik dapat mengakibatkan anak dapat mengalami gangguan kepribadian, menyalahgunakan narkoba, bahkan bisa melakukan percobaan bunuh diri. Dampak serius lain yang dialami anak broken home adalah gangguan kecemasan berpisah seorang anak menjadi sangat takut dan cemas kehilangan figure penting dalam hidupnya yaitu ayah dan ibu mereka. Makanya aku menjaga betul, agar anakku tidak dilanda kecemasan yang menimbulkan depresi. Aku mengorbankan segalanya perasaanku, harga diriku. Masihkah aku punya harga diri, setelah sekian tahun selalu direndahkan dihujat suami sendiri?

   Aku dimata suamiku sebagai wanita murahan, bodoh dan semua tindakanku tidak ada benarnya. Dia menindas jiwa dan hatiku luar biasa aku stress, depresi luar biasa. Aku tak pernah mengadu pada siapapun aku tak ingin membebani perasaan orangtua. Aku tak ingin membuat hati mereka sedih. Cinta????? aku sudah tak punya cinta lagi untuknya cinta anak manusia bisa luntur ditelan waktu. Aku bertahan demi anak-anak, agar anak-anakku tidak menjadi korban ketidakbecusan orangtuanya. Waduh jadi ngelantur aku ceritanya sampai tak mendengar panggilan anakku.

   Seorang ibu pas melahirkan anaknya taruhannya nyawa, kalau ada seorang ibu menelantarkan anak-anaknya ibu itu sudah sakit jiwa. Contohnya banyak di medsos orangtua yang tidak bertanggungjawab menelantarkan anaknya. Cinta sejati seorang ibu cinta pada anaknya seorang ibu akan mendahulukan kepentingan anak-anaknya daripada kepentingan sendiri.  

   Sekitar 16 tahunan aku mengabdi di wilayah Candipuro entah mengapa tiba-tiba Kepala Sekolahku ingin memindahkan ku ke SMPN I PASIRIAN ini enak sih lebih dekat, kalau musim penghujan tidak kebanjiran. Waktu itu aku sempat merasa diusir…la..wong..ndak minta dipindah kok dipindah. Tapi belakangan baru menyadari betapa enakknya tempat kerja yang dekat dari rumah. Disini aku mengajar anak-anak yang pintar-pintar namanya sekolah jawara prestasi mereka luar biasa. Aku senang sekali mengajar disini, karena Literasinya sampai tingkat nasional dan mendapatkan Rekor MURI…wow…luar biasa, karena disini ada suhunya ahli literasi yaitu Bu Sifreni Mira Yusiana,S.Pd. Orangnya ramah,baik hati dan tentu saja cerdas dan kreatif.

   Kalau dulu aku suka nulis-nulis yang tidak ada wadahnya sekarang aku bisa nulis apa saja dan direspon positip di literasi sekolah ini bahagianya hatiku tiada tara. Peserta didiknya sangat luar biasa berkat bimbingan Bu Sifreni mereka berhasil menulis dan menulis menjadikan semangatku untuk berpacu dengan mereka.   

   Kurang sebelas hari kita merayakan Hari Raya aku termenung sejenak tidak ada uang untuk membeli ini itu persiapan hari raya itu. THR????? Jangan tanyakan hal itu sudah habis ditelan hutang. Tanpa uang sepersenpun Kun Fayakun aku percaya pada hari H nya pasti ada.

   Sering berpikir Allah itu tidak adil dan berburuk sangka terhadapNya, tapi kalau kita melihat kebawah kita wajib bersyukur banyak yang menderita dibandingkan kita. Saudara kita di Palestina misalnya mereka tidak bisa menikmati momen Hari Raya rumah mereka hancur, makanan tidak ada menunggu bantuan dari Negara lain yang peduli. Masyaallah mereka tidak pernah berburuk sangka pada Pencipta mereka Ridho dengan penderitaannya.

   Cinta anak manusia pada Robb nya memang harus dipupuk sejak kecil biar kalau dewasa kelak pikirannya tidak gentayangan sepertiku. Pondasi cintaku pada Illahi tidak terpupuk dengan subur baru setelah aku jadi muallaf aku berusaha memupuknya dengan susah payah. Berusaha mencari kedamaian berusaha dekat dengan Allah. Sebelumnya hidupku rentan tidak terkendali Allah menolongku dengan memberi Hidayah sedikit demi sedikit hidupku mulai tertata.

   Allah memberiku ujian yang maha dasyat dari keluargaku suamiku berpaling dan anak-anakku terluka jiwanya. Aku ditengah-tengah sebagai tokoh pelerai yang harus bijaksana dalam bertindak dan mengambil keputusan, tapi cintaku sebagai anak manusia masih tetap kokoh tak pernah sedikitpun bergeser . Tinggal ujian ekonomi yang belum dituntaskan Allah padaku aku masih berjuang untuk mencari sesuap nasi. Kesalahan manajemen seorang ASN sampai kekurangan aku menyalahkan diri sendiri untuk hal ini, bukan menyalahkan rumput yang bergoyang seperti calon presiden paslon I yang menyalahkan angin.

   Hikmah dari semua ini kita harus menyalahkan cinta pada siapa saja. Cinta untuk keluarga,cinta pada sesama,cinta pada Allah cinta jangan sampai meredup dalam suasana yang bagaimanapun kondisinya. Sayup-sayup suara Adzan Magrip berkumandang Alhammdulilah waktu berbuka puasa telah tiba. Kututup pelan ,tapi pasti laptop tuaku untuk mengakhiri sejumput ceritaku tentu kita bersua kembali kawan dengan ceritaku yang lain.

Pasirian, 30 Maret 2024.

 

Nah itu dia cerpen yang menceritakan  tentang Cinta Anak Manusia yang dituliskan oleh salah satu guru tersayang kita, yaitu Bu Enyk Lestariwati,S.Pd. Jangan lewatkan keseruan tentang berita smeppassa yang selalu di upload pada web literasi sekolah SMP NEGERI 1 PASIRIAN.

 

AYO NYALAKAN LITERASI UNTUK MASA DEPAN!!

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG-20230628-WA0005

TIPS MENJAGA KESEHATAN MENTAL

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh⛑️Interarma Caritas⛑️ Kesehatan mental adalah kondisi dimana seseorang memiliki kesejahteraan yang terlihat dari dirinya yang mampu menyadari potensinya sendiri, memiliki kemampuan untuk mengatasi tekanan hidup dan normal di setiap situasi dalam kehidupan, mampu bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya. Menurut Federasi Kesehatan Mental Dunia (World Federation for Mental

Baca selengkapnya...
1000056410

MOTIVASI PAGI JURNALISTIK

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh 💕Selamat menunaikan ibadah sholat shubuh💕 Jurnalistik Smeppassa Jawara📚 2 Desember 2023   Kehidupan manusia tidak lepas dari suatu permasalahan, peristiwa, rintangan, tantangan, kesempatan, dan pengalaman. Semua itu dijadikan pelajaran hidup bagi setiap insan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari hari ke hari. Pengalaman adalah guru terbaik yang mengajarkan banyak hal,

Baca selengkapnya...
63072e6009aaa

MENGNAL TARI JAIPONG JAWA BARAT

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Haii sobat SMEPPASSA JAWARA!!! Di sini kita akan membahas tentang tari jaipong. Tari jaipong merupakan tarian Jawa Barat paling populer. Tarian ini sudah ada sejak tahun 1976 dan diciptakan oleh H.Suwanda asal Karawang, Jawa Barat. Tari Jaipong sendiri merupakan gabungan dari berbagai elemen seni tradisi masyarakat Karawang seperti wayang golek, ketuk tilu,

Baca selengkapnya...

TEMPAT WISATA YANG ADA DI PAPUA

Assalamu’alaikum warohmatulohi wabarakatuh   Haii sobat SMEPPASSA👋🏻 Kita akan belajar dan mengenal berbagai Tempat Wisata yang ada di Papua.    1. Danau Sentani Danau terbesar di Papua yang memiliki panorama fantastis dan jadi kebanggaan masyarakat lokal! Apalagi kalau bukan Danau Sentani yang terletak di Kabupaten Jayapura. Danau dengan luas 9.360 hektare ini merupakan sumber air

Baca selengkapnya...
20230926_153747_0000

JUM’AT MANIS

Haii smeppassa   Jumat, 22 September 2023 smeppassa mengadakan kegiatan yang begitu mengesankan yaitu Jum’at manis. Dimana seluruh warga smeppassa mengenakan pakaian muslim. Dengan ketentuan bagi pelajar laki-laki mengenakan baju muslim dan bersarung, sedangkan bagi pelajar perempuan di harapkan untuk mengenakan busana muslim dan jilbab sekolah berwarna putih.  Banyak anak-anak smeppassa jawara bertanya “kenapa harus

Baca selengkapnya...