026064500_1556022692-festival-banyuwangi-kuliner-005-hery-h-winarno
Beberapa kuliner yang ada di “Madiun”

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
HAII SOBAT SMEPPASSA 👋👋👋👋

Apa kabar nih?
Sudah tau belum? pasti belumkan?
Nah, jadi disini saya akan menjelaskan apa saja kuliner yang ada di Madiun!
Dilansir https://www.liputan6.com/hot/read/5307721/6-kuliner-khas-madiun-paling-populer-ada-sego-jotos?page=6
Mengunjungi suatu kota tak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Tiap daerah pasti memiliki kuliner khas dengan cita rasa kebanggaan. Tak terkecuali saat berkunjung ke Madiun. Wilayah yang berada di Provinsi Jawa Timur ini terbagi dalam wilayah kabupaten dan kota. 
Madiun dikenal sebagai pusat Industri kereta api miliki INKA. Kota ini juga menawarkan sejuta pesona wisata yang menarik dikunjungi. Tak lupa, kuliner di daerah ini juga wajib dicicipi. Beberapa kuliner khas Madiun seperti pecel dan brem sudah menjadi bagian dari identitas daerah ini.
Bahkan, Madiun memiliki julukan kota pecel dan kota brem. Tak perlu disangkal lagi, kuliner khas Madiun ini memang patut dicoba. Kuliner-kuliner ini juga bisa dibawa pulang sebagai buah tangan untuk teman dan keluarga. Nah, apa saja kuliner khas Madiun?

dihidangkan.
Pentol corah biasanya dinikmati bersama cakar ayam, kerupuk dan sambal pedas. Harga pentol corah berkisar antara Rp 3000.

1.Brem
Brem merupakan hasil dari fermentasi ketan hitam yang diambil sarinya saja yang kemudian diendapkan dalam waktu sekitar sehari semalam. Sensasi makanan ini muncul ketika makanan dimasukkan ke dalam mulut akan langsung mencair dan lenyap meninggalkan rasa ‘semriwing’ di lidah.
Brem pertamakali dikenal sebagai makanan tradisional khas Madiun tepatnya di Caruban. Ada dua desa penghasil brem di wilayah ini yaitu Bancong dan Kaliabu. Brem dikemas berbentuk lempengan agak kekuningan, rata-rata berukuran kurang lebih 15 cm x 5 cm x 0,5 cm. Brem Madiun yang berwarna putih kekuningan, berbentuk balok, dan memiliki rasa asam manis.
Advertisement

2.Kue Manco
Kue Manco terbuat dari tepung ketan, gula jawa, dan tepung beras. Bahan ini dicampur, setelah setengah jadi, adpnan dijemur namun tidak sampai kering. Adonan kemudian dipotong berbentuk segitiga dan dijemur kembali hingga kering. Setelah kering adoanan Manco digoreng hingga mengembung. Setelah ditiriskan, Menco dilumuri gula jawa dan ditaburi wijen atau kacang.
Konon, Kue Manco dulunya merupakan kue kerajaan Madiun dan diwariskan turun temurun hingga saat ini. Kue ini dulunya berasal dari Desa Tambak Mas, Madiun. Kue ini cocok dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Madiun.

3.Lempeng Puli

Lempeng Puli (sumber: resepnusantara)
Lempeng Puli terkenal dengan rasanya yang gurih dan renyah. Biasanya Lempeng Puli hadir bersama pecel madiun. Proses pembuatan Lempeng Puli dimulai dengan menanak nasi dengan bumbuh rempah seperti bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, ketumbar dan bleng.
Setelah matang, adonan dimasukkan ke dalam keranjang bambu dan ditumbuk dengan alu. Adonan kemudian diiris tipis dan kemudian dijemur selama dua hari. Lempeng Puli kemudian digoreng seperti kerupuk.
Kerupuk puli yang baik adalah kerupuk puli yang mudah pecah dan lebih cepat tumbuh jamur jika tidak segera digoreng. Lempeng Puli juga biasa dijadikan oleh-oleh khas Madiun dan tersedia dalam bentuk yang belum digoreng.

Nah, itu tadi adalah *KULINER YANG ADA DI MADIUN*
Sampai di sini apakah masih semangat 💪💪💪💪

Baik itu saja yang dapat saya tulis, bila ada salah penulisan mohon maaf🙏🙏

Saya akhiri…..

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sumber: https://www.liputan6.com/hot/read/5307721/6-kuliner-khas-madiun-paling-populer-ada-sego-jotos?page=6

Penulis: Wahyu Lestari/7E

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

MENGENAL KEBUDAYAAN JAWA TIMUR

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Hallo warga smeppassa,bagaimana kabar kalian?,semoga selalu sehat dan masi dalam lindungan ALLAH SWT kita di sini akan membahas tentang “mengenal kebudayaan yang ada di jawa timur”,,sebelumnya di sini ada yang uda tau apa tidak tentang kebudayaan yang ada di jawa timur?,,pasti ada yang tau dan tidak ada yang tau,,yok simak penjelasan di

Baca selengkapnya...
1000079476

SEJARAH ALAT MUSIK GAMELAN JAWA TENGAH

Hallo sobat Smeppassa!!   Kalian tahu sejarah alat musik gamelan gak sih?   Sejarah alat musik gamelan dapat ditelusuri hingga lebih dari seribu tahun yang lalu. Asal mula alat musik ini masih menjadi tema diskusi di antara para sejarawan musik, tetapi alar ini diyakini telah berkembang dan terbentuk di kepulauan Indonesia, terutama di Jawa, sejak

Baca selengkapnya...
IMG-20240201-WA0040

STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN CERITA PENDEK

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,hallo sobat Smeppassa Jawara!!!👋 bagaimana kabar kalian? tetap semangat ya💪😀.Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas struktur dan kaidah kebahasaan cerpen 😁yuk kepoin 🤩   *Struktur cerpen; 1.Orientasi :Bagian pendahuluan dalam cerpen baik sifat tokoh, tempat peristiwa dalam cerita maupun pengenalan suasana dan alur cerita.   2.Komplikasi : Memuat masalah/konflik yang terdapat dalam

Baca selengkapnya...
IMG_20240105_185122

KAIN TENUN ULOS

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh   Haii SMEPPASSA JAWARA Seperti kita ketahui bahwa Sumatera Utara merupakan provinsi keempat dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia. Sumatera Utara merupakan provinsi dengan keragaman budaya yang lengkap salah satunya yaitu pakaian adat yang disajikan menggunakan kain tenun yang indah dan unik. Khas kain tenun suku Batak yaitu Kain Ulos yang secara

Baca selengkapnya...
1-2-816x459

Mengenal tarian tradisional yang ada di Sumatera Utara

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhHAII WARGA SMEPPASSA 👋👋👋👋 Apakah kalian sudah tau? Pasti belumkan……Yuk,kita pelajari budaya yang ada di Sumatera Utara Oh ya ,walau lampu padam kita harus tetap semangat ya💪💪 dan jangan pantang menyerah untuk membuat weblit ya..☺️ Dilansir https://www.detik.com/sumut/budaya/d-6963725/ini-5-tarian-tradisional-di-sumatera-utara-beserta-penjelasannya/amp Nah, disini saya akan mengenal tarian tradisional yang ada di Sumatera Utara. Sumatera Utara memiliki tarian

Baca selengkapnya...