PicsArt_03-08-04.34.01
ARYA NAWASENA SHOW

Halo SMEPPASSA!!

 

Pada tanggal 29 Februari 2024, di hari ke-4 acara HUT ke-46 SMEPPASSA, diadakan pentas seni kelas 9 yang diberi nama “Arya Nawasena Show” dengan tema “The Symphony of Youth“. Tema tersebut menggambarkan kolaborasi antara pemuda dalam membangun masa depan. Arti tersebut sangat cocok dengan pentas seni ini karena melibatkan kerja sama seluruh kelas 9 untuk suksesnya acara ini.

 

Acara dimulai pada pukul 07.00 dengan pembukaan oleh kepala sekolah SMEPPASSA, yaitu Drs. Abusaman M.Pd.

Penampilan pertama adalah tari kolosal yang berjudul “Trilokya Sang Maha Raja”. Tarian ini mengisahkan kisah Arya Wiraraja sebagai seorang pemimpin cerdas, tangguh, gigih, dan gagah berani yang berhasil menyatukan wilayah Blambangan Patukangan, Panarukan, dan Madura menjadi satu wilayah yang disebut Lamajang. Penampilan tari ini sangat memukau dan energik.

Setelah itu, dilakukan penampilan flashmob yang diikuti hampir seluruh kelas 9. Flashmob ini menunjukkan kekompakan antara siswa-siswi kelas 9 dalam melaksanakan aksi flashmob bersama.

Penampilan ketiga adalah tari Reog Ponorogo, sebuah kesenian Jawa Timur. Selain Reog, penampilan ini juga melibatkan bujang ganong, barongan, dan jatilan. Hal ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan Indonesia agar tidak terlupakan oleh zaman.

Selanjutnya, dilakukan pertunjukan pencak silat, seni bela diri asli Indonesia. Pencak silat yang ditampilkan adalah dari salah satu organisasi yang diikuti oleh kelas 9 yaitu Pencak Organisasi. Penampilan ini berhasil memukau penonton dengan gerakan yang menegangkan.

Penampilan kelima adalah drama musikal dengan tema “Raden Ajeng Kartini”. Drama ini mengisahkan perjalanan RA Kartini, seorang perempuan yang berjuang untuk kebebasan dan kesetaraan hak antara pria dan wanita. Tema ini dipilih untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa Kartini dalam memajukan pendidikan perempuan.

Selanjutnya, dilakukan penampilan band dari siswa-siswi kelas 9 yang menampilkan beberapa lagu yang sangat indah dari lagu yang dibawakan.

Penampilan terakhir adalah Al-Banjari, sebuah pertunjukan musik Islami yang indah. Penampilan ini mengajak seluruh siswa-siswi untuk bersholawat bersama dengan riang gembira yang diiringi dengan bunyi hadroh. Vokalis yang memiliki suara merdu menjadi penutup yang spektakuler pada acara Arya Nawasena Show.

 

Usai acara, saya merasa senang karena pentas seni Arya Nawasena Show berjalan dengan lancar. Acara ini menjadi bukti kekompakan seluruh kelas 9 dalam melaksanakan acara pentas seni yang indah ini. Tanpa ada kekompakan dari seluruh kelas 9, mungkin acara ini tidak bisa terlaksanakan. Saya berharap melalui acara ini, semangat kesetiakawanan terus tertanam dalam diri seluruh siswa-siswi kelas 9 agar tetap kompak. 

 

Penulis: Samantha Reva Aurielia/9A

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

KULINER YANG ADA DI SUMATERA UTARA_20240105_160626_0000

MENGENAL KULINER YANG ADA DI SUMATERA UTARA

Haloooo sobat SMEPPASSA JAWARA 👋👋 Apa kabar nih semua? Pada tetap semangat kan? Pastinya iya! Untuk kali ini kita mau membahas apa yaa?? Pasti penasaran kan??? 🤔 Kali ini kita akan membahas tentang kuliner yang ada di “SUMATERA UTARA” Hmm kelihatannya menarik yaa?? Mari kita bahas bersama – sama, simak baik-baik yaa 1. Mie Gomak

Baca selengkapnya...
IMG20230515092648

EXPO LITERASI SMPN 1 PASIRIAN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh haloo smeppassa gimana nih kabarnya? pada tanggal 15 mei 2023 kemarin di SMPN 1 Pasirian ada acara expo loh, acara ini di adakan di aula SMPN 1 Pasirian mestinya. Acara pertama yaitu sambutan dari ketua expo 2023 yaitu ma’am Sifreni Mira Yusiana, beliau meminta izin kepada bapak kepala sekolah untuk di tahun

Baca selengkapnya...
IMG-20240108-WA0006

MENGENAL MAKANAN RENDANG YANG ADA DI SUMATERA BARAT

halo teman-teman Smeppassa gimana kabar kalian hari ini? sehatt kann kali ini kita akan membahas mengenai makanan khas Sumatera Barat yaitu rendang   Provinsi Sumatera Barat biasanya di kenal dengan nama Minangkabau. Daerah Minangkabau memang sangat terkenal dengan wisata alam, wisata budaya, dan wisata kuliner.   Berkunjung ke Sumatera Barat sangat disayangkan jika tidak menjelajah

Baca selengkapnya...
Rumah-Adat-Sumatera-Utara-2

RUMAH BOLON YANG ADA DI SUMATERA UTARA

halo teman teman Smeppassa gimana kabar nya hari ini ? sehat kann ?  kali ini kita akan membahas tentang rumah adat bolon yang ada di Sumatera Utara pasti kalian belum tau kann ? ayoo kita simak bersama sama dilansir dari : kompas.com  Rumah bolon merupakan rumah adat suku Batak yang berasal dari daerah di Provinsi

Baca selengkapnya...
IMG-20240107-WA0002

JANGANLAH KAMU MELIHAT KEPADA KECILNYA MAKSIAT,AKAN TETAPI LIHATLAH KEPADA SIAPA ENGKAU BERMAKSIAT

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh💕Selamat menunaikan Ibadah sholat subuh💕26 Safar 1445 H12 September 2023 “Janganlah kamu melihat kepada kecilnya maksiat, akan tetapi lihatlah kepada siapa engkau bermaksiat”Dosa kecil yang diremehkan sangat berbahaya karena jika dilakukan terus menerus, dapat menjadi dosa besar yang berdampak buruk pada hati kita. Dalam Islam, dosa besar atau kecil tetap saja membuat hati

Baca selengkapnya...