IMG-20230831-WA0010
CARA MEJAGA KESEHATAN TELINGA

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

⛑️Interarma Caritas⛑️

 

Merawat kebersihan dan kesehatan telinga penting dilakukan untuk mencegah berbagai masalah pada telinga, seperti infeksi telinga, telinga berdenging, hingga gangguan pendengaran.

 

Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan telinga:

1. Hentikan kebiasaan mengorek telinga dengan cotton bud karena kebiasaan ini justru bisa melukai telinga dan membuat kotoran telinga masuk lebih dalam.

2. Jauhkan telinga dari suara yang terlalu keras dan atur volume suara dengan bijak. Serta hindari mendengarkan musik yang keras dalam jangka waktu lama.

3. Hindari penggunaan terapi lilin telinga, karena tidak terbukti efektif dan dan tidak jelas apa manfaat untuk kesehatan telinga. Bukannya bermanfaat, pengguna terapi telinga cenderung berbahaya karena bisa menyebabkan cedera pada telinga, seperti terbakar dan tersumbatnya saluran telinga.

4. Jaga telinga agar tetap kering dengan mengeringkannya setelah berenang atau mandi. Karena kondisi telinga yang sering basah atau terlalu lembab memungkinkan bakteri jamur berkembang biak di dalam telinga.

5. Lakukan pemeriksaan telinga secara rutin ke dokter THT untuk mendeteksi dan menangani gangguan telinga.

 

Jika kalian menyayangi pendengaran kalian, jagalah senantiasa kesehatan telinga dengan baik melalui cara-cara di atas. Jika tidak terdapat keluhan pada telinga atau pendengaran, kalian dapat memeriksakan kesehatan telinga ke dokter THT setiap enam bulan sekali. Namun jika terdapat keluhan pada telinga, jangan tunda untuk segera memeriksakan diri ke dokter THT agar dapat segera diberikan pengobatan.

 

Terima kasih

#pmr_smeppassa

#didyouknow_pmr

Penulis: Samantha Reva aurielia/9A

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

20230622_204847_0000

KEUTAMAAN IBADAH HAJI

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Hai sobat SMEPPASSA yang semoga selalu di rahmati Allah. Di hari jum’at yang penuh berkah, kali ini kita berbagi sesuatu “Keutamaan Menunaikan Ibadah Haji”. Sebelum itu apa kalian tahu apa itu Ibadah Haji? “Ibadah Haji” adalah mengunjungi atau menziarahi Baitullah (Kakbah) dengan niat beribadah kepada Allah swt. dalam waktu yang telah ditentukan dan

Baca selengkapnya...
lp_67_larung_ari_ari

Tradisi Larung Ari-ari di Surabaya

Assalamualaikum Warahmatullahi WabarakatuhHallo sobat Smeppassa!!   Jadi, kali ini kita kan membahas tentang Tradisi Larung Ari-ari   Tradisi Larung Ari-Ari merupakan salah satu tradisi yang berada di kota Surabaya. Tradisi ini merupakan proses upacara adat melarung atau menghanyutkan ari-ari bayi ke sungai yang dipercayai oleh kebanyakan masyarakat Surabaya. Ari-ari dalam bahasa Indonesia sering dikenal sebagai

Baca selengkapnya...
IMG_20231122_205859

ILMU YANG BERKAH

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Haii SMEPPASSA JAWARA.Bagaimana nih kabarnya? Semoga sehat selalu ya. Pada pembahasan kali ini mari kita sedikit membahas tentang keberkahan ilmu. Lalu apa kalian sudah tau apa itu keberkahan ilmu? Kalau belum tau mari kita simak penjelasan berikut. Kata “berkah” sendiri sebenarnya memiliki makna yaitu bertambah ilmu kebaikan. Sedangkan, Ilmu yang berkah memberikan

Baca selengkapnya...
IMG-20240228-WA0003

MERAYAKAN ACARA HUT KE 46 TAHUN HARI KE 3

HELLOO SMEPASSA JAWARA friends 👋👋 Apakah kabarnya masih tetap sama seperti hari-hari sebelumnya? Iya dong!! Kali ini kita telah memasuki day 3 atau hari ke 3 acara tepatnya di tanggal 28 Februari 2024 HUT SMP NEGERI 1 PASIRIAN! Mau tahu keseruannya seperti apa??? Yo ayooo simak artikelnya di bawah inii                                                                        Apakah acaranya tetap sama

Baca selengkapnya...
IMG-20230519-WA0004

GEBYAR HUT SMPN1PASIRIAN KE-45

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Pada hari Rabu, 17 Mei 2024 warga sekolah SMPN 1 PASIRIAN merayakan puncak HUT ke-45. Dalam acara puncak HUT SMEPPASSA agar acara lebih meriah, SMPN 1 PASIRIAN mengadakan berbagai acara. Acara pertama tidak lupa sambutan oleh Bapak Drs. Abu Saman M.Pd selaku Kepala Sekolah SMPN 1 PASIRIAN. Kemudian, acara setelah berbagai ucapan

Baca selengkapnya...